TUTUP

Mari Kenali Trik S Pen Terbaru yang Diberikan Samsung Untuk Galaxy Note 3

Seperti yang kami tuliskan pekan lalu, Samsung mengumumkan penerus seri phablet Galaxy Note mereka selama IFA 2013. Apa saja fitur baru yang dibenamkan Samsung untuk phablet mereka ini? Berikut kami jelaskan banyak trik phablet baru yang bisa dilakukan Note 3.

Seperti yang kami tuliskan pekan lalu, Samsung mengumumkan penerus seri phablet Galaxy Note mereka selama IFA 2013 yang berlangsung di Berlin hingga Rabu lusa. Dan melalui Galaxy Note 3 (kini penyebutannya menggunakan angka seperti Galaxy S4, bukan lagi Romawi seperti Note dan Galaxy S sebelumnya), kembali Samsung meneruskan kebiasaan mereka membuat "sekuel" yang lebih slim dan ringan, meskipun ukuran layarnya membesar. Samsung bisa dikatakan menjadi yang pertama menyadari tren yang berkembang, bahwa pasar menginginkan smartphone yang ukurannya besar, lebih dari 5-inchi. Mengkombinasikan fungsi tablet dengan smartphone, seri Note memiliki ciri khas layar yang lebih besar dari 5-inchi, dan mengajukan digitizer aktif untuk berinteraksi dengan layar (S Pen). Karena perpaduan tersebut, seri Note juga mendapat sebutan khusus, yaitu phablet (phone + tablet). Kebiasaan Samsung lainnya, untuk setiap penerus seri lamanya, mereka selalu berhasil membuat ukurannya menjadi lebih ringan, tanpa mengorbankan ukuran layar.

tabel perbandingan Galaxy S4Lanjut ke halaman 2....Acer Liquid S2LG G2Sony Xperia Z UltraXperia Z1
Action Memo: Memungkinkan user menulis note menggunakan tulisan tangan, dan otomatis mengaktifkan fungsi atau mengubah informasi dari tulisan tangan tadi menjadi konten berformat yang dikenali aplikasi lain. Action Memo dengan mudah membantu kita secepatnya memulai panggilan, menambah nomor yang kita tulis ke contact, mencari alamat pada peta, mencari informasi di web, menyimpan sebuah task ke daftar to-do list, dan banyak lagi.
Lanjut ke halaman 3...
Scrapbook: Memungkinkan kita mengatur atau melacak konten dan informasi dari banyak sumber termasuk dari web, YouTube dan Gallery dalam satu tempat, sehingga kita bisa dengan mudah melihat kembali dari konten yang dikumpulkan tadi dalam waktu yang sama. Ketika kita menyimpan konten untuk digunakan nantinya, Scrapbook juga akan mengumpulkan material sumber konten tersebut, atau URL sehingga memungkinkannya dengan mudah mengembalikannya ke sumber yang aslinya. Kamu bisa mengaktifkan Scrapbook melalui shortcut Air Command, dan mulai "menggunting" (memilih bagian/obyek yang tertampil pada layar) layar, memberi keterangan atau men-tag, simpan ke dalam gallery note. Namun jika kamu mengambil keseluruhan halaman web, Samsung sekaligus mengumpulkan sumber URL/metadata-nya, dan menyimpan halaman web aslinya jika ingin kita mengaksesnya lagi nanti. Menairknya, file yang tersimpan dalam Scrapbooker bisa dibagikan, entah dalam format aslinya (SCC) atau setelah kamu meng-convert-nya menjadi image dan text. Kamu juga bisa meng-upload SCC tersebut ke aplikasi Evernote (yang dipaketkan dengan promo langganan setahun), namun tidak di-convert ke tipikal file Evernote, hanya disimpan sebagai attachment. Untuk hasil guntingan tampilan Map, kamu tidak mendapatkan metadata-nya (koordinat), sehingga nantinya tidak bisa langsung menuju ke lokasi yang kamu ambil tadi. Berhubungan dengan Scrapbook, ada fitur Screen Write di bawah.
Screen Write: Opsi screenshot ini (yang bisa diakses melalui Air Window, selain tombol khas Samsung, Power + Home) akan meng-capture gambar satu layar penuh dari halaman yang terlihat saat ini, dan memungkinkan kita menuliskan comment atau informasi tambahan pada hasil capture tersebut.
S Finder: Memungkinkan kita untuk melakukan pencarian yang lebih menyeluruh dari konten yang ada di dalam Note 3, dan mengesampingkan tipe file konten tersebut. Untuk mempermudah pencarian, kamu bisa menyaringnya berdasarkan keyword atau filter seperti tanggal, lokasi dan tipe kontennya, sehingga kita bisa mencari apa dokumen yang berhubungan, event yang kita buat sebelumnya, thread komunikasi message yang kita buat, dan bahkan mencari di dalam halaman Help. Selain itu, S Finder juga akan mencari konten dari tulisan tangan yang kamu buat dalam aplikasi Notes dan memo, termasuk mengenali simbol dan formula. Selain itu, S Finder juga otomatis pencarian melalui Google, Yahoo, atau Bing.
Pen Window: Memungkinkan kita menggunakan S Pen bukan hanya untuk menggambar sketsa atau menulis catatan, namun juga untuk membuka jendela kecil aplikasi sehingga memberi pengalaman multitasking yang lebih dalam. Itu bisa dilakukan cukup dengan menggambar jendela aplikasi melalui S Pen, terserah berapa ukurannya, dimana saja pada bagian layar 5.7-inchi Note 3, dan kemudian kita bebas dengan mengisi jendela tersebut dengan aplikasi lainnya, seperti YouTube, kalkulator atau Browser, tanpa perlu mengirim ke background aplikasi yang sedang aktif kita jalankan. Sepertinya ini berkat dukungan RAM 3 GB ya! Aplikasi yang kamu buka tadi akan melayang di atas, tampilan lainnya, bisa digeser bebas, dimaksimalkan tampilannya, diminimalkan menjadi shortcut kecil, yah, mirip dengan penerapan Chat Head dalam aplikasi messenger Facebook.
Lanjut ke halaman 4...Samsung KNOXLanjut ke halaman 5...Galaxy Note 10.1 2014 Edition

Introducing Samsung KNOX

smartwatch Galaxy Gear

Samsung GALAXY Note 3 + Gear : Official First Hands-on

Perbandingan Galaxy Note dan S4
Samsung Galaxy Note Samsung Galaxy Note 2 Samsung Galaxy Note 3 Samsung Galaxy S 4
Tinggi 146.8 mm 151.1 mm 151.2 mm 136.6 mm
Lebar 82.9 mm 80.5 mm 79.2 mm 69.9 mm
Tebal 9.7 mm 9.4 mm 8.3 mm 7.9 mm
Berat 178 g 180 g 168 g 130 g
CPU 1.5GHz APQ8060 (Dual Core Scorpion) 1.6GHz Samsung Exynos 4412 (Quad Core Cortex A9) LTE: 2.3GHz MSM8974 Snapdragon 800 atau 3G: 1.9GHz Exynos 5420 1.9GHz Snapdragon 600 atau 3G: 1.6GHz Exynos 5410
GPU Adreno 220 Mali-400MP4 Adreno 330 atau Mali-T628 MP6 Adreno 320 atau PowerVR SGX 544MP3
RAM 1 GB LPDDR2 2 GB LPDDR2 3 GB 2 GB LPDDR2
Storage 16 GB NAND dengan slot micro SD hingga 32 GB 16/32/64 GB NAND dengan slot microSD hingga 64 GB 32/64 GB NAND dengan slot microSD hingga 64 GB 16/32 GB NAND dengan slot micro SD hingga 64 GB
Kamera 8 MP dengan LED Flash + 2 MP kamera depan 8 MP dengan LED Flash + 1.9 MP kamera depan 13 MP dengan LED Flash + 2 MP kamera depan (sensor yang sama seperti S4) 13 MP dengan LED Flash + 2 MP kamera depan
Layar 5.3" 1280 x 800 HD SAMOLED 5.5" 1280 x 720 HD SAMOLED 5.68" 1920 x 1080 HD SAMOLED 5.0" 1920 x 1080 HD SAMOLED
Baterai Bisa dilepas, 2500 mAh Bisa dilepas, 3100 mAh Bisa dilepas, 3200 mAh Bisa dilepas, 2600 mAh
Sumber: Samsung