Tau Gak? Ini 5 Unsur Kera Sakti dalam Anime Dragon Ball!

Dari namanya aja kerasa kan Goku itu terinspirasi Go Kong

Tau Gak? Ini 5 Unsur Kera Sakti dalam Anime Dragon Ball!

Cerita Dragon Ball sekarang ini mengalami perubahan drastis. Awalnya sebenarnya Akira Toriyama ingin membuat manga bela diri yang mengadaptasi cerita Monkey King: Journey to the West. Atau kalau untuk penonton Indonesia, mungkin kamu kenal juga sebagai Kera Sakti

Banyak elemen-elemen Monkey King yang muncul pada awal anime Dragon Ball. Namun akhirnya Akira Toriyama memutuskan untuk mengubah cerita anime Dragon Ball sejalan dengan pertumbuhan Goku.

Kali ini saya akan membahas elemen-elemen Monkey King, atau Kera Sakti, apa saja yang muncul di Dragon Ball. Berikut adalah daftarnya! 

1. Son Goku sendiri pada dasarnya terasa terinspirasi dari Sun Go Kong

Tau Gak? Ini 5 Unsur Kera Sakti dalam Anime Dragon Ball!Dok. Toei Animation

Jika kamu tidak mengikuti serial anime Dragon Ball sejak awal, pasti kamu tidak tahu tentang hal satu ini.

Sebenarnya Son Goku adalah karakter yang diciptakan diadaptasi melalui tokoh Sun Wukong, atau Sun Go Kong, dari cerita Monkey King: Journey to the West.

Awal cerita Dragon Ball, Goku mempunyai ekor kera seperti layaknya Monkey King. Bahkan dulunya, Goku juga memiliki senjata andalan berbentuk tongkat yang dapat memanjang, sama seperti punya Wukong. 

Baca Juga: 7 Karakter Penting Ini Ternyata Belum Dibangkitkan Dragon Ball!

2. Oolong pada dasarnya adalah Zhu Bajie, atau Cu Pat Kai

Tau Gak? Ini 5 Unsur Kera Sakti dalam Anime Dragon Ball!Toei Animation/Dragon Ball Super

Kalau karakter satu ini sudah pasti kamu tahu, elemen apa yang diambil dari cerita Monkey King: Journey to the West.

Ya, karakter ini adalah adaptasi dari tokoh Zhu Bajie, atau Pat Kai, dari Monkey King: Journey to the West.

Selain bentuk dari karakter Zhu Bajie, ia juga mempunyai kemampuan yang juga dimiliki oleh Zhu Bajie. Kemampuan tersebut adalah kemampuan berubah bentuk menirukan sesuatu, entah itu orang, hewan, atau sebagainya.

Selain itu Oolong dan Zhu Bajie juga sama-sama tokoh yang mesum, sangat suka hal yang berbau dengan wanita.

Pada pertama kali menggambar Oolong, Akira Toriyama merancangnya sebagai karakter yang berbadan besar dan tidak kecil seperti sekarang lho!

3. Kipas Bansho

Tau Gak? Ini 5 Unsur Kera Sakti dalam Anime Dragon Ball!Dok. Toei Animation

Kipas Bansho adalah senjata yang telah dibuat oleh Master Roshi di serial Dragon Ball. Senjata ini adalah adaptasi dari cerita Monkey King: Journey to the West yaitu senjata milik Princess Iron Fan bernama Banana Leaf Fan.

Kipas Bansho juga memiliki kemampuan mirip dengan Banana Leaf Fan yaitu dapat menimbulkan angin yang sangat kencang saat diayunkan satu kali, jika dua kali diayunkan senjata ini dapat menimbulkan awan, dan jika tiga kali diayunkan akan memanggil hujan deras.

4. Sosok Raja Kerbau

Tau Gak? Ini 5 Unsur Kera Sakti dalam Anime Dragon Ball!Dok. Toei Animation

Kalau kamu belum mengetahui siapa sebenarnya karakter satu ini, maka pasti kamu belum menonton serial awal Dragon Ball.

Ox-King adalah mertua dari Goku dan ayah dari Chi-Chi. Kalau karakter satu ini adalah adaptasi dari salah satu karakter Monkey King: Journey to the West yaitu Bull Demon King.

Tapi hubungan antara karakternya jelas berbeda dengan cerita Monkey King: Journey to the West, karena sebenarnya Monkey King dan Demon Bull King adalah saudara angkat dan bukan ikatan mertua dan menantu.

5. Awan Kintoun

Kalau ini sudah jelas, dalam cerita Monkey King: Journey to the West, Monkey King juga menggunakan awan untuk dikendarai.

Dalam serial Dragon Ball, Goku diberi Kintoun oleh Master Roshi karena telah menyelamatkan kura-kuranya. 

Berhubung Goku sendiri sudah mirip dengan Wukong, dengan tongkat yang bisa memanjang, tambahan Kintoun semakin bikin Goku era lampau mirip Wu Kong. 

Itulah 5 Elemen Monkey King: Journey to the West dalam serial anime Dragon Ball. Apakah kamu dapat menemukan elemen yang lain? Tulis jawabanmu di kolom komentar bawah ini.

Baca Juga: Ini 7 Power Up yang Bisa Digunakan Manusia Biasa di Dragon Ball!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU