Mengenal Scopper Gaban, Salah Satu Anak Buah Terkuat Gol D. Roger!

Gaban ini terasa sebagai salah satu komandan Roger!

Mengenal Scopper Gaban, Salah Satu Anak Buah Terkuat Gol D. Roger!

Sejauh ini, mereka yang pernah jadi anggota kapal Oro Jackson biasanya menjadi sosok yang luar biasa kuat.

Memang ada yang aneh seperti Buggy. Tapi selain itu ada Silvers Rayleigh yang masih ditakuti, Shanks yang menjadi Yonko, serta Kozuki Oden yang dulu sangat kuat sekali sebelum ia bisa ditangkap dan dieksekusi. Ada satu kru Oro Jackson yang namanya sudah diketahui, namun sampai sekarang informasinya minim. Dia adalah Scopper Gaban.

1. Sudah ada sejak kilas balik Buggy

Mengenal Scopper Gaban, Salah Satu Anak Buah Terkuat Gol D. Roger!viz.com/One Piece

Scopper Gaban sudah tampil di awal One Piece. Dia muncul di kilas balik Buggy, menggenggam kapak. Dari penampilan perdana ini, Gaban kemudian sering terlihat di latar belakang kalau kelompok Roger muncul. Kacamata hitam dan rambutnya membuat ia mudah dikenali. 

2. Saat pertempuran melawan kelompok Whitebeard, Gaban memberi komando maju bersama Rayleigh

Mengenal Scopper Gaban, Salah Satu Anak Buah Terkuat Gol D. Roger!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Setelah lama bikin penasaran, Scopper Gaban kemudian lumayan disorot saat kilas balik Kozuki Oden. Bila biasanya Gaban hanya tersisih di latar belakang, atau hanya mendapat satu-dua dialog, Gaban sempat diperlihatkan memberi komando pada para anggota kelompok Roger untuk menyerang. 

Yang menarik, saat Oden pertama bergabung dengan kelompok Roger, Gaban adalah yang memberi peringatan pada sang samurai. Bukan Rayleigh, sang orang kepercayaan Roger. 

3. Pengguna senjata kapak

Mengenal Scopper Gaban, Salah Satu Anak Buah Terkuat Gol D. Roger!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Sejak dia muncul di kilas balik Buggy, Oda sudah menggambar Gaban dengan senjata kapak. Saat pertempuran melawan kelompok Whitebeard, Gaban malah mengeluarkan dua kapak sekaligus. 

Tak salah lagi, kapak memang senjata favorit si Gaban. 

4. Diperhitungkan memiliki peran Sanji di trio terkuat kelompok Roger

Mengenal Scopper Gaban, Salah Satu Anak Buah Terkuat Gol D. Roger!mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Ada kecurigaan kalau Gaban ini adalah Sanji di kelompok Roger. Yep, Roger dianggap sebagai Luffy, Rayleigh adalah Zoro, sedangkan Gaban adalah Sanji, sosok yang dapat diandalkan sebagai trio monster.

Kenapa begitu? Awalnya sih hanya karena namanya. Gol D. Roger, atau Gold Roger. Silvers Rayleigh. Scopper Gaban. Nama Scopper ini berasal dari tembaga, copper, salah satu komponen untuk perunggu. Nama Roger, Rayleigh, dan Gaban pun seperti tiga tingkatan logam untuk medali di perlombaan.

Karenanya, kekuatan Gaban pun diperhitungkan sangat besar, namun masih satu level di bawah Rayleigh.

Kalau misalnya Gaban ini Sanji, gimana dengan Oden? Oden mungkin adalah Jinbe kalau di Topi Jerami. Sosok yang luar biasa kuat, dan baru gabung di bagian akhir petualangan mereka. 

5. Sekarang, Scopper Gaban menghilang

Mengenal Scopper Gaban, Salah Satu Anak Buah Terkuat Gol D. Roger!onepiece.fandom.com

Gaban masih hidup saat Roger turun dari Oro Jackson. Gaban juga sempat mengantar Oden ke Wano. Tapi lalu tidak diketahui dia di mana. 

Mengingat Rayleigh pun masih hidup, seharusnya Gaban pun tidak bisa dibunuh dengan mudah. Mungkinkah dia masih bersembunyi? Mungkinkah dia menjaga Oro Jackson, yang juga mungkin masih eksis? 

Itulah hal-hal menarik mengenai Scopper Gaban. Bikin penasaran ya? Gimana menurut kamu?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU