Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

Semoga saja, Nokia 3310 versi 2017, Nokia 3310 terbaru, atau Nokia 3310 Android ini mampu mengembalikan slogan Nokia yang telah lama hilang, Connecting People, bukan sekadar Connecting Account. Plus, bonus game Snake II, please!!

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

UPDATE: Nokia resmi meluncurkan ponsel ini selama MWC 2017. Bisa kalian Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

Dengan perkiraan harga tersebut, kemunginan besar akan tetap hadir sebagai feature phone, namun dengan beberapa tambahan fitur baru dibandingkan versi aslinya yang sangat standar dulu, telepon, SMS dan game populer pada jamannya, Snake. Bisa jadi, layarnya kini berwarna, bakal ada kamera tidak hanya di sisi belakang, namun juga di depan (dan mungkin ada lampu kilat juga di sisi depan), seperti pada Nokia 230, memiliki dua slot kartu SIM, atau bisa digunakan untuk mengakses BlackBerry Messenger… mungkin! Namun yang paling diharapkan, menggunakan OS Android.

[read_more id="296006"]

Bicara Nokia 3310 Android, sebenarnya sudah banyak fan yang berharap ide ini terwujud. Bahkan banyak gambar konsep yang memperlihatkan Nokia 3310 Android. Seperti apa konsep Nokia 3310 Android ini di tangan penggemar? Berikut kami pilihan beberapa diantaranya yang terbaik. Siapa tahu, desain Nokia 3310 Android ini benar-benar bakal terwujud.

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

[page_break no="" title="Nokia 3310 Versi Baru Menurut Concept Creator"]


Concept Creator langsung merespon kabar bakal "come back"-nya Nokia 3310 terbaru dengan sebuah video berdasar pada bocoran yang sudah dipercaya kebenarannya. HMD Global, perusahaan Finlandia yang memproduksi ponsel dan smartphone bermerek Nokia bakal mempertahankan ciri khas Nokia 3310 sebagai ponsel yang reliable, serta irit baterai.

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

Maka dari itu, Nokia 3310 versi baru ini harusnya memiliki layar yang tidak terlalu besar, bentuk ikonik yang sama dan sudah teruji ketangguhannya, namun dengan beberapa pembaruan teknologi agar membuat standar harga barunya nanti masih masuk akal. Bisa kalian lihat pada video bawah seperti apa konsep yang mereka bayangkan dari Nokia 3310 tahun 2017 ini.

Menurut Concept Creator, Nokia 3310 baru ini selain mempertahankan bentuk ikonik, juga casing polycarbonate dengan warna-warna cerah, tebalnya cukup 14mm, ada kamera digital di sisi belakang, diposisikan sedikit di atas logo Nokia.

[read_more id="288957"]

Nokia 3310 baru ini layarnya juga hanya memiliki layar berwarna 1.5-inchi, beranjak dari tampilan aslinya, sekadar dua warna abu-abu berlatar hijau. Dimensi layarnya jelas tidak rakus baterai, dan klaim ketahanan baterai setangguh aslinya masih bisa dicapai.

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

[duniaku_adsense]

Selain itu, juga ada radio FM, opsi membuat ringtone sendiri (kalian pasti kangen kan dengan fitur jadil editor ringtone ini!?), serta bisa diisi kembali baterainya melalui port micro USB, yang bertujuan untuk kepraktisan, karena kami yakin pembeli Nokia 3310 baru nantinya juga memiliki gadget lain yang konektor charger-nya juga micro USB.

[read_more id="288192"]

Sisa spesifikasi lainnya, ada internal storage 8GB, serta kapasitas baterai 1650mAh, yang sepertinya sangat besar untuk ponsel basic seperti ini, dan perkiraan memeberi ketahanan waktu pengoperasian mulai dari 55 jam hingga 10 hari... wow, jadi gak perlu powerbank nih!.

Bahkan Concept Creator juga membuat video teaser dari konsep mereka di atas, bisa kalian lihat di bawah:

Lanjut ke halaman 2... untuk desain lainnya yang menggunakan OS Windows Phone.

[page_break no="" title="Menurut Curved Labs, Nokia 3310 Terbaru Cocok dengan Windows"]


Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

Beberapa tahun lalu, CurvedLabs juga sempat menjadikan Nokia 3310 sebagai sasaran konsep reka ulang desain. Masilnya, jauh meninggalkan identitas aslinya yang ikonik. Curved/labs masih percaya jika Nokia identik dengan Windows Phone, serta kamera handal dengan lensa Carl Zeiss yang tersohor berkat teknologi Pure View.

[duniaku_baca_juga]

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android? Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

[read_more id="289231"]

Karena itulah mereka menilai Nokia 3310 versi baru harus mengadopsi OS Microsoft, ada koneksi langsung ke layanan Xbox Live, kamera 41 megapixel Pure View, dan layar lebar untuk kenyamanan kendali berbasis gesture yang sudah kita kenal melalui OS Windows Phone.

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

[duniaku_adsense]

Menurut penulis, desain konsep yang dibuat CurvedLabs ini justru mengaburkan desain aslinya, dan fan mungkin akan membelinya hanya karena ini Nokia 3310 saja. Pilihan OS-nya juga bukan favorit pasar saat ini, plus, ukuran layarnya sepertinya bakal mengurangi kompatibilitas dengan banyak aplikasi. Apalagi ketika untuk mengetik. Dengan keyboard Windows Phone yang paten berbentuk QWERTY, pengguna berjempol ukuran jumbo bakal kesulitan mengetik lebih cepat dengan Nokia 3310 Windows Phone di atas.

Lanjut ke halaman 3..... bagaimana jika Nokia 3310 Android benar-benar akan terwujud, seperti apa seharusnya desainnya?

[page_break no="" title="Nokia 3310 Versi Android"]


Sebenarnya ada desas-desus lainnya, jika sebenarnya Nokia 3310 baru ini tidak akan berbentuk sama seperti aslinya. Mungkin, HMD Global yang memang memiliki lisensi memanfaatkan merk Nokia, hanya akan menciptakan perangkat baru yang memiliki cita rasa seperti Nokia 3310, dengan desain yang berbeda. Jika demikian, maka ponsel, atau semartphone ini bakal setidaknya tahan banting (minimal jatuh berulang kali, masih bertahan!), kapasitas baterainya besar, dan, menggunakan OS Android?

[duniaku_baca_juga]

Atau, apakah mungkin Nokia 3 yang pasti diboyong HMD Global nantinya selama MWC 2017 itu tidak lain versi Android dari Nokia 3310? Masuk akal sih, karena sebelumnya Nokia 3 yang diposisikan di bawah Nokia 5, hanya mengajukan layar 5-inchi dengan resolusi HD, serta prosesor yang menjadi mesinnya juga lebih rendah.

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android? Bocoran desain Nokia 3[/caption]

Prosesor quad-core Snapdragon 425 dengan GPU Adreno 308 seperti pada Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android? Inikah Nokia 3310 Android?[/caption]

Meskipun itu bukan desain asli, Nokia 3310 versi baru yang dipercaya bakal hadir 26 Februari nanti, namun yang paling dekat desainnya dengan Nokia 3310 klasik. Bentuk tombol yang mengingatkan pada desain aslinya, dan terutama, sisi belakangnya itu ikonik. Ada kamera di sisi belakang dan depan, masing-masing dilengkapi lampu kilat. Bagaimana menurut kalian, apakah setuju jika Nokia 3310 Android nantinya berbentuk seperti di atas?

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

Nokia 3310 pertama kali diluncurkan pada 2 September 2000, serta terjual hingga 126 juta unit di seluruh dunia. Dan hingga 2017 ini, hampir dua dekade eksistensinya, sudah tak terhitung menjadi bintang meme, video, dan hingga pengujian ekstrem yang mengukuhkannya sebagai ponsel tertangguh yang paling susah "dihancurkan" oleh para fan. Bahkan di negara asalnya, Finlandia, emoji Nokia 3310 juga masuk menjadi bagian kpleksi emoji Nasional negara tersebut.

Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android? Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

[read_more id="13488"]

Di Indonesia Nokia 3310 juga dikenal sebagai ponsel sejuta umat pada masanya. Saat itu, memiliki Nokia 3310 dianggap sudah sangat keren. Walaupun fiturnya standar banget, namun ponsel ini disukai karena beberapa hal. Mulai desain yang handy, ringan dan mudah masuk kantong, ada game yang sangat fenomenal (Snake, Legenda Ponsel Jadul Kembali, Akan Seperti Inikah Nokia 3310 Android?

Sangat berbeda dengan apa yang terjadi saat ini. Teknologi komunikasi baru justru sekadar Connecting Accounts. Dengan kata lain, gadget dan media sosialnya menghubungkan antar akun di dunia maya. Dengan kebebasan sebuah akun menjadi siapa saja dan apapun. Berhubungan dengan gadget, seolah hilang dalam hal "connecting-nya" karena semakin tidak memperdulikan satu sama lain.

[duniaku_adsense]

Artikel terkait

Latest