Tetap Produktif! Begini Caranya Menjaga Fokus Selama Work from Home

Jadikan suasana dan fasilitas di rumah nyaman untuk bekerja

Tetap Produktif! Begini Caranya Menjaga Fokus Selama Work from Home

Dengan merebaknya virus corona di Indonesia, beberapa kantor kini menerapkan kebijakan work from home. Artinya, aktivitas kerja bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi ke kantor. 

Namun, bukannya kerja di rumah justru banyak gangguannya? Kamu sebenarnya masih bisa produktif meskipun bekerja dari rumah. Seperti apa caranya?

1. Buat suasana rumah ala kantor

Tetap Produktif! Begini Caranya Menjaga Fokus Selama Work from Homemyfox8.com

Meskipun bekerja dari rumah, disiplin tetap harus dilaksanakan. Agar tetap produktif, coba terapkan kebiasaan selama berada di kantor. Contoh paling gampangnya adalah bekerja sesuai dengan jam kerja di kantor. Jangan menambah atau mengurangi jam kerja.

Selain itu, kamu juga bisa menambah kuat suasana kantor di rumah dengan mengurangi pengalih perhatian seperti TV atau radio. Jika di rumah ada keramaian dari keluarga, mungkin kamu ingin bekerja di kamar yang terpisah dari ruang keluarga. Tentunya ini pun termasuk membuka media sosial selama jam kerja ya.

Antara itu, atau minimal kamu buat satu ruangan yang bisa menjadi kantormu di rumah. Ruangannya juga terpisah dari tempat santaimu, seperti kamar tidur, biar kamu bisa lebih serius. 

Baca Juga: Imbas Wabah Corona, Presiden Jokowi Putuskan UN 2020 Ditiadakan!

2. Cek semua alat kerja

Tetap Produktif! Begini Caranya Menjaga Fokus Selama Work from Homeinregister.com

Suasana rumah sudah nyaman untuk kerja, sekarang giliran peralatan kerjanya juga. Pastikan semua senjata perang kamu komplit mulai dari komputer/laptop, ponsel, dan alat penunjang lain.

Jangan lupa untuk memastikan data, file, dan software penting sudah kamu bawa ke rumah. Gak lucu kan jika sudah semangat kerja dari rumah, tahunya gak jadi kerja karena ada file yang ketinggalan di kantor?

3. Jangan sampai konektivitas terganggu

Nah yang satu ini gak kalah penting. Pastikan semua konektivitas kamu baik-baik saja agar mudah dihubungi di saat penting. Konektivitas seperti telepon dan internet gak hanya harus kencang, tapi juga stabil dan reliable. Jangan sampai koneksi internet putus saat sedang ingin cari bahan kejraan atau parahnya putus saat video call!

Kalau kamu butuh koneksi internet dan selular yang reliable, kamu bisa coba kartu perdana 1ON+ dari Smartfren. Dengan kartu perdana seharga Rp. 20 ribu ini, kamu bisa mendapatkan benefit kuota 0,5 GB setiap bulannya hingga 6 bulan. Kuota ini bisa kamu pakai untuk segala kebutuhan internet mulai dari browsing, media sosial, komunikasi, hingga streaming film dan lagu.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan selama work from home. Stay safe dan tetap jaga kesehatan!

Baca Juga: Work From Home? Ini Enam Aplikasi Komunikasi yang Pas Buat Kamu!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU