Ada Video Game yang Digunakan Untuk Membantu Riset Virus Corona!

Foldit merupakan game simulasi lipatan protein

Ada Video Game yang Digunakan Untuk Membantu Riset Virus Corona!

Dengan semakin merebaknya virus corona di seluruh dunia, berbagai langkah antisipasi dilakukan oleh berbagai pihak. Para peneliti mencoba mencari solusi pengobatan virus corona lewat berbagai cara. Salah satunya adalah lewat video game.

Melalui game Foldit, para peneliti mencoba menemukan bagaimana caranya memblokir virus corona dari menginfeksi tubuh manusia. Bagaimana cara game tersebut mengatasi virus corona?

1. Puzzle melipat protein

Ada Video Game yang Digunakan Untuk Membantu Riset Virus Corona!currystonefoundation.org

Foldit merupakan sebuah game puzzle yang dikembangkan oleh fakultas biokimia Universitas Washington. Game yang bisa dimainkan di Windows, macOS, dan Linux ini meminta para gamer untuk "melipat protein" dengan cara dan langkah seefisien mungkin. Setiap hasil lipatan gamer yang paling efisien akan dianalisis oleh peneliti apakah lipatan tersebut bisa diaplikasikan di dalam penelitian betulan.

Menanggapi kemunculan virus corona, Foldit mengenalkan sebuah puzzle baru yang diadaptasi dari struktur virus corona. Tugas gamer di puzzle ini adalah melipat protein sehingga bisa mengikat virus corona.

Baca Juga: Sebar Panduan Virus Corona, WHO Gabung TikTok!

2. Bukan simulator protein pertama

Ada Video Game yang Digunakan Untuk Membantu Riset Virus Corona!polygon.com

Foldit bukan satu-satunya game bertema melipat protein. Sebelumnya sudah ada Folding@Home, namun tak bisa dikatakan sebuah game karena interaktivitas dengan gamer sangat sedikit. Folding@Home menjadikan komputer dan gadget sebagai sebuah simulator. Kita menyisihkan sebagian kemampuan gadget kita untuk melipat protein berdasarkan skenario yang dikirim dari server utama.

Folding@Home bisa digunakan di komputer, smartphone Android, dan bahkan konsol PS3. Folding@Home merupakan salah satu mode utama dalam aplikasi Life with PlayStation, di mana gamer menggunakan kemampuan prosesor Cell di PS3 untuk melipat protein.

3. Manfaat lipatan protein

Sebenarnya apa manfaat melipat protein dalam game Foldit dan Folding@Home, terutama dalam kasus virus corona? Menurut tim Foldit, para peneliti menemukan tanduk-tanduk protein di permukaan virus itu (sehingga disebut virus corona), yang berfungsi sebagai reseptor yang menempel pada protein di dinding sel manusia.

"Jika kita bisa mendesain protein yang bisa mengikat pada tanduk protein virus corona ini, maka kita bisa mencegah virus itu berinteraksi dengan sel manusia," lanjut tim Foldit melalui keterangan dalam puzzle terbaru mereka.

Tentunya, hasil puzzle yang dikirimkan oleh para gamer ini akan kembali dianalisis oleh para ilmuwan untuk mencari aplikasi terapannya ke dalam obat-obatan. Apakah kamu tertarik untuk melipat protein juga? Kamu bisa download game Foldit di https://fold.it/portal/

Baca Juga: Ini 6 Dampak Virus Corona Terhadap Industri Video Game Internasional!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU