Tak Bisa Ditebak! Inilah 6 Kekuatan Joker di DC Comics

Walau tidak punya kekuatan super, Joker tetap berbahaya!

Tak Bisa Ditebak! Inilah 6 Kekuatan Joker di DC Comics

Banyak musuh terkenal Batman tidak memiliki kekuatan super. Mereka biasanya harus bertempur dengan skill serta perlengkapan. Two Face, misalnya, biasanya hanya bersenjatakan pistol. Lalu ada Scarecrow yang menggunakan gas penyebab halusinasi. 

Joker pun sebenarnya begitu. Kadang memang Joker memperoleh kekuatan super, seperti di alur Emperor Joker di mana ia mendapat kekuatan manipulasi realita dari Mr. Mxyzpltk. Atau di alur Endgame, di mana ia memperoleh kemampuan regenerasi dari luka.  

Tapi sering kali, kekuatan Joker terbatas pada kegilaan dan senjatanya. Inilah kekuatan Joker di DC Comics!

1. Perlengkapan tempur yang unik

Tak Bisa Ditebak! Inilah 6 Kekuatan Joker di DC Comicssyfy.com

Joker menyimpan banyak senjata trik di pakaiannya. Bunga di dadanya, misalnya, bisa menyemprotkan cairan. Ia juga kadang membawa pistol dengan moncong yang terlalu panjang, palu besar, serta alat setrum di sarung tangan. 

Tingkat bahaya dari perlengkapan-perlengkapan Joker tidak bisa ditebak. Bunga di dada Joker, misalnya. Sering kali bunga ini berisi asam mematikan. Tapi kadang, Joker hanya mengisinya dengan air.

Mereka yang menghadapi Joker pun kadang dibuat menebak-nebak, apakah Joker serius ingin membunuh atau hanya bercanda. 

2. Pemikiran yang sulit ditebak

Tak Bisa Ditebak! Inilah 6 Kekuatan Joker di DC Comicsinverse.com

Kegilaan Joker bisa dibilang adalah kekuatan tersendiri. Taktik dan rencana yang ia cetuskan biasanya begitu liar dan sulit ditebak, hingga terkadang harus ada korban jatuh dulu baru Batman bisa memikirkan apa yang harus dilakukan supaya bisa menangani Joker. 

Batman mungkin bisa menebak pola penjahat seperti Riddler dari petunjuk-petunjuk yang mereka tinggalkan. Joker? Ia bisa mengubah rencananya mendadak, tanpa ada pemikiran logis di baliknya. 

Baca Juga: Ini 5 Alasan Kenapa Joker Versi Jared Leto Banyak Dibenci

3. Bisa mengejutkan dalam pertempuran jarak dekat

Tak Bisa Ditebak! Inilah 6 Kekuatan Joker di DC Comicsdccomics.com

Jangan kira melawan Joker dalam pertarungan jarak dekat mudah. Batman yang ahli bela diri saja bisa dikejutkan Joker. 

Kunci gaya bertarung Joker adalah kecepatannya, kelincahannya, trik-trik yang ia simpan di pakaiannya, serta kegilaannya. Mulai dari mendadak menyemprotkan cairan bunga di dadanya, bertarung kotor, atau melakukan serangan yang sulit ditebak, Joker bisa mengalahkan musuh dalam duel. 

4. Mampu menciptakan racun-racunnya sendiri

Tak Bisa Ditebak! Inilah 6 Kekuatan Joker di DC Comicsdok. DC Comics/Brian Bolland

Joker terkenal dengan Joker Venom, racun yang bisa membuat korbannya mati dengan mulut menyeringai lebar. Racun ini dibuat sendiri oleh Joker, dan tampaknya hanya dipahami cara meraciknya oleh Joker sendiri. 

5. Kekebalan terhadap racun

Tidak lucu dong kalau Joker mati karena racunnya sendiri? Joker bukan hanya kebal terhadap Joker Venom, ia juga kebal terhadap banyak jenis racun. Scarecrow saja pernah menyemprotkan gas takut ke Joker, dan serangan itu tidak berdampak pada Joker. 

6. Bisa terus kembali dari kematian

Tak Bisa Ditebak! Inilah 6 Kekuatan Joker di DC Comicssyfy.com

Yang unik adalah, meskipun Joker ini seharusnya tidak memiliki kekuatan super, ia bisa selalu kembali dari kematian. Ada banyak momen di mana Joker dikira mati di komik, seperti misalnya saat di alur A Death in the Family, di mana seharusnya Joker tewas setelah helikopternya jatuh. Tapi ujung-ujungnya Joker pun kembali lagi. 

Kekuatan Joker yang satu ini sebenarnya lumrah di komik Amerika. Penyebab sejatinya adalah popularitas. Bila seorang karakter populer, bisa dipastikan dia akan terus muncul lagi meski sudah dibunuh. 

Itulah enam kekuatan Joker di komik. Gimana menurut kamu?

Baca Juga: Bikin Penasaran, Ini 5 Misteri Film Joker yang Tidak Terjawab!

Artikel terkait

Latest