Comscore Tracker

Sebenarnya Apa Itu Uwu?! Ini Artinya! Bukan yang di Twitter!

Ya silakan kalau kamu mau menganggap artinya "Unhappy Without U," tapi sejarah sejati uwu tidak ada hubungannya dengan kalimat begitu!

Duniaku.net - Uwu tiba-tiba jadi bahan perbincangan netizen Indonesia kemarin malam.

Katanya, uwu ini sebenarnya singkatan yang berarti Unhappy Without U.

Tapi benarkah begitu?

Uwu adalah emoticon global yang sudah digunakan di internet sejak dekade awal 2000an. Untuk yang seperti ini, sumber terpercaya untuk memahami apa itu uwu adalah... Know Your Meme.

Seriusan, kalau soal sejarah meme dan segala macam dari dunia internet global, itu situs yang paling terpercaya untuk rujukan.

Sebenarnya Apa Itu Uwu?! Ini Artinya! Bukan yang di Twitter!

Disebutkan kalau asal-usul pasti uwu sebenarnya tidak diketahui. Hanya ada spekulasi kalau emoticon ini pertama kali digunakan di chatroom.

Namun diketahui kapan uwu digunakan pertama kali: dalam fan fiction Yu-Gi-Oh berjudul Genie of the Puzzle, yang ditulis oleh DaakuKitsune pada tahun 2005.

Kalau kamu membuka fanfic ini, kamu akan melihat si DaakuKitsune menuliskan, "Sekali lagi, silakan melempar 'cumi' dan 'ikan' ke aku. UwU aku pantas mendapatkannya, kau tahu."

Dalam konteks ini, DaakuKitsune jelas-jelas tidak menggunakan uwu dalam makna "Unhappy Without U" melainkan hanya sebagai emoticon untuk melambangkan ekspresi.

Sebenarnya Apa Itu Uwu?! Ini Artinya! Bukan yang di Twitter!

Disebutkan juga kalau uniknya, ada pos di Tumblr yang mengakui kalau dirinya tidak lagi melihat uwu sebagai wajah lagi. Mereka membacanya sebagai tulisan berbunyi "oowoo."

Mengingat emoticon ini sudah digunakan sejak 2005, tak mengherankan kalau mulai ada pergeseran makna, atau kesalahpahaman makna, saat penggunanya adalah sosok-sosok yang masih lebih baru dalam menggunakan internet.

Namun apapun maknanya, direkomendasikan kamu minimal tahu dulu latar belakang dari si uwu ini.

Sebenarnya Apa Itu Uwu?! Ini Artinya! Bukan yang di Twitter!

Sekedar peringatan: kalau kamu menemukan postingan "Berapa tahun kamu saat kamu tahu kalau x adalah y," jangan langsung percaya.

Ada postingan sejenis ini yang memang benar-benar salah sejak awal.

Yang populer, dan pernah dibantah juga, adalah "Berapa tahu kamu saat kamu tahu kalau Goofy adalah sapi?"

Gufi atau Goofy itu manusia anjing.

Postingan ini pun pada dasarnya ya seperti itu.

Demikianlah makna apa itu uwu.

Gimana menurut kamu?

Sampaikan di kolom komentar!

Article Terkait

Latest Story

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek

Geek