Tok! Lelang Nintendo PlayStation Selesai, Terjual 5,1 Miliar Rupiah!

Dibeli oleh kolektor game Greg McLemore

Tok! Lelang Nintendo PlayStation Selesai, Terjual 5,1 Miliar Rupiah!

Nintendo PlayStation, konsol game leluhur Playstation yang diproduksi Nintendo dan Sony ini menjadi incaran para gamer sultan. Lewat sebuah lelang, mereka saling mengadu penawaran harga untuk bisa mendapatkan konsol langka tersebut.

Setelah melalui proses lelang yang panjang, akhirnya konsol tersebut terjual kepada seorang kolektor game dengan harga total Rp. 5,1 miliar!

1. Pembelinya merupakan pecinta video game jadul

Tok! Lelang Nintendo PlayStation Selesai, Terjual 5,1 Miliar Rupiah!adepturban.com

Kolektor game tersebut bernama Greg McLemore. Ia merupakan pendiri Toys.com dan Pets.com di awal era internet. Pets.com dibeli oleh Amazon pada tahun 1999, dan menjadi salah satu korban dalam fenomena dot-com bubble.

Berkat uang penjualan Pets.com, Greg menjadi kaya raya dan menggunakan uangnya untuk memulai bisnis baru. Salah satunya adalah preservasi video game dengan mengoleksi berbagai memorabilia video game dari berbagai macam era. Ia juga mengelola situs dan forum Arcade Museum yang menyimpan informasi konsol video game klasik.

Baca Juga: Saingan Nintendo Switch? Dell Kenalkan Alienware Concept UFO!

2. Greg ingin ciptakan museum video game

Tok! Lelang Nintendo PlayStation Selesai, Terjual 5,1 Miliar Rupiah!thecoinopguy.com

"Saya sangat tertarik untuk berbagi kesukaan saya pada video game," ungkap Greg setelah memenangkan lelang tersebut. "Salah satu hal yang ingin saya bagikan adalah evolusi video game, bagaimana game arcade mempengaruhi video game dan bagaimana video game mempengaruhi inovasi teknologi. Saya yakin Nintendo PlayStation ini bisa menjadi bagian dalam aspek tersebut."

Greg yang mengalahkan penawaran dari pembeli lain seperti kreator Oculus Rift Palmer Luckey ini tidak akan menyimpan konsol tersebut di dalam brankas dengan penjagaan ketat. Dia ingin membuat museum video game yang menampilkan koleksinya yang terdiri dari mesin adu kekuatan dari tahun 1880-an, game kuda-kudaan dari tahun 1920-an, lebih dari 800 mesin arcade, konsol game, majalah, publikasi, dan lain sebagainya.

3. Sempat ditawar jutaan Dolar

Sejatinya, konsol Nintendo PlayStation ini bisa saja terjual seharga Rp. 14,2 miliar. Namun, Terry Diebold yang mendapatkan konsol itu dari lelang stok kantor seharga Rp. 1 juta ini menolak tawaran itu dan malah melelangnya.

Yah, meskipun agak disayangkan, Rp. 5,1 miliar masih merupakan jumlah uang yang sangat besar. Jika kamu punya uang tak terbatas, berapa harga yang ingin kamu tawarkan untuk membeli konsol Nintendo PlayStation itu?

Baca Juga: Kemahalan? Sony Kesulitan Tentukan Harga PlayStation 5

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU