7 Fakta Kelompok Akazaya Nine, Para Samurai Andalan Oden di One Piece

Mereka baru disebut Akazaya Nine saat hendak membunuh Kaido!

7 Fakta Kelompok Akazaya Nine, Para Samurai Andalan Oden di One Piece

Akazaya Nine adalah sekutu utama Luffy di Wano. Kemampuan tempur sosok-sosok ini luar biasa. Mulai dari Kinemon hingga Denjiro, semuanya selalu menunjukkan skill hebat jika harus menghunuskan senjata mereka.

Apa saja yang menarik dari Akazaya Nine sebagai kelompok? Kamu bisa menyimak fakta-fakta kelompok Akazaya Nine di bawah ini.

Tapi hati-hati, karena menggunakan manga sebagai referensi, fakta-fakta di bawah ini mengandung spoiler untuk yang hanya mengikuti versi anime! 

1. Asal nama Akazaya Nine

7 Fakta Kelompok Akazaya Nine, Para Samurai Andalan Oden di One Piecemangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Sebenarnya, tadinya samurai Oden ada sepuluh. Termasuk Izo, yang loyal kepadanya dan menemaninya saat bertualang bersama Whitebeard.

Namun para samurai itu tidak langsung disebut Akazaya Nine.

Nama Akazaya Nine, yang bisa diartikan Sembilan Sarung Pedang Merah, diperoleh di hari Oden dan sembilan samurainya mencoba membunuh Kaido.

Saat hendak melawan Kaido, Oden dan sembilan samurainya berangkat saat senja. Orang-orang ini dan senjata mereka pun seperti disinari cahaya merah matahari terbenam. Dari sanalah Wano mengenal mereka sebagai Akazaya Nine

Berhubung Izo saat itu bahkan sudah tidak di Wano bertahun-tahun, jelas ia tidak dianggap sebagai Akazaya Nine. Namun jika Izo pulang suatu hari nanti, pastinya dia akan diterima dengan senang hati oleh rekan-rekannya. 

2. Pemimpin mereka adalah Kinemon, dan mereka mengabdi kepada klan Kozuki

Ada banyak pemimpin di Akazaya Nine. Ada dua penguasa Mink, ada bos Yakuza, ada bos bandit.

Namun pemimpin Akazaya Nine adalah Kinemon, satu dari dua sosok yang pertama mengikuti Oden.

Kinemon mungkin kadang tingkahnya aneh, terutama saat dia debut di Punk Hazard dulu. Namun kepemimpinan Kinemon terlihat sekali di alur Wano, di mana dia jadi pusat komando pasukannya dan menjadi ahli strategi. 

Tapi jangan lupa: meski Kinemon adalah pemimpin para samurai ini, Kinemon dan para Akazaya Nine tetap mengabdi kepada klan Kozuki. Pemimpin sejati mereka ya Oden, dan kemudian Momonosuke.

Hanya saja, karena Momonosuke masih kecil dan tekadnya belum solid, Kinemon memang harus bekerja lebih keras dibanding saat ia mengabdi pada Oden dulu. 

3. Semuanya memiliki utang budi pada Yasuie

Sejak sebelum mereka dikenal sebagai Akazaya Nine, sebagian pengikut Oden ada yang sudah kuat. Misalnya Ashura Douji yang sudah memimpin bandit, Kinemon yang menurut Hyogoro tak bisa dikalahkan oleh anak buahnya satu lawan satu, serta Raizo yang sudah jadi ninja.

Namun, ketika sepuluh calon samurai Oden mencoba mencuri uang dari Yasuie, mereka semua bisa dibilang termotivasi menjadi lebih baik lagi. Yasuie sengaja menyerahkan uang lebih besar dari yang hendak diambil oleh para calon samurai itu.

Syaratnya? Yasu meminta mereka semua belajar tata krama, berpenampilan benar, dan belajar. 

Dari sepuluh preman, Izo serta mereka yang nanti jadi Akazaya Nine pun menjadi samurai terpelajar berkat motivasi Yasu tersebut.

Baca Juga: 6 Hal Ini Tak Diantisipasi oleh Pengkhianat Wano di One Piece!

4. Dari segi kekuatan, mereka pernah bertahan cukup lama melawan pasukan Kaido!

7 Fakta Kelompok Akazaya Nine, Para Samurai Andalan Oden di One Piecemangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Karena dibocorkan oleh pengkhianat, Akazaya Nine dan Kozuki Oden pernah harus melawan pasukan Kaido. 

Kemungkinan, Numbers belum ikut dalam pertempuran itu, karena Kawamatsu kebingungan saat melihat Numbers muncul mengejar mereka saat lari ke Kuri. Tapi tetap saja, selain Kaido, kamu bisa melihat King dan Queen pun ikut!

Akazaya Nine, Oden, dan kemudian Shinobu lawan satu pasukan? Di dunia nyata sih mereka harusnya akan digilas.

Namun nyatanya, Akazaya Nine mampu bertahan cukup lama. Mereka baru kalah setelah terdistraksi karena Oden tumbang.

5. Bukan Akazaya Nine orisinal, tapi tetap sekutu berharga: Shinobu

7 Fakta Kelompok Akazaya Nine, Para Samurai Andalan Oden di One Piecemangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Ada satu sosok yang tak dihitung sebagai Akazaya Nine orisinal tapi kemudian jadi sekutu vital mereka: Shinobu.

Shinobu mungkin tidak berjalan bersama sembilan samurai lain saat Oden berangkat dari Kuri, tapi ia muncul membantu dalam pertarungan melawan Kaido. 

Shinobu bahkan menyampaikan kenyataan soal Kozuki Oden di eksekusi. Aksi ini membuat rakyat Wano yang tadinya kesal pada Oden jadi berbalik simpati.

Di masa depan, Kinemon masih menemukan loyalis klan Kozuki ya sepertinya karena pengungkapan fakta dari Shinobu ini.

Shinobu masih membantu Akazaya Nine dua puluh tahun kemudian. 

6. Terpisah, tapi perlahan-lahan berkumpul kembali 20 tahun kemudian

Kozuki Oden ingin membuka Wano, agar negeri itu nantinya membantu Joy Boy. Dia tidak bisa memenuhi itu. Namun Oden sempat menyelamatkan kesembilan samurainya. Pada Akazaya Nine dan dua anak Oden lah mimpi membuka Wano berlanjut.

Tadinya, mereka terpisah. Meski berhasil lolos dari eksekusi, mereka dikejar oleh pasukan Kaido, dan di sana ada empat orang yang tidak sampai ke Kastel Kozuki. 

Nekomamushi dan Inuarashi diserang saat sedang berargumen, hingga terpaksa ditinggal yang lain. Untungnya Nekomamushi dan Inuarashi bisa kembali ke Zou dan menjadi pemimpin di sana.

Ashura Douji dan Denjiro bertahan di belakang untuk menghadapi pengejar rekan-rekan mereka. Keduanya selamat, tapi setelah itu Denjiro memanfaatkan penampilannya yang berubah untuk menjadi Kyoshiro si bos Yakuza.

Kinemon, Kiku, Raizo, dan Kanjuro kemudian dikirim ke masa depan, sementara Kawamatsu ditinggal di masa lalu untuk melindungi Hiyori. 

Sempat terpisah waktu, para Akazaya Nine mulai berkumpul lagi untuk mewujudkan impian Oden. Tapi pertama, mereka harus menghabisi Orochi dan Kaido dulu. 

7. Satu pengkhianat

7 Fakta Kelompok Akazaya Nine, Para Samurai Andalan Oden di One Pieceonepiece.fandom.com

Ada satu pengkhianat di Akazaya Nine. Tak tanggung-tanggung, si pengkhianat ini bertanggung jawab menyebabkan seluruh masalah di Wano.

Dia adalah Kurozumi Kanjuro, sosok yang sejak awal mengambil peran sebagai samurai loyal Kozuki agar dia bisa memberi info ke Orochi.

Dia membantu Orochi dengan menguras lebih banyak uang Oden. Uang itu kemudian bisa digunakan untuk membangun aliansi dengan Kaido. 

Lalu di momen vital, di mana Oden seharusnya membunuh Kaido diam-diam, Kanjuro membocorkan juga rencana itu. Oden pun harus melawan pasukan penuh Kaido.

Padahal kalau saja Kaido tidak siap, mungkin tidak akan ada Kurozumi Higurashi yang akan mengalihkan perhatian Oden di tengah duel.

Tak berhenti sampai di situ, Kanjuro pun terus membocorkan info Akazaya Nine di masa depan. Perjalanan Kinemon yang kacau sejak awal pun karena ulah info Kanjuro.

Tapi situasi itu berbalik. Kanjuro tidak memperhitungkan kalau Law, Luffy, Kid, dan bahkan Denjiro akan mengacaukan pengkhianatannya... di saat Kanjuro sudah mengakui dosanya pula.

Nah, itulah tujuh fakta Akazaya Nine yang menarik. Gimana menurut kamu? 

Baca Juga: Pengikut yang Mengidolakan Oden, Ini 10 Fakta Denjiro One Piece!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU