10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!

Halo, Spike!

10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!

Sosok Piccolo adalah kawan sekaligus lawan Goku yang tidak kalah populer sedari awal kemunculannya. Penasaran? Makanya, baca dulu fakta-fakta Piccolo menarik yang wajib kamu tahu di bawah ini!

1. Bukan Piccolo seutuhnya!

10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!techanimate.com

Ketika Piccolo masih merupakan lawan Goku, ia merupakan pecahan dari dua jiwa, Kami dan Raja Iblis Piccolo. Saat ini, ia sudah bersatu dengan separuh jiwanya yang satu lagi dan menjadi satu kesatuan Piccolo sempurna!

2. Dinamai berdasarkan Piccolo!

10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!thomann.de

Sebagaimana layaknya warga Namek, Piccolo dinamai berdasarkan alat musik tiup bernama sama. Ia diklasifikasikan termasuk ke dalam keluarga seruling dengan ukuran setengah dari seruling biasa!

3. Warna darahnya gonta-ganti!

10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!gamespot.com

Mulanya di alur Raditz, darah Piccolo berwarna merah. Namun, sepanjang kelanjutan Dragon Ball Z darahnya jadi berwarna ungu. Di Dragon Ball Super, darahnya berwarna hijau!

4. Bapak asuh Gohan!

10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!cbr.com

Saat Son Goku meninggal, Piccolo membawa Gohan kecil dan melatihnya untuk bersiap akan ancaman yang lebih besar lagi.

Namun, hal tersebut justru membuatnya semakin dekat kepada anak Saiyan tersebut dan membuatnya dipandang sebagai figur ayah oleh Gohan!

Mulai dari interaksinya dengan Gohan ini juga Piccolo jadi benar-benar baik. Saat melawan Raditz, kamu masih bisa melihat sisa-sisa sisi jahat Piccolo tersisa. 

5. Orang kedua yang rajin mati!

Setelah Goku, orang yang paling rajin bolak-balik akhirat dan dunia adalah Piccolo. Entah itu Surga atau Neraka, Piccolo pasti ada saja yang membuatnya dapat kembali ke dunia para makhluk hidup untuk membantu para pahlawan Z!

Baca Juga: Ganas dan Nekat, Ini 7 Fakta Protagonis Kengan Ashura, Ohma Tokita!

6. Pengasuh cucu Goku!

10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!comicbook.com

Tidak berhenti sampai di Z saja, di dalam Dragon Ball Super lagi-lagi Piccolo mengasuh anak. Yang membuatnya semakin kocak adalah anak ini pun tidak lain dan tidak bukan adalah Pan, anak Gohan sendiri ketika ia tidak sempat mengurus anak tersebut bersama Videl!

7. Prajurit Namek terkuat!

10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!comicbook.com

Di antara semua tokoh berkebangsaan Namek, Piccolo merupakan sosok Namek terkuat dengan kekuatan bawaannya yang datang dari sosok Kami dan Raja Iblis Piccolo, dan juga Nail!

8. Pernah bertemu Zoro!

10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!dragonball.fandom.com

Dalam kolaborasi manga Shonen Jump yang diberi judul Cross Epoch, Piccolo sempat bertemu dengan Roronoa Zoro dari One Piece. Mereka pun bertemu lagi di dalam promosi Dream 9 melalui kolaborasi One Piece dan Dragon Ball!

9. Tokoh Favorit Akira Toriyama!

10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!mangaplus.shueisha.co.jp/Dragon Ball Super

Sebelum ia kembali mengutarakan bahwa Goku nomor satu, Akira Toriyama pernah berkata, "Aku percaya favoritku adalah Piccolo. Dia adalah karakter pertama di manga-ku yang aku menjadi 'wajahnya seram, tapi dia keren banget!' Klise rasanya kalau orang jahat berubah menjadi orang baik, tapi rasanya seru sekali menggambarnya (Piccolo)!"

10. Sempat populer BUKAN sebagai Piccolo!

10 Fakta Piccolo, Sahabat Son Goku di Dragon Ball yang Awalnya Musuh!Berbagai Sumber

Di Indonesia, Piccolo sempat terkenal dengan nama Spike, yang datang dari kesalahan penerjemahan nama dalam terbitan tidak resmi serial komik Dragon Ball oleh Rajawali Grafiti! 

Apa pendapatmu tentang fakta-fakta Piccolo alias Spike ini? Bagikan opinimu terhadap jagoan seri Dragon Ball tersebut melalui kolom komentar di bawah ini!

Baca Juga: 7 Fakta Jin Kazama, Jagoan yang Sempat Jadi Anti-Villain Tekken!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU