Menarik! Kekuatan Unik Boruto Semuanya dari Klan Otsutsuki?

Jougan dan Karma sama-sama dari klan Otsutsuki?

Menarik! Kekuatan Unik Boruto Semuanya dari Klan Otsutsuki?

Boruto tampaknya sangat terikat dengan klan Otsutsuki. Kalau dipikir-pikir, dua kekuatan unik Boruto tampaknya berasal dari klan berkekuatan besar itu. Seperti apa? 

1. Karma terhubung dengan Momoshiki

Menarik! Kekuatan Unik Boruto Semuanya dari Klan Otsutsuki?comicbook.com

Segel Karma muncul di telapak tangan Boruto sejak dia membunuh Momoshiki Otsutsuki. Sejak saat itu, dia memiliki kekuatan untuk mengaktifkan segel dengan banyak fungsi ini. 

Segel Karma sendiri tampak punya hubungan dengan Momoshiki. Tepat setelah Momoshiki mati di versi manga dan anime, Boruto melihat penampakan Momoshiki. Boruto pun kemudian masih melihat penampakan Momoshiki, sementara Kawaki (yang sumber Karmanya beda) tidak bisa melihat kilas balik tersebut. 

Jigen, yang diduga juga Otsutsuki, menganggap kalau Kawaki adalah wadah barunya. Jigen juga bisa keluar dari segel Karma milik Kawaki. Karenanya ada dugaan kalau lewat segel Karma, Momoshiki hendak menjadikan Boruto sebagai wadah barunya. 

Baca Juga: Apa Istimewanya? Ini Kekuatan Jougan Boruto yang Sudah Diketahui

2. Jougan diduga terhubung dengan Toneri

Menarik! Kekuatan Unik Boruto Semuanya dari Klan Otsutsuki?crunchyroll.com/boruto

Yang unik dari mata Jougan adalah sejauh ini hanya Toneri yang tampaknya paham soal mata itu. Kalau dari interaksi Urashiki dan Toneri saat mereka berjumpa, bahkan ada indikasi kalau Toneri yang melakukan sesuatu hingga Boruto punya Jougan.  

Bahkan saat Toneri dijadikan batu, Boruto langsung refleks mendongak ke langit dan memegangi satu matanya. 

Dibanding Karma, yang sudah cukup dijelaskan di manga, Jougan memang masih lebih misterius. Soalnya sejak alur Ghost, Boruto benar-benar jarang menggunakannya. Selain itu karena Toneri dibekukan oleh Urashiki, Toneri pun tidak bisa lagi muncul dan memberi petunjuk untuk Boruto. 

3. Memiliki kekuatan dari klan utama Otsutsuki

Menarik! Kekuatan Unik Boruto Semuanya dari Klan Otsutsuki?comicbook.com

Yah, sebenarnya Rikkudo Sennin mode pun sumbernya berasal dari seorang Otsutsuki, yakni Hagoromo. Jadi ini bukan pertama kalinya anggota keluarga Uzumaki menggunakan kekuatan dari klan Otsutsuki. 

Yang unik mungkin adalah fakta kalau Boruto memperoleh kekuatan dari Momoshiki. Hagoromo dan Toneri adalah Otsutsuki yang lahir di dunia Naruto. (Toneri keturunan dari Hamura). Mungkin kamu ingat kalau Hagoromo dan Hamura adalah anak dari Kaguya, yang lahir di Bumi. 

Momoshiki berasal dari klan utama Otsutsuki, yang datang dari dimensi lain. Potensi kekuatan dari segel Karma pun misterius. Soalnya sejauh ini semua anggota klan utama Otsutsuki hadir sebagai musuh. Lihat saja Kaguya, Momoshiki, Urashiki, dan Kinshiki. 

4. Boruto masih menggunakan keduanya di masa depan

Menarik! Kekuatan Unik Boruto Semuanya dari Klan Otsutsuki?naruto.fandom.com

Untuk saat ini sih, Jougan tampaknya adalah kekuatan yang berpotensi baik. Toneri ingin melindungi Bumi, dan Jougan sepertinya adalah salah satu cara yang ia berikan agar Boruto bisa mempertahankan dunianya. 

Sementara itu segel Karma berpotensi buruk, karena ada indikasi Momoshiki ingin menjadikan Boruto sebagai wadahnya. Sama seperti Jigen ingin menjadikan Kawaki sebagai wadah barunya. 

Tapi di awal episode 1, kamu bisa melihat Boruto remaja menggunakan segel Karma dan Jougan sekaligus. Dua kekuatan dari Otsutsuki ini tampaknya akan ia kuasai dua-duanya nanti. 

Gimana menurut kamu soal kekuatan unik Boruto semuanya dari klan Otsutsuki?

Baca Juga: 7 Jutsu Boruto dan Teman-temannya yang Jarang Digunakan

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU