10 Fakta Captain America, Si Avengers Pertama yang Bukan Pertama!

Di komik dia bukan Avengers pertama?

10 Fakta Captain America, Si Avengers Pertama yang Bukan Pertama!

Siapa di sini yang favoritnya Captain America? 

Steve Rogers atau Captain America adalah salah satu karakter penting di Marvel, yang ada di komik, maupun di Marvel Cinematic Universe, karena itu membahas fakta Captain America pasti menarik.

Duniaku.com telah mengumpulkan 10 fakta Captain America yang menarik untuk diketahui, dan fakta di sini secara general, yaitu berasal dari komik dan film. Apa saja fakta Captain America? Simak di bawah ini!    

1. Di komik, Captain America bukan Avengers yang pertama

10 Fakta Captain America, Si Avengers Pertama yang Bukan Pertama!Dok. Marvel Comics

Meskipun sering dijuluki sebagai Avengers Pertama, namun ternyata dia bukan benar-benar yang pertama. Di komik, daftar anggota pertama dari tim Avengers adalah Iron Man, Hulk, Thor, Ant-Man, dan The Wasp.

Captain America sendiri digambarkan sebagai karakter yang Avengers temukan saat dia sedang membeku, dan barulah menjadi bagian dari Avengers.

Untuk di film sih, Captain America benar-benar termasuk dalam kelompok pertama Avengers, yang bersatu saat melawan Loki. 

2. Chris Evans tiga kali menolak memerankan Steve Rogers

10 Fakta Captain America, Si Avengers Pertama yang Bukan Pertama!comicbook.com

Chris Evans menolak tiga kali undangan menjadi Steve Rogers.

Alasannya menurut Evans adalah; "Ini adalah keputusan yang akan mempengaruhi karierku dalam tiga, empat, lima, enam tahun ke depan, sehingga harus dipikirkan dengan matang".

Benar saja, perannya sebagai Captain America memang sangat berpengaruh, membangun citranya sendiri sebagai Steve Rogers. Dia pun beneran lama tampil dengan peran ini. Chris Evans dikontrak jadi Captain America sejak 2010, dan karakternya muncul di layar lebar hingga Endgame di tahun 2019. 

Alasan lain Evans menolak adalah karena dia sudah pernah menjadi Johnny Storm di Fantastic Four. 

Baca Juga: Begini Perkembangan Kostum Sam Wilson dari Falcon ke Captain America

3. Di versi komik, ada alasan lain kenapa tameng Captain America sulit diduplikasi: Adamantium

10 Fakta Captain America, Si Avengers Pertama yang Bukan Pertama!Dok. Marvel Studios

Di film, kita tahu bahwa perisai Captain America terbuat dari Vibranium, namun fakta Captain America ini akan menjelaskannya.

Di komik, sebenarnya bahan dari pembuatan perisai Captain America adalah Vibranium, dan Adamantium. Vibranium digunakan untuk menahan getaran agar stabil, sedangkan Adamantium membuatnya semakin kuat dan seperti senjata.

Karena Adamantium milik X-Men, jadi tidak muncul di MCU deh.

4. Momen keren Steve Rogers menahan helikopter dengan tangan di Civil War bikin lengan Chris Evans cedera

10 Fakta Captain America, Si Avengers Pertama yang Bukan Pertama!Dok. Marvel Studios

Ingat adegan di film Civil War saat Steve Rogers menahan helikopter dengan satu tangan? Itu adalah salah satu adegan ikonik di film ini. Masalahnya adalah, adegan itu benar-benar melukai otot bisep atau otot lengan Chris Evans.

5. Hal yang istimewa dari Steve Rogers tak semua dari serum Super Soldier

 "Semua yang spesial darimu, berasal dari botol (serum)", ucap Tony Stark di film Avengers pertama, benarkah? Ternyata tidak juga.

Steve Rogers memang memiliki kondisi fisik sekuat ini berkat hasil percobaan, namun tidak semua yang spesial dari dirinya berasal dari botol serum itu. Kemampuan kepemimpinan, dan kebijakannya adalah murni dari dirinya sendiri, termasuk kecerdikan yang ia miliki.

Salah satu yang paling menonjol dari Steve adalah kerendahan hati, hasrat siap berkorban, dan kepemimpinan.

Terlihat dari The Falcon and The Winter Soldier, tiga faktor itu tidak bisa serta-merta dimiliki oleh pengguna serum Super Soldier. Bahkan karena itu Steve adalah satu dari sangat sedikit pengguna serum yang benar-benar berhati baik, hal yang bahkan tak dapat dibantah Zemo.  

6. Tadinya namanya direncanakan Super American di versi komik

10 Fakta Captain America, Si Avengers Pertama yang Bukan Pertama!Dok. Marvel Studios

Karakter ini lahir saat Perang Dunia 2 baru selesai, sehingga hawa-hawa konflik masih terasa, salah satunya adalah lawan Captain America yaitu Adolf Hitler.

Captain America memang diciptakan oleh Joe Simon dan Jack Kirby dengan harapan sebagai karakter patriotik sangat hebat ala negeri mereka, Amerika. Awalnya, Joe Simon ingin menamai karakter ini dengan nama Super American! Bagaimana menurutmu?

7. Baik di komik maupun film, Steve Rogers adalah salah satu karakter yang bisa mengangkat Mjolnir

10 Fakta Captain America, Si Avengers Pertama yang Bukan Pertama!berbagai sumber

Hanya sedikit karakter yang layak untuk mengangkat Mjolnir, dan Captain America adalah salah satunya. Seperti yang dikatakan di poin sebelumnya, yaitu kemampuan kepemimpinan dan kebijaksanaannya berasal dari dirinya sendiri.

Tentu saja itu adalah syarat bagi mereka yang ingin mengangkat Mjolnir.

8. Captain America selain Steve Rogers

Meskipun Captain America identik dengan Steve Rogers, namun fakta Captain America sebenarnya tak selalu Steve Rogers.

Ada beberapa karakter lain yang pernah membawa nama ini, dan dua yang paling terkenal adalah Sam "Falcon", dan Bucky "Winter Soldier". John Walker sang U.S. Agent juga pernah menggunakan nama Captain America.  

Sam akhirnya yang jadi penerus Captain America di MCU. Namun uniknya, di MCU pun John Walker mendahului Sam jadi Captain America. 

Untuk saat ini di MCU, hanya Bucky dari tiga ini yang belum menjadi Captain America. 

9. Hayley Atwell beneran terpukau tubuh Chris Evans

10 Fakta Captain America, Si Avengers Pertama yang Bukan Pertama!Dok. Marvel Studios

Di film Captain America pertama, ketika Steve Rogers keluar saat sudah menjadi berotot, Peggy Carter menghampiri Steve Rogers dan memegang otot dadanya, lalu menunjukan ekspresi terkejut.

Ternyata, aktris Hayley Atwell memang benar-benar terkejut dengan otot kekar dari Chris Evans!

10. Di komik, Steve Rogers sempat jadi HYDRA

10 Fakta Captain America, Si Avengers Pertama yang Bukan Pertama!adventuresinpoortaste.com

Salah satu hal yang mengejutkan terjadi! Captain America yang digambarkan sangat bermusuhan dengan HYDRA justru adalah mata-mata dari HYDRA! Ucapan Captain America di komik Captain America: Steve Rogers ini membuat jagat maya, terutama tentu saja para penggemar Captain America terkejut!

Pada akhirnya, Captain America versi HYDRA ini diatasi oleh Captain America yang sejati, dimunculkan oleh Kobik sang perwujudan Cosmic Cube.

Terakhir terlihat, versi HYDRA ini sepertinya mati. 

Alur Steve Rogers jadi HYDRA ini kemungkinan besar tidak akan terjadi di MCU, berhubung setelah syuting Infinity War dan Endgame, Chris Evans sudah berhenti jadi Steve Rogers dan di MCU pun Steve telah menghilang.

Tapi mari kita lihat apa akan ada perkembangan soal ini. 

Nah itulah 10 fakta Captain America yang menarik untuk diangkat, siapa yang Hail HYDRA di sini? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Baca Juga: Anthony Mackie Konfirmasi Sayap Captain America itu Vibranium!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU