15 Rekomendasi Anime Militer Terbaik, Sajikan Aksi Heroik

Beragam anime peperangan terbaik.

Valkyria Chronicles

Anime tentang militer menjadi salah satu yang diminati banyak penonton. Mereka menyajikan aksi pertarungan atau peperangan yang seru. Satu lagi, anime ini tak hanya berfokus pada tema sejarah seperti yang kamu bayangkan. Bisa jadi supranatural, bahkan isekai.

Nah, berikut ini ada sejumlah rekomendasi anime militer terbaik yang menyajikan aksi-aksi para karakter heroik. Langsung simak daftarnya, yuk!

1. Vinland Saga

Vinland Sagadok. Wit Studio/ Vinland Saga

Suka anime bertema sejarah? Pasti kamu tak asing dengan judul Vinland Saga. Anime yang satu ini berlatar pada abad pertengahan dan mengadaptasi sejarah bangsa Viking.

Lebih tepatnya, kamu diajak menyimak peristiwa bersejarah terkait perselisihan antara bangsa Denmark dan Inggris. Meski bertema sejarah, Vinland Saga tetap bersifat fiksi, ya! Jadi, ceritanya tak akan terkesan kaku dan membuatmu bosan.

Baca Juga: 16 Rekomendasi Anime Adaptasi Light Novel Terbaik, Wajib Tonton!

2. Fullmetal Alchemist: Brotherhood

fullmetal-alchemist-anime-198284-1280x0.jpgcomicbook.com

Fullmetal Alchemist: Brotherhood menyajikan momen-momen peperangan yang dibalut bumbu fantasi. Ceritanya berpusat pada Elric Bersaudara, di mana sang kakak, Edward, bergabung dengan Alkemis Negara pada usia yang masih muda. Adiknya sendiri, Alphonse, selalu menemani ke mana pun Edward bertugas.

Petualangan panjang mereka menyangkut upaya mendapatkan kembali apa yang telah direnggut akibat kesalahan fatal di masa lalu, di mana Ed dan Al melakukan transmutasi manusia demi menghidupkan kembali mendiang ibunya. Padahal, hal tersebut adalah sesuatu yang dilarang.

3. Attack on Titan

attack on titandok. Wit Studio/ Attack on Titan

Bukan perang antarmanusia, Attack on Titan mengajakmu menyaksikan peristiwa-peristiwa menegangkan dalam perang besar manusia menghadapi Titan.

Tak sampai di situ, anime ini juga melibatkan pertarungan besar antara dua bangsa yang telah berselisih sejak ribuan tahun lamanya. Attack on Titan menguak lebih jauh mengenai teka-teki keberadaan Titan yang telah membatasi perkembangan umat manusia sejak lama.

4. Code Geass

Lelouch Lamperouge Code GeassLelouch Lamperouge (dok. Sunrise/ Code Geass)

Code Geass menceritakan sebuah negara militer bernama Kerajaan Suci Britannia yang berupaya menaklukkan Jepang, yang kemudian berganti nama menjadi Area 11. Tak tinggal diam, Jepang berupaya merebut kembali haknya.

Anime ini berpusat pada tokoh Lelouch Lamperouge yang berhasil selamat dari baku tembak antara Britannia dan Area 11 berkat sosok misterius bernama C.C. Selanjutnya, Lelouch yang mendapat kekuatan khusus memulai misi pembalasan dendam terhadap Britannia.

5. Legend of the Galactic Heroes

Legend of the Galactic Heroesdok. K-Factory/ Legend of the Galactic Heroes

Nah, kali ini ada anime militer yang latarnya ruang angkasa, yakni anime lawas berjudul Legend of the Galactic Heroes yang tayang perdana tahun 1988 lalu. Anime ini punya versi remake yang dirilis pada tahun 2018.

Ceritanya berfokus pada perseteruan antarfaksi yang menguasai galaksi. Penasaran bagaiman momen apik pertempuran di luar angkasa? Saksikan anime Legend of the Galactic Heroes!

6. Hellsing Ultimate

Hellsing Ultimatedok. Madhouse/ Hellsing Ultimate

Kalau kamu suka anime militer yang punya unsur horor, maka direkomendasikan untuk nonton Hellsing Ultimate.

Anime ini bercerita tentang organisasi bernama Hellsing yang dibentuk dalam upaya membasmi makhluk berkekuatan supranatural yang mengancam kedamaian hidup umat manusia.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Anime Dungeon Terbaik, Penjelajahan Penuh Aksi!

7. Seraph of the End

Seraph of the Enddok. Wit Studio/ Seraph of the End

Seraph of the End berlatar pada masa di mana keberadaan umat manusia telah berada di jurang kepunahan akibat menyebarnya virus mematikan, sehingga yang mampu bertahan hidup hanyalah mereka yang masih anak-anak.

Bersamaan dengan itu, muncul vampir yang berupaya merebut kekuasaan di muka bumi. Mereka mengaku sebagai pelindung, tetapi tujuan utamanya ialah darah manusia.

Untuk mengatasi hal tersebut, dibentuklah sebuah pasukan militer yang berfokus pada pemusnahan vampir. Mereka disebut sebagai Moon Demon Company.

8. GATE

captiondok. A-1 Pictures/ GATE

Anime isekai juga ada yang mengusung tema militer, lho! Contohnya adalah GATE.

Anime ini bercerita tentang kemunculan gerbang yang menghubungkan manusia dengan dimensi lain. Dari sana, muncul pasukan dari abad pertengahan serta berbagai makhluk aneh.

Pasukan Jepang memutuskan melakukan penjelajahan di dunia yang disebut "Special Region" tersebut demi terjalinnyanya hubungan damai.

9. Saga of Tanya the Evil

Saga of Tanya the Evildok. Nut/ Saga of Tanya the Evil

Masih bertema isekai, kali ini ada anime militer dan reinkarnasi berjudul Saga of Tanya the Evil.

Ceritanya berpusat pada gadis kecil dengan kekuatan magis yang luar biasa, yakni Tanya Degurechaff. Di balik penampilannya, jiwa yang hidup di dalam tubuh Tanya adalah seorang laki-laki dewasa yang bereinkarnasi.

Kehadiran Tanya di pasukannya benar-benar memberikan dampak menakutkan. Akibatnya, negara yang dia bela dikenal sebagai yang paling ditakuti dalam sejarah.

10. Full Metal Panic!

Full Metal Panic!dok. Gonzo/ Full Metal Panic!

Bertema mecha, Full Metal Panic! menceritakan keberadaan pasukan militer bernama Mithril. Pasukan tersebut dipersenjatai dengan berbagai alat canggih buatan orang-orang yang disebut "Whispered".

Di baliknya, ada seorang prajurit bernama Sousuke Sagara. Dia ditugaskan untuk melindungi calon Whispered yaitu Kaname Chidori, sehingga harus masuk ke SMA yang sama dengan perempuan tersebut.

11. Jormungand

Jormunganddok. White Fox/ Jormungand

Jormungand adalah anime bertema organisasi kriminal yang mengisahkan petualangan Koko, Jonah, serta kru lain dalam perjalanan keliling dunia. Tujuan mereka adalah menjual senjata secara ilegal.

Sementara itu, ada CIA yang terus berusaha mengejar kelompok yang sebenarnya memimpikan perdamaian dunia tersebut.

12. Valkyria Chronicles

Valkyria Chroniclesdok. A-1 Pictures/ Valkyria Chronicles

Diadaptasi dari gameValkyria Chronicles merupakan anime militer bergenre romansa yang latarnya terinspirasi dari Perang Dunia II. Anime ini menceritakan konflik berkepanjangan antarkubu yang masing-masing berusaha mempertahankan negara mereka.

13. Girls und Panzer

Girls und Panzerdok. Actas/ Girls und Panzer

Bagaimana jika sekumpulan siswi SMA menjadikan taktik peperangan sebagai sebuah olahraga? Inilah yang ditampilkan dalam anime Girls und Panzer.

Berpusat pada karakter utama Miho Nisihizumi yang merupakan siswi pindahan di Sekolah Perempuan Ooarai. Di sana, dia bergabung dengan tim Senshado, yakni olahraga tradisional berbasis peperangan menggunakan tank.

Persaingan besar antartim Senshado SMA pun dimulai!

14. Pumpkin Scissors

Pumpkin Scissorsdok. Gonzo/ Pumpkin Scissors

Selanjutnya, ada anime Pumpkin Scissors yang menawarkan bumbu humor di sela-sela tema militernya. Pumpkin Scissors bercerita tentang sebuah unit militer bernama Pumpkin Scissors yang bertugas memulihkan kondisi pascapeperangan.

15. Joker Game

Joker Gamedok. Production I.G/ Joker Game

Terakhir, ada anime berjudul Joker Game yang bertema historical. Anime ini berlatar sekitar Perang Dunia II, di mana saat itu permasalahan sosial dan ekonomi suatu negara telah menjadi isu yang diutamakan.

Untuk mengatasi permasalahan yang ada, Jepang membentuk organisasi intelijen yang dikenal sebagai "D Agency". Tugas D Agency adalah menyusup ke berbagai negara kuat dan mempelajari rahasia kekuatan mereka.

Itulah sejumlah rekomendasi anime militer terbaik yang wajib kamu tonton jika menyukai anime-anime seputar peperangan. Punya rekomendasi lainnya? Sampaikan di kolom komentar, yuk!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: 12 Rekomendasi Anime tentang Hacker, Aksi Peretas yang Keren!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU