5 Karakter One Piece yang Paling Cocok Disebut Rival Luffy

Mereka yang paling cocok disebut rival Luffy!

5 Karakter One Piece yang Paling Cocok Disebut Rival Luffy

Biasanya, manga shonen itu tokoh utamanya punya rival. Sebut saja Yugi dengan Kaiba, Naruto dengan Sasuke, Goku dengan Vegeta, Asta dengan Yuno. Seorang rival saling berkompetisi, tapi mereka tetap menaruh respek antara satu sama lain. Bahkan walau mereka berada di sisi berseberangan. 

Terus gimana dengan Luffy? Luffy terasa tidak memiliki rival seperti Naruto yang punya Sasuke. Tapi, dari semua yang pernah berinteraksi dengan dia, ada lima karakter One Piece yang paling cocok disebut rival Luffy. 

1. Koby

5 Karakter One Piece yang Paling Cocok Disebut Rival Luffyonepiece.fandom.com

Koby adalah Angkatan Laut. Luffy adalah bajak laut. Koby dikenal sebagai pahlawan, sementara Luffy dianggap Pemerintah Dunia sebagai penjahat besar. Meski begitu, mereka saling menghormati dan tumbuh kuat dengan cara mereka sendiri. 

Keunikan hubungan inilah yang membuat Koby terasa sebagai rival Luffy. Terutama karena dari segi koneksi, Luffy sudah mengenal Koby sebelum ia menemukan Zoro! 

Uniknya, dalam hubungan rival ini, Koby justru lebih terasa sebagai "jagoan." Jadi begini, biasanya di hubungan rival manga shonen, si tokoh utama itu punya potensi besar tapi berawal lemah. Sementara itu rivalnya lebih kuat dan berbakat. 

Saat mereka bertemu, Luffy sudah cukup kuat untuk menaklukkan East Blue sampai Paradise. Sementara itu Koby berawal sebagai kacung Alvida. Tapi Koby kemudian terungkap memiliki bakat terpendam dan menjadi kuat!

Dalam hubungan Luffy dan Koby, Koby itu Naruto sementara Luffy adalah Sasuke!

2. Marshall D. Teach

5 Karakter One Piece yang Paling Cocok Disebut Rival Luffyonepiece.fandom.com

Yang menarik dari Teach adalah dia disajikan sebagai kebalikan dari Luffy. Dia dan Luffy memiliki selera makanan dan minuman yang saling bertolak belakang. Meski begitu, mereka sama-sama pemimpi, dan mereka sama-sama ingin jadi Raja Bajak Laut. 

Ketimbang sekedar musuh dan jagoan, seperti hubungan Luffy dengan kebanyakan lawannya, kontrasnya kepribadian Teach dengan Luffy membuat mereka lebih terasa sebagai rival yang mengincar hal yang sama. 

Baca Juga: Bukan Whitebeard! Ini Petunjuk Road Poneglyph Terakhir One Piece 967!

3. Smoker

5 Karakter One Piece yang Paling Cocok Disebut Rival Luffycomicbook.com

Awalnya, Smoker terasa sebagai rival sejati Luffy. Satunya adalah Angkatan Laut, satunya bajak laut. Sejak Loguetown, Smoker pun seperti merasa Luffy bukan bajak laut biasa dan akhirnya sampai memburu Luffy ke Grand Line. 

Seperti rival juga, mereka tidak selalu berseteru. Jika ada musuh yang lebih berbahaya, seperti Crocodile, mereka akan sama-sama melawan musuh berbahaya itu dengan cara mereka sendiri. 

Namun hubungan rival Luffy-Smoker terasa surut sejak New World, di mana kekuatan Luffy terasa sudah melampaui Smoker, dan Smoker seperti sudah tidak gencar memburu Luffy. 

4. Eustass Kid

Di antara seluruh Worst Generation, Kid yang paling terasa memiliki hubungan rival dengan Luffy. Kid tampak minimal menaruh respek dan terhibur dengan ulah Luffy, namun ia juga seperti yakin kalau suatu hari nanti dia dan Luffy akan bertarung. 

Dari segi kekuatan, saat di Sabaody pun Kid dan Luffy terasa seimbang. Mereka berdualah Supernova dengan harga buruan tertinggi saat itu. 

Persaingan Luffy dan Kid masih terasa di tambang penjara Udon, di mana mereka sempat berkompetisi bekerja. Kalau saja mereka sering bertemu, hubungan mereka mungkin bakal benar-benar terasa seperti Goku dan Vegeta. 

Lalu, bagaikan tokoh rival, Kid sempat menolak kerja sama dengan Luffy. Tapi mengingat situasinya begitu, saya pun merasa Kid akan tetap memberi bantuan juga nanti saat melawan Kaido. 

5. Portgas D. Ace

Ace mungkin sudah meninggal. Dulu, Luffy kecil juga lebih menganggap Ace sebagai saudaranya ketimbang rival. Tapi melihat Luffy sempat mengungkit ia tidak pernah menang melawan Ace, dan ia sempat bilang dirinya saat itu (di Alabasta) bisa mengalahkan Ace, tampaknya Luffy juga sempat menganggap Ace sebagai rival bersahabat saat dia menjadi remaja. 

Namun selain momen di Alabasta itu, Luffy memang lebih terlihat sebagai saudara ketimbang rival Ace. 

Itulah lima karakter One Piece yang paling cocok disebut rival Luffy. Gimana menurut kamu? Siapa yang paling pantas disebut sebagai "Sasuke"-nya Luffy?

Baca Juga: Ini Petunjuk Soal Asal Nama Pulau Laugh Tale di One Piece!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU