Kemahalan? Sony Kesulitan Tentukan Harga PlayStation 5

Satu konsolnya butuh biaya $450 untuk diproduksi

Kemahalan? Sony Kesulitan Tentukan Harga PlayStation 5

Harga dari konsol game next-gen PlayStation 5 dan Xbox Series X masih simpang-siur. Masing-masing masih belum mau mengungkap berapa harga konsol flagship mereka. Namun sepertinya di kubu Sony, mereka sedang kebingungan menentukan berapa harga yang pantas untuk PS5. Jika mereka tidak hati-hati, maka Sony bisa saja mengulang kesalahan mereka di era PS3.

1. Harga chip memori naik

Kemahalan? Sony Kesulitan Tentukan Harga PlayStation 5letsgodigital.org

Dilansir dari Bloomberg, analis menyebutkan bahwa harga produksi PS5 bisa mencapai $450, sehingga harga jual PS5 di toko bisa naik menjadi $500. Ada beberapa alasan kenapa PS5 bisa mencapai harga yang demikian. Pertama-tama adalah karena harga chip memori DRAM dan NAND yang digunakan untuk RAM dan SSD tengah naik menyusul permintaan tinggi dari pasar.

Selain itu, PS5 juga menggunakan sistem pendingin yang cukup mahal. Sony tampaknya mencatat betul keluhan gamer yang mempermasalahkan bunyi kipas PS4 yang sangat kencang. Seperti apa sistem pendinginnya, kita belum mengetahui hal tersebut.

Baca Juga: Gosip: Harga PlayStation 5 Mulai dari Rp9 Jutaan? Benarkah?

2. Bayang-bayang PS3

Kemahalan? Sony Kesulitan Tentukan Harga PlayStation 5usgamer.net

Dalam E3 tahun 1995, Sony menciptakan sejarah lewat presentasi PlayStation original. Hanya dengan satu kata: $299, Sony berhasil membunuh Sega Saturn yang lebih mahal. Namun, Sony harus menelan kata-kata mereka sendiri saat mengumumkan PS3 akan dijual dengan harga $599.

$599 bukan harga yang murah. Meskipun terjustifikasi dengan teknologi prosesor Cell yang canggih, gamer merasa PS3 masih terlalu mahal. Hal ini yang menjadikan Xbox 360 konsol alternatif PS3 yang sangat populer. Kejadian itu sudah berlalu belasan tahun lamanya, namun jika Sony tak berhati-hati, mereka akan kembali mengulang sejarah.

3. Sony sabar menanti Microsoft

Untuk saat ini, Sony memilih untuk mengantisipasi langkah Microsoft dalam menentukan harga Xbox Series X. Jadi setidaknya Sony memang benar-benar tak mau mengulang kesalahan PS3. Jika nantinya Sony kembali menggunakan skema harga PS4, PS5 nanti akan rilis dengan harga $499, sesuai prediksi analis.

Menurut kamu sendiri, apakah $500, atau sekitar Rp. 6,8 juta harga yang pantas untuk PS5?

Baca Juga: Menurut Ubisoft, PS5 Bisa Mainkan Hampir Seluruh Game PS4

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU