Sang Kreator Dragon Ball, Ini Biografi Singkat Akira Toriyama!

Kupas dulu hidup legenda di balik Dragon Ball ini!

Sang Kreator Dragon Ball, Ini Biografi Singkat Akira Toriyama!

Kehidupan sang komikus di balik salah satu serial manga paling berpengaruh dalam sejarah, Dragon Ball tentu menarik buat ditelusuri. Nah, ini dia biografi singkat Akira Toriyama!

1. Berawal dari juara gambar Disney!

Sang Kreator Dragon Ball, Ini Biografi Singkat Akira Toriyama!culturised.co.uk

Akira Toriyama lahir di Nagoya pada tahun 1955. Ia bercerita waktu masih SD, saat teman-temannya masih meniru anime dan manga, ia sudah selangkah lebih depan dengan menggambar teman-temannya dan setelah memenangkan hadiah lomba sebuah studio lokal untuk gambar 101 Dalmatians miliknya. Mulai dari titik ini, ia berpikir seni itu menyenangkan!

2. Dipanggil ke Shonen Jump!

Sang Kreator Dragon Ball, Ini Biografi Singkat Akira Toriyama!Editor Torishima. forbes.com

Saat baru keluar dari pekerjaannya sebagai desainer poster, Toriyama mengirimkan karya untuk sebuah kontes di majalah Jump. Karyanya kalah, namun editor Kazuhiko Torishima mengontak Toriyama untuk menyemangatinya. Debutnya pun dimulai dari Wonder Island yang terbit di Weekly Shonen Jump tahun 1978!

3. Populer karena wajah besar!

Sang Kreator Dragon Ball, Ini Biografi Singkat Akira Toriyama!crunchyroll.com/Dragon Ball Super

Kepopulerannya dimulai ketika ia menggambar komik Dr. Slump di tahun 1980 pada usia 25 tahun. Tahun 1981, komik itu meraih penghargaan manga terbaik versi Shogakukan di tahun 1981. Saat komiknya tamat di tahun 1984, ia sudah menjadi superstar dunia manga dengan adaptasi-adaptasi yang sukses hingga tahun 1998. Sepuluh tahun kemudian, di tahun 2008, Dr. Slump sudah laku lebih dari 35 juta kopi!

Baca Juga: Pendapatan 287,8 Triliun Rupiah, Ini Biografi Singkat Eiichiro Oda!

4. Dragon Ball pun datang!

Sang Kreator Dragon Ball, Ini Biografi Singkat Akira Toriyama!rollingmedia54.com

Nah, saat Dr. Slump tamat di tahun 1984, majalah tersebut mulai menerbitkan serial legendaris Dragon Ball, yang langsung laku keras! Di tahun 2014 saja, ia sudah laku 159,5 juta kopi, belum terhitung berbagai macam adaptasi yang muncul dari dulu hingga tahun 2020. Tidak heran kalau iap un disebut sebagai komik shonen paling berpengaruh sepanjang masa dengan berbagai kesuksesan dan karya yang terinspirasi oleh petualangan Son Goku ini!

5. Jadi legenda lewat Dragon Quest!

Dalam dunia game, ia pun menjadi legenda tersendiri di ranah JRPG! Perkenalan pertamanya dengan serial hit Dragon Quest dimulai saat Torishima sang editor merekrutnya sebagai desainer karakter game tersebut di tahun 1986, yang terus bertahan hingga saat ini.

Uniknya, dulu Toriyama sama sekali tidak tahu RPG dan sedang sibuk dengan Dragon Ball, tapi tetap bahagia dengan game yang ikonik dengan monster Slime yang ia desain tersebut!

6. Jadi kesatria di Perancis!

Tidak lupa, Toriyama juga merupakan sosok desainer karakter di balik Chrono Trigger dan Blue Dragon, menikahi mangaka Yoshimi Kato di tahun 1982 dan dikaruniai 2 anak. Tanggal 30 Mei 2019, Toriyama dinobatkan sebagai Chevalier (Kesatria) dalam Ordre des Arts et des Lettres oleh pemerintah Perancis atas kontribusinya di dunia seni hingga saat ini!

Punya pendapat tentang biografi singkat Akira Toriyama hingga kesuksesannya saat ini? Sampaikan opinimu melalui kolom komentar!

Baca Juga: Bapak Naruto yang Sebenarnya, Inilah Biografi Masashi Kishimoto!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU