Game Jam Tapi di Rumah! Yuk Ikut Lomba Ayo Bikin Game di Rumah Aja!

Bantu sosialisasi virus corona dengan membuat game

Game Jam Tapi di Rumah! Yuk Ikut Lomba Ayo Bikin Game di Rumah Aja!

Kebijakan work from home selama persebaran virus corona mendorong setiap pihak untuk saling membantu dalam masa-masa sulit ini. Meskipun bekerja di rumah, produktivitas tetap harus tinggi sambil menjaga kesehatan.

Karenanya, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Asosiasi Game Indonesia, Clevio, dan Garena mengadakan kompetisi game jam bertajuk Ayo Bikin Game di Rumah Aja! Seperti apa detail dari kompetisi ini?

1. Ayo Bikin Game di Rumah Aja

Ayo Bikin Game di Rumah Aja merupakan kompetisi pembuatan game yang terbuka untuk kelompok junior (tingkat sekolah SD, SMP, SMA/SMK) dan mahasiswa/umum. Tema yang diusung adalah “Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru,” dimana peserta membuat game yang tak hanya menghibur namun juga memberikan informasi penting seputar virus corona dan pecegahannya.

“Melalui acara ini, AGI dan developer game Indonesia ingin berkontribusi untuk membantu menjaga Indonesia dengan membuat game untuk mengedukasi masyarakat terkait pandemi Corona,” ungkap Adam Ardisasmita, Wakil Ketua dari AGI. Sementara itu, CEO Clevio Fransiska Oetami juga berkomitmen memandu para peserta junior dengan memberikan webinar pembuatan game gratis.

Baca Juga: Main Game? 4 Rekomendasi WHO Jaga Kesehatan Mental Dari Virus Corona

2. Persyaratan dan aturan Ayo Bikin Game di Rumah Aja

Seperti disebutkan di atas, dua kategori yang dilombakan adalah kategori junior dan mahasiswa/umum dengan jumlah anggota tim 2-5 orang. Peserta junior minimal berusia 10 tahun; bersekolah maksimal hingga SMA/SMK; melampirkan kartu pelajar; serta bisa didampingi oleh guru. Sementara itu kategori mahasiswa/umum persyaratannya berusia 17 tahun ke atas dan melampirkan KTP/kartu mahasiswa.

Sesuai namanya, Ayo Bikin Game di Rumah Aja dikerjakan dari rumah masing-masing, dengan koordinasi tim dilakukan secara online. Kompetisi berlangsung selama 4 hari dengan waktu pengerjaan 8 jam setiap harinya. Setiap peserta akan mendapatkan modul pencegahan COVID-19 dari Kemenkes dan Germas.

3. Jadwal Ayo Bikin Game di Rumah Aja

Pendaftaran dibuka mulai hari ini tanggal 29 Maret 2020. Pada tanggal 2 April, pendaftaran ditutup pukul 12:00 WIB, sementara online workshop diadakan pukul 9:00 WIB. Game jam akan dimulai pukul 15:00 WIB.

Game jam selesai tanggal 5 April pukul 24:00 WIB dan voting masyarakat langsung dimulai hari itu juga hingga tanggal 10 April pukul 10:00 WIB. Penjurian dilakukan tanggal 11 April dan pemenang diumumkan tanggal 13 April.

Bakal ada prize pool total Rp. 30 juta untuk 11 pemenang dari kedua kategori. Tertarik untuk mengikutinya? Kamu bisa daftar Ayo Bikin Game di Rumah Aja lewat link komin.fo/ayobikingameumum (mahasiswa/umum) dan komin.fo/ayobikingamejunior (junior). Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa klik agi.or.id/ayobikingame.

Baca Juga: 5 Saran Biar Tetap Produktif Meski Kamu Work from Home! 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU