Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Rilis

Dimulai saat Perang Dunia II, loh

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Rilis

Sampai saat ini, MCU sudah memiliki total 27 film yang dimulai sejak tahun 2008 lalu. Untuk kalian yang masih bingung dengan urutan timeline nya, berikut kami tampilkan secara lengkap urutan film Marvel yang benar berdasarkan timeline MCU. 

Bagi kalian penggemar berat Marvel, tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah Marvel Cinematic Universe (MCU). MCU merupakan sebuah alam semesta ciptaan Marvel yang berisi film-film dan serial-serial yang kisahnya berkesinambungan. 

Ciri khas Marvel sendiri selama ini memang bukan hanya menyajikan aksi keren dari karakter-karakter superhero ikoniknya saja, melainkan juga cerita unik di filmnya yang mampu berkaitan dengan film lain. 

1. Captain America: The First Avenger

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisSteve Rogers kurus di Captain America: The First Avenger. (Dok. Marvel Studio/Captain America: The First Avenger)

Kalau urutan film marvel dari kronologi, Captain America: The First Avenger terjadi di Perang Dunia II. Lebih tepatnya sekitar 1943 hingga 1945. 

Film seperti Eternals memang memperlihatkan kilas balik jauh sebelum itu. Namun Captain America: The First Avenger ya latar utamanya di Perang Dunia II, sementara di Eternals meski ada kilas balik, latar utama ceritanya adalah di era modern. 

Saat sedang terjadi Perang Dunia II, seseorang bernama Steve Rogers (Chris Evans) menjadi prajurit super berkat sebuah eksperimen. Rogers ditugaskan dalam misi berbahaya yaitu berperang melawan organisasi HYDRA. 

2. Captain Marvel

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisCaptain Marvel di film Captain Marvel. (Dok. Marvel Studios/Captain Marvel)

Urutan film MCU selanjutnya adalah Captain Marvel yang diproduksi tahun 2019. Walaupun begitu, latar dari film ini mengambil waktu di tahun 1995.

Carol Danvers (Brie Larson) terlibat kecelakaan mematikan yang justru mengubah dirinya menjadi salah satu superhero terkuat di alam semesta Marvel. Danvers yang mendapat julukan Captain Marvel itu harus terjebak dalam konflik galaksi antara dua ras alien: Kree dan Skrull.

3. Iron Man

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisMarvel Studios

Awalnya, Iron Man diperkirakan terjadi di tahun 2008 (tahun filmnya rilis). 

Lalu Marvel Studios: The First Ten Years Anniversary Collection dirilis, dan dikatakan di situ Iron Man terjadi pada tahun 2010. 

Karakter ikonik yang memiliki nama Tony Stark ini diceritakan mampu membuat sebuah baju armor pertamanya saat dirinya diculik oleh sekelompok pemberontak. Berkat kecerdasannya, Stark terus membuat perkembangan baru terhadap baju armornya hingga ia mendeklarasikan dirinya sebagai Iron Man.

4. Iron Man 2

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Riliscomicbook.com

Di sekuelnya ini, Tony Stark yang telah menjadi Iron Man semakin terkenal dan mendapat sorotan dimana-mana. Berkat kecanggihan baju armornya, pemerintah AS pun menginginkan karya Stark tersebut, namun Stark dengan tegas menolak.

Ia pun harus berhadapan dengan Ivan Vanko (Mickey Rourke) yang bekerjasama dengan militer AS untuk membuat baju besi serupa dengan milik Stark.

5. The Incredible Hulk

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisGambar promo Hulk untuk Age of Ultron. (Dok. Marvel Studios/Avengers: Age of Ultron)

Urutan film MCU berikutnya adalah The Incredible Hulk yang menceritakan tentang ilmuwan cerdas bernama Bruce Banner. Banner diceritakan terkena radiasi gamma tingkat tinggi. Insiden itu pun membuatnya bisa bertransformasi menjadi makhluk raksasa berwarna hijau bernama Hulk.

6. Thor

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisThor di film Thor pertama. (Dok. Marvel Studios/Thor)

Thor merupakan Dewa Petir yang diceritakan berasal dari sebuah tempat di belahan dunia lain bernama Asgard. Thor terkenal dengan palunya, Mjolnir, yang hanya bisa dikendalikan oleh dirinya sendiri. Suatu hari Thor mengacaukan gencatan senjata antara Asgardians dan Giant Frost. Sang ayah, Odin, yang juga merupakan Raja Asgard pun menghukumnya dengan membuang Thor ke Bumi.

Kalau kamu bertanya-tanya, Iron Man 2, Incredible Hulk, dan Thor semua terjadi di tahun 2011. Ini dikatakan oleh Marvel Studios: The First Ten Years Anniversary Collection.

Waktu yang berdekatan ini kemudian terasa di What If? episode 3, dimana pembunuh di realita alternatif itu membunuh Hawkeye serta Thor, dan kemudian Hulk, di adegan tertentu film Thor dan The Incredible Hulk

7. The Avengers

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisHawkeye dan Avengers. (Dok. Marvel Studios)

Urutan film Marvel berikutnya ada The Avengers yang merupakan nama sekumpulan superhero yang memiliki tugas menjaga Bumi dan manusia dari kekacauan. Superhero-superhero ikonik yang muncul di fase 1 MCU seperti Iron Man, Captain America, Thor, Hulk, Black Widow dan Hawkeye berkumpul melawan ancaman Loki dan Chitauri. 

8. Iron Man 3

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Rilisscreenrant.com

Pada film ketiganya ini, Tony Stark mendapat pemahaman yang lebih besar tentang apa artinya menjadi Iron Man. Ia kini dihadapi dengan mimpi-mimpi buruk akibat kejadian yang menimpanya pada peristiwa di The Avengers. Selain itu, Stark juga menemui musuh baru yaitu The Mandarin.

9. Thor: The Dark World

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisMjolnir di The Dark World. (Dok. Marvel Studio/Thor: The Dark World)

Urutan film Marvel Selanjutnya ada sekuel dari film Thor yang kisahnya berpusat pada karakter Dewa Petir dari Asgard. Pada sekuelnya ini, hampir semua karakter-karakter di film pertama dimunculkan kembali. Thor: The Dark World mengisahkan petualangan Thor saat berurusan dengan salah satu Infinity Stone, yaitu Reality Stone.

10. Captain America: The Winter Soldier

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisBucky Barnes dengan tameng Captain America. (Dok. Marvel Studio/Captain America: The Winter Soldier)

Selain Thor dan Iron Man, Captain America pun dibuatkan sekuelnya yang berjudul Captain America: The Winter Soldier. Di sekuelnya ini Captain America ditemani oleh Black Widow dalam membongkar kebusukan SHIELD.

Tanpa disangka, Bucky Barnes yang di film sebelumnya diceritakan tewas, kini kembali muncul. Namun Barnes telah berubah menjadi Winter Soldier dan harus bertarung dengan sahabatnya sendiri, Steve Rogers.

11. Guardians of the Galaxy

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Riliscbr.com

Pada urutan film selanjutnya ini, Marvel menampilkan karakter-karakter superhero baru luar angkasa yang eksentrik.

Guardians of the Galaxy menceritakan para makhluk planet lain yang memiliki kekuatan unik. Mereka diceritakan mengincar satu benda yang sama yang dimiliki oleh Ronan The Accuser, yaitu Power Stone. Dalam menjalankan rencananya itu pun, mereka bekerjasama dan kini mereka semua dikenal sebagai Prajurit Penjaga Galaxy.

12. Guardians of the Galaxy Vol. 2

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Rilisslashfilm.com

GotG 2 ini rilisnya tahun 2017, tapi latar waktu untuk cerita filmnya sendiri tidak jauh dari GotG pertama. Latarnya pun mengambil tepat setelah peristiwa pada film pertamanya. Di sekuelnya ini mereka berhadapan dengan seorang makhluk kuat yang mengaku sebagai ayah Peter Quill.

13. Avengers: Age of Ultron

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisSusunan Avengers di Age of Ultron. (Dok. Marvel Studios/Avengers: Age of Ultron)

Setelah peristiwa pada tahun 2012, seluruh anggota Avengers akhirnya berkumpul kembali. Kini mereka dihadapi dengan masalah yang diciptakan oleh Tony Stark saat Ia membuat kecerdasan buatan yang dikenal sebagai Ultron. Peristiwa ini pun sangat berdampak secara luas pada masa depan MCU.

Terdapat beberapa karakter baru yang muncul, seperti Scarlet Witch dan Quicksilver. Tokoh seperti War Machine pun hadir membantu.

Baca Juga: Urutan Film Harry Potter, Buat yang Baru Nonton

14. Ant-Man

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Rilismovieweb.com

Pada urutan film Marvel selanjutnya, Marvel menghadirkan superhero baru yaitu Scott Lang yang kemudian jadi Ant-Man. Film ini pun sangat berdampak pada kelangsungan MCU di masa depan. Pasalnya film ini penuh dengan cerita kecanggihan teknologi rahasia yang akan membantu Avengers nanti, yaitu Partikel Pym.

Selain itu, film ini juga menghadirkan banyak karakter baru yang akan kembali muncul di masa depan.

15. Captain America: Civil War

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisBucky dan Captain America lawan Iron Man. (Dok. Marvel Studio/Captain America: Civil War)

Captain America kembali dibuatkan film ketiganya yang berjudul Captain America: Civil War. Pada film ketiganya ini, seluruh anggota Avengers dikisahkan terpecah belah karena perbedaan pendapat mengenai Sokovia Accord.

Lalu ada juga Zemo, sosok yang memiliki amarah tersendiri kepada Avengers. 

16. Black Widow

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Riliscbr.com

Salah satu anggota Avengers, Natasha Romanoff, akhirnya dibuatkan film solonya yang berjudul Black Widow. Filmnya ini memperlihatkan tentang perjalanan seorang Natasha semasa kecil sampai menjadi salah satu agen terbaik SHIELD. Film ini juga memperkenalkan karakter Yelena Belova yang diketahui sebagai adik dari Natasha Romanoff.

Meski rilis di fase 4 MCU pada tahun 2021, Black Widow mengambil latar tahun 2016. 

17. Spider-Man: Homecoming

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Rilistheverge.com

Selanjutnya, Marvel menghadirkan film solo Spider-Man yang sebelumnya sempat muncul di peristiwa Captain America: Civil War. Pada film ini, Peter Parker yang dikenal sebagai Spider-Man melanjutkan petualangannya di bawah pantauan Tony Stark. Banyak karakter-karakter baru yang muncul di film ini, seperti Ned dan MJ.

18. Doctor Strange

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisMarvel Studios

Doctor Strange tadinya adalah ahli bedah ternama, namun setelah kecelakaan mobil, tangannya cedera, membuat dia permanen tak bisa melakukan operasi lagi.

Strange berujung mempelajari Mystic Arts, dan kemudian malah menjadi salah satu penyihir terhebat di dunia. 

19. Black Panther

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Rilisnewstatesman.com

Setelah memulai debutnya di peristiwa Captain America: Civil War, karakter Black Panther akhirnya memiliki film solonya sendiri. Filmnya berpusat pada tokoh T’Challa sesaat setelah kematian sang ayah yang juga Raja Wakanda, T’Chaka. Ia dinobatkan sebagai pewaris tahta dari Wakanda. Namun ia terlebih dahulu harus berhadapan dengan sepupunya sendiri yang juga calon pewaris tahta.

20. Avengers: Infinity War

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisThanos di Infinity War. (Dok. Marvel Studios/Avengers: Infinity War)

Satu dari dua saga terakhir MCU fase 4, Avengers: Infinity War mengambil waktu pada tahun 2018. Film ini bisa dibilang sebagai ending dari keseluruhan film MCU yang sudah lebih dari satu dekade. Hampir semua karakter Marvel yang sebelumnya telah diperkenalkan, muncul dalam film ini.

Mereka berhadapan dengan musuh terkuat dalam tiga fase MCU, Thanos, yang memiliki enam Infinity Stone.

21. Ant-Man and The Wasp

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisHope van Dyne dan Scott Lang. (Dok. Marvel Studio/Ant-Man and the Wasp)

Sebenarnya sekuel dari film Ant-Man ini berlatar saat terjadi peristiwa di Avengers: Infinity War. Scott Lang atau Ant-Man yang sebelumnya tidak ikut bertarung melawan Thanos diketahui terjebak di alam kuantum akibat dari efek The Blip. Sebelumnya Scott Lang dan beberapa karakter utama lainnya bekerjasama untuk menyelamatkan Janet Van Dyne yang telah lama hilang.

22. Avengers: Endgame

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisPoster promo Avengers: Endgame. (Dok. Marvel Studio/Avengers: Endgame)

Avengers: Endgame bisa dibilang sebagai klimaks dari perjuangan para Avengers dalam menjaga planet Bumi, khususnya saat pertarungan melawan Thanos. Di film ini, seluruh superhero yang sempat hilang akibat efek The Blip, muncul kembali. Hal itu berkat perjalanan time travel para anggota Avengers yang tersisa. Hasilnya, mereka semua berhasil mengalahkan Thanos beserta seluruh pasukannya.

23. Spider-Man: Far From Home

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisSpider-Man di Far From Home. (Dok. Sony Pictures/Spider-Man: Far From Home)

Film pertama yang dirilis setelah peristiwa Endgame adalah film solo kedua Spider-Man yang berjudul Far From Home. Di film ini Peter Parker dan karakter lainnya masih dalam keadaan berduka akibat tewasnya Tony Stark di Endgame. Peter Parker harus berhadapan dengan mantan karyawan Stark yang membelot. Seperti biasa, Ia dibantu oleh Ned, MJ dan beberapa karakter lainnya.

24. Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisShang-Chi dan Sepuluh Cincin. (Dok. Marvel Studio/Shang-Chi)

Dalam upayanya memperluas kisah alam semesta MCU, Marvel kembali menghadirkan superhero baru. Kali ini superhero tersebut berasal dari Asia yang bernama Shang-Chi. Ia diceritakan terlibat konflik dengan ayahnya sendiri akibat perbedaan pendapat mengenai sang ibu yang telah tewas. Ayahnya, Wenwu, pun dikenal sebagai salah satu manusia terkuat di bumi karena memiliki cincin yang memiliki kekuatan dahsyat.

25. Eternals

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Rilismarvel.com

Berbeda dengan film-film sebelumnya, pada film selanjutnya ini Marvel menampilkan kilas balik yang berlatar puluhan abad di masa lalu. Marvel menghadirkan sekelompok superhero baru yang sudah muncul sejak 7.000 tahun lalu bernama Eternals.

Mereka diceritakan memiliki andil yang luar biasa terhadap perkembangan peradaban manusia.

Meski latar ceritanya terjadi sekitar 2023, Eternals juga memperlihatkan kilas balik aksi para Eternal di masa lampau. Termasuk di 5000 Sebelum Masehi. 

Eternals ditempatkan di sini, bukan sebelum Captain America: The First Avenger lebih karena Captain America latar waktunya memang tahun 1940-an. Sementara Eternals meski punya adegan yang terjadi jauh sebelum itu, latar waktu utamanya adalah dunia Marvel setelah Endgame

26. Spider-Man: No Way Home (Tepat setelah Spider-Man: Far From Home).

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisPoster Spider-Man: No Way Home. (Dok Sony Pictures/Spider-Man: No Way Home)

Untuk film Marvel berikutnya ada film solo ketiga Spider-Man yang berjudul No Way Home. Di film ketiganya ini, identitas Peter Parker sebagai Spider-Man sudah terungkap. Ia mengalami banyak kesulitan sehingga meminta bantuan Dr.Strange. Namun, justru keadaan semakin kacau ketika mantra Dr. Strange tidak bekerja sesuai yang diinginkan.

27. Doctor Strange in Multiverse of Madness

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun RilisMarvel Studios

Yang paling terbaru ada film solo dari karakter Doctor Strange yang memiliki judul Doctor Strange in Multiverse of Madness. Dengan gerbang multiverse yang sudah terbuka di Spider-Man No Way Home, mau tidak mau Doctor Strange harus membereskan kekacauan yang telah diperbuatnya. Doctor Strange dan Scarlett Witch akan berperan sangat penting di film ini. 

Urutan Film Marvel Menurut Tahun Rilis

Urutan 27 Film Marvel Berdasarkan Timeline MCU dan Tahun Rilisscreenrant.com

Di atas adalah urutan film Marvel berdasarkan kronologi. 

Sedangkan jika urutan film Marvel berdasarkan tahun rilis, Marvel secara total memiliki 32 proyek yang terdiri dari beberapa film dan serial. Berikut urutan lengkap film Marvel dari tahun 2008-2022. 

Iron Man (2008)
The Incredible Hulk (2008)
Iron Man 2 (2010)
Thor (2011)
Captain America: The First Avenger (2011)
The Avengers (2012)
Iron Man 3 (2013)
Thor: The Dark World (2013)
Captain America: The Winter Soldier (2014)
Guardians of the Galaxy (2014)
Avengers: Age of Ultron (2015)
Ant-Man (2015)
Captain America: Civil War (2016)
Doctor Strange (2016)
Guardians of the Galaxy Vol.2 (2017)
Spider-Man: Homecoming (2017)
Thor: Ragnarok (2017)
Black Panther (2018)
Avengers: Infinity War (2018)
Ant-Man and the Wasp (2018)
Captain Marvel (2019)
Avengers: Endgame (2019)
Spider-Man: Far From Home (2019)
Black Widow (2021)
Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings (2021)
Eternals (2021)
Spider-Man: No Way Home (2021)

Doctor Strange in the Multiverse of Madness (2022)

Lalu ada juga serial televisi Marvel, yang meski tidak dimasukkan dalam daftar film layar lebar MCU masih harus ditonton juga karena ceritanya terkait.

WandaVision (Series, 2021)

The Falcon and the Winter Soldier (Series, 2021)

Loki (Series, 2021)

Hawkeye (2021)

Serta ada pula What If (2021) yang memperlihatkan kisah-kisah alternatif MCU. 

Itulah 27 urutan film Marvel lengkap berdasarkan timeline MCU dan tahun rilis. Film mana favoritmu? 

Baca Juga: Kekuatan Ms. Marvel di MCU yang Berbeda dengan Komiknya

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU