Private Server World of Warcraft Sebar "Virus" untuk Edukasi COVID-19

Quest bertema virus corona juga disiapkan

Private Server World of Warcraft Sebar "Virus" untuk Edukasi COVID-19

Belajar terasa lebih menyenangkan dengan sistem gamifikasi, yaitu menggunakan mekanika game untuk menyampaikan informasi dan pesan-pesan agar lebih mudah dimengerti. Nampaknya konsep tersebut dipikirkan oleh para admin dari private server game World of Warcraft bernama Elysium.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap penanggulangan virus corona, mereka menyiapkan sebuah event edukatif untuk melakukan sosialisasi. Namun sebelum itu, para admin Elysium menyebarkan virus mematikan di dalam game untuk menunjukkan bahaya dari virus corona!

1. Benda kontaminasi dan pasien nol

Event Pandemic In Azeroth berlangsung tanpa peringatan dari admin di server Elysium. Admin menaruh sebuah benda yang terkontaminasi virus ke dalam dunia game. Seorang gamer menjadi pasien nol dengan menyentuh benda itu. Si pasien nol kemudian berinteraksi dengan gamer lain, NPC, dan menyentuh berbagai benda lain.

Layaknya virus di dunia nyata, sang pasien nol menjadi carrier virus tersebut dan menjangkiti semua orang yang ia temui. Virus dengan cepat menjadi viral; dalam 24 jam, lebih dari 7 ribu gamer di server Elysium terinfeksi. Puncaknya, 88% gamer di dalam server mendapatkan virus ini. 

Baca Juga: Karena Pakai Nama Corona, Gamer League of Legends ini Harus Ganti Nama

2. Virus berupa debuff karakter

Private Server World of Warcraft Sebar Virus untuk Edukasi COVID-19rabbitholemag.com

Cara mudah untuk bisa sembuh dari virus ini adalah dengan pergi ke kota dan menggunakan item sabun tangan untuk mencuci tangan. Jika hal ini tidak dilakukan dengan cepat, maka gamer akan mendapatkan debuff berupa pengurangan stat 5%, pengurangan movement speed 10%, serta bisa menularkan virus ke gamer lain.

Di tahun 2005, kejadian serupa pernah terjadi di server resmi World of Warcraft dan dikenal sebagai insiden Corrupted Blood, dimana para korban mendapatkan damage setiap 2 detik. Bedanya, virus ini muncul karena kesalahan dari pihak Blizzard sendiri.

3. Quest bertema virus corona

Private Server World of Warcraft Sebar Virus untuk Edukasi COVID-19kotaku.com

Setelah bahaya virus ini diketahui para gamer, admin me-reset keadaan kembali seperti semula. Kemudian, berbagai quest baru diumumkan dengan tema virus corona. Beberapa quest tersebut diantaranya adalah membasmi monster sambil menjaga jarak dengan gamer lain, menggunakan item face mask, serta mengobati NPC dengan item disinfektan.

Rain, salah satu admin server Elysium mengatakan tujuan dari event ini adalah untuk memberikan edukasi tentang bahaya virus corona serta cara mengantisipasinya. Menarik, ya?

Baca Juga: Cegah Corona, Fitur Baru Pokemon GO Makin Mudah Dimainkan di Rumah!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU