Bukan Whitebeard! Ini Petunjuk Road Poneglyph Terakhir One Piece 967!

Bukan dari Whitebeard nih! Itu terjemahan salah!

Bukan Whitebeard! Ini Petunjuk Road Poneglyph Terakhir One Piece 967!

Sempat ada terjemahan menipu soal One Piece 967. Terjemahan itu menyebut kalau Roger mendapat dua petunjuk soal Poneglyph: satu dari Whitebeard, satu dari Big Mom. Tapi sebenarnya di terjemahan resmi, Roger tak pernah menyebut Whitebeard!

Ini petunjuk Road Poneglyph terakhir yang tersaji di One Piece 967!

1. Road Poneglyph yang hilang itu tadinya di Fishman Island?!

Bukan Whitebeard! Ini Petunjuk Road Poneglyph Terakhir One Piece 967!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Lihat Poneglyph di depan kelompok Roger. Satunya memiliki warna merah, satunya tidak. Oden menyebut satunya penting, dan satunya tidak. Tampaknya, Poneglyph kemerahan itulah yang di era Luffy hilang. 

Warna Road Poneglyph di samping batu Joy Boy itu juga sesuai pewarnaannya dengan yang kemudian ditemukan di Zou. 

Bukan Whitebeard! Ini Petunjuk Road Poneglyph Terakhir One Piece 967!mangaplus.shueisha.co.jp/One PIece

Masih menarik, sebetulnya, bahwa Road Poneglyph terakhir yang ditemukan Roger justru adalah Road Poneglyph pertama Luffy. 

Baca Juga: Ini Petunjuk Soal Asal Nama Pulau Laugh Tale di One Piece!

2. Tapi... ke mana Road Poneglyph itu sekarang?

Bukan Whitebeard! Ini Petunjuk Road Poneglyph Terakhir One Piece 967!Nico Robin di depan Poneglyph permintaan maaf Joy Boy. funimation.com/One Piece

Yang menarik adalah: kita sudah tahu apa isi Poneglyph di samping yang merah. Itu adalah Poneglyph permintaan maaf dari Joy Boy, yang dulu ditemukan oleh Nico Robin. 

Tapi tunggu dulu: Nico Robin dulu hanya menemukan Poneglyph Joy Boy saja! Ini berarti Poneglyph di samping batu tulisan Joy Boy itu berpindah tempat!

3. Siapa yang memindahkannya?

Kalau memang ada yang memindahkan, tersangka utama mungkin adalah Shanks atau kelompok Roger lain. Soalnya yang menemukan batu itu dulu ya kelompok Roger. Bila kelompok Kaido atau kelompok Big Mom menemukannya, mereka pasti sudah mengamankan batu itu. 

Malah, bila Kaido atau Big Mom menemukannya duluan, Fishman Island mungkin sudah sekalian hancur. 

Berhubung Shanks punya koneksi dengan Roger, saya bisa membayangkan Neptune setuju kru Shanks memindahkan batu itu. Lalu Shanks tidak pernah menyampaikan di mana batu itu, supaya Kaido dan Big Mom tak bisa menemukannya. 

Tersangka lain adalah Monster Laut. Tampaknya mereka makhluk yang cukup besar dan perkasa untuk memindahkan Road Poneglyph tersebut. Mungkinkah Poseidon, alias Shirahoshi, tanpa sadar memerintahkan pemindahan Road Poneglyph di masa lalu?

Bila yang memindahkan adalah monster laut, maka Neptune juga tidak bisa melawan. Tapi dia juga tidak akan protes atau panik. 

Tersangka lain? Whitebeard. Sosok yang kata terjemahan salah memberi petunjuk pada Roger itu. 

Bukan Whitebeard! Ini Petunjuk Road Poneglyph Terakhir One Piece 967!funimation.com/One Piece

Whitebeard ini adalah pelindung Fishman Island dulu. Dia juga adalah sahabat dan rival Roger, yang memiliki hubungan baik dengan sang Raja Bajak Laut. Selain itu, Whitebeard pun tidak memiliki hasrat menjadi Raja Bajak Laut. 

Saya bisa membayangkan Whitebeard memindahkan Road Poneglyph terakhir untuk melindungi Fishman Island, sekaligus menghambat ambisi Kaido dan Big Mom.

Atau mungkin Pemerintah Dunia, diam-diam menarik Road Poneglyph itu ke atas dan mengamankannya di Marijoa?

Yang jelas, batu itu sekarang tidak ada di tempatnya seharusnya. Nekomamushi dan Inuarashi, yang masih bersama kelompok Roger saat menemukannya, pun tidak tahu batu itu di mana. 

Nah, menurut kamu di mana nih Road Poneglyph terakhir berdasarkan petunjuk One Piece 967? Apakah masih di Fishman Island, dan Luffy melewatkannya? 

Saya sih jadi curiga kalau meski dipindahkan, Road Poneglyph terakhir memang masih di antara Fishman Island atau Red Line, dan ini adalah petunjuk Luffy memang akan balik arah setelah Wano. 

Baca Juga: Mengenal Joy Boy, Tokoh Bersejarah di Dunia One Piece!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU