TUTUP

Apple: Nothing is Original?

Pasca perang paten panjang yang berlangsung nyaris dua tahun antara Samsung dan Apple, kita mungkin beranggapan sama seperti Apple... Samsung yang mencuri.... Benarkah seperti itu? Benarkah semua paten yang digunakan oleh Apple tersebut hasil inovasi mereka sendiri?

Perang paten panjang yang berlangsung nyaris dua tahun antara Samsung dan Apple memang sudah usai. Hasil akhirnya pun kita ketahui, dimana Samsung melalui tangan US District Judge Lucy Koh, diganjar ganti rugi US $1.049 milyar yang harus dibayarkan kepada Apple. Memang masih ada injunction hearing yang dijadwalkan 20 September 2012 nanti untuk menentukan nasib smartphone Galaxy yang oleh Apple diajukan namanya sebagai seri yang meniru desain iPhone mereka. Kemudian kita disuguhi internal memo dari kedua belah pihak yang berseteru. Membacanya sekilas mungkin bakal memunculkan anggapan bahwa Samsung benar - benar bersalah, telah mencuri desain dan inovasi yang dituduhkan Apple pada mereka, dan menggunakannya sebagai bagian marketing sehingga membuat sebagian produk Galaxy-nya laku keras -- meskipun sudah banyak yang tahu, Apple selalu mengklaim yang lain mencuri dari mereka. Walaupun sebenarnya jika kita melihat jauh ke belakang, bakal muncul pertanyaan: "Apa sih yang sebenarnya sudah diciptakan Apple, dan mereka gunakan untuk menyerang Samsung?" Sebelum kamu terbawa derasnya arus trending topic yang satu ini, dan ikut menuduh Samsung sebagai copycat, mari kita lihat beberapa fakta yang kami beberkan mulai halaman 2. Namun sebelumnya, mari kita lihat video berikut ini.

Steve Jobs: Good Artists Copy Great Artists Steal!

httpv://youtu.be/CW0DUg63lqU

Lanjut ke halaman 2...

1. Samsung sebenarnya sudah mengembangkan desain persegi panjang dengan sudut membulat (rectangles with rounded corners) sebelum iPhone!

Sumber: Slashgear halaman 3

2. Desain persegi panjang dengan sudut membulat bukan hanya milik Apple

press conference Sumber: Apple Matters halaman 4

3. Filder Tablet (konsep tablet dengan desain mirip iPad, namun jauh sebelum iPad lahir)

“This is one of the most exciting places to be in the newspaper industry today. This is where I think we’re going to play a role in changing history.” 

Tablet Newspaper (1994)

httpv://youtu.be/JBEtPQDQNcI

“Knight Ridder had a long history of innovation in technology. It was the first newspaper publisher to experiment with videotex when it launched its Viewtron system in 1982.”
Sumber: RJOnline , Wikipedia halaman 54. Jefferson Han Menciptakan Multi Touch Sebelum Apple Mendaftarkan Paten MerekaJeff Han. multi-touch sensinglock screen

Crazy Multi-Input Touch Screen

httpv://youtu.be/89sz8ExZndc

Sumber: Wikipedia halaman 6Sumber: 9gag