5 Hal yang Terjadi Setelah Ending Seri Avatar! Zuko Menemukan Ibunya? 

Gimana ceritanya si Zuko ketemu ibunya?

5 Hal yang Terjadi Setelah Ending Seri Avatar! Zuko Menemukan Ibunya? 

Setelah Aang dan tim Avatar  berhasil mengakhiri Perang 100 Tahun dengan mengalahkan Raja Api Ozai dan pasukannya, bukan berarti kisah mereka terhenti di situ.

Masih ada kisah lanjutan setelah kejadian tersebut. Melalui novel grafis serial Avatar: The Last Airbender, ada beberapa hal yang terungkap tentang deretan peristiwa penting yang terjadi setelah Perang 100 Tahun. Apa saja?

1. Konflik Zuko dan Aang yang berujung terciptanya Republic City

5 Hal yang Terjadi Setelah Ending Seri Avatar! Zuko Menemukan Ibunya? 

Setelah Perang 100 Tahun, Zuko dan Aang masih punya tanggung jawab untuk mengembalikan keseimbangan dunia dengan mengembalikan para pengendali elemen ke negara asal masing-masing.

Harmony Restoration Movement adalah gerakan untuk mengembalikan para koloni Negara Api di daerah jajahan Ozai ke Negara Api. Warga Negara Api yang sudah menetap lama di tanah kolonial memiliki perasaan campur aduk dan banyak yang keberatan untuk meninggalkan tanah kolonial karena sudah berkeluarga.

Saat berdiskusi, Zuko membuat Aang berjanji jika suatu saat ia berubah kejam seperti ayahnya, Aang harus menghabisinya saat itu juga. Mau tak mau, Aang menyanggupinya meski belum paham apa konsekuensinya. Akhirnya, Zuko ada di Negara Api dan menjadi Raja Api, sementara Aang, Katara, dan Sokka berkeliling dunia untuk membantu perpindahan warga Negara Api.

Saat melihat rakyatnya kesulitan dan bahkan tak mau untuk pindah karena sudah terlanjur mencintai tempat tinggal mereka, Zuko pun membatalkan rencana Harmony Restoration Moment dan tidak melanjutkan migrasi rakyatnya di daerah kolonial.

Keputusan ini pun didengar Aang dan mereka hampir mengakhiri nyawa satu sama lain. Namun, setelah mengetahui bahwa Zuko adalah cicit dari Avatar Roku, Aang merasa keputusannya untuk menghabisi Zuko tidaklah bijaksana karena bagaimana pun Avatar Roku adalah masa lalunya sehingga itu membuat Zuko adalah bagian dari keluarganya.

Aang pun akhirnya memisah daerah tersebut dengan pengendalian buminya dan daerah tersebut akhirnya dikenal sebagai Republic City, tempat Tenzin tinggal dan melatih Korra nantinya.

Keputusan itu dibuat Aang setelah mendengar penjelasan Katara yang melihat percampuran budaya tersebut, seperti masa depan mereka, masa depan Katara, dan Aang sendiri yang merupakan dua pengendali elemen yang berbeda.

Baca Juga: Inilah 7 Pengendali Air Terbaik di Serial Avatar: The Last Airbender!

2. Toph mendirikan The Beifong Metal Academy, sekolah untuk melatih para pengendali logam

5 Hal yang Terjadi Setelah Ending Seri Avatar! Zuko Menemukan Ibunya? Nickelodeon Avatar: The Last Airbender - The Promise

Aang bertemu dengan Toph saat ia sedang membutuhkan guru pengendali bumi di serial ATLA. Kebetulan, Toph sendiri memang pengendali bumi terbaik yang pernah ada meskipun ia buta. Bahkan, Toph pun mampu menciptakan teknik pengendalian bumi yang baru, yaitu pengendalian logam.

Setelah Perang 100 Tahun, Toph membuka The Beifong Metal Academy di kota Kerajaan Bumi, Yu Dao, untuk memberi kesempatan pada semua pengendali bumi potensial yang mampu mewarisi ilmunya.

3. Zuko menemukan ibunya

5 Hal yang Terjadi Setelah Ending Seri Avatar! Zuko Menemukan Ibunya? Avatar: The Last Airbender | The Search

Kelanjutan kisah Zuko menemukan sang ibu dijelaskan dalam trilogi novel grafis berjudul The Search.

Singkat cerita, ibu Zuko, Ursa, ternyata tak mengingat apa pun yang terjadi karena memori dan wajahnya diambil oleh Mother of Faces agar Ursa bisa bersatu dengan Ikem setelah ia dibuang dari Kerajaan Api oleh suaminya sendiri, Ozai.

Dengan wajah dan identitas baru, Ursa yang kemudian berganti nama menjadi Noriko pun menikahi kekasih lamanya, Ikem, yang juga sudah berganti identitas menjadi Norem. Mereka berdua memiliki anak bernama Kiyi.

Setelah ingatan dan wajahnya dikembalikan oleh Mother of Faces, Ursa dan keluarga barunya diajak Zuko untuk kembali pulang ke Negara Api dan mereka hidup bahagia.

4. Pria kubis menjadi kaya raya dan mendirikan Cabbage Corp

Pria Kubis adalah salah satu lelucon terlucu dari serial ATLA. Muncul di tempat-tempat yang paling tak terduga dan sering dalam situasi tegang dan serius, ia memberikan hiburan yang menyenangkan di tengah-tengah jalan cerita yang menegangkan. Pria ini selalu mendapat kemalangan dan dagangan kubisnya selalu hancur dalam perkelahian.

Setelah Perang 100 Tahun, pria ini menjadi kaya raya karena usahanya dan mendirikan perusahaan bernama Cabbage Corp, saingan Future Industries. Sebenarnya, pria ini adalah orang yang baik, tapi lagi-lagi apes. Ia dijebak Hiroshi Sato, ayah Asami, kepala Future Industries, yang membuatnya seolah-olah memiliki gudang persenjataan Equalist.

5. Terbentuknya New Ozai Society

5 Hal yang Terjadi Setelah Ending Seri Avatar! Zuko Menemukan Ibunya? Nickelodeon Avatar: The Last Airbender - Smoke and Shadow

Pihak yang kalah dalam peperangan tidak sepenuhnya akan menghilang dari sejarah dan peradaban. Hal ini memang ada di dunia nyata dan di dunia Avatar. Setelah Aang menghilangkan kemampuan pengendalian api Ozai dalam perkelahian paling intens di serial ATLA, dukungan warga Negara Api terhadap Ozai tak serta-merta menghilang begitu saja.

Bahkan, kelompok orang ini membentuk organisasi baru bernama New Ozai Society yang terdiri dari sekelompok pemberontak yang masih setia pada Ozai, bukan Zuko yang menjadi Raja Negara Api.

Gerakan kudeta ini diprakarsai oleh Ukano, dulu adalah gubernur dari Kota New Ozai (sebelumnya Omashu), yang juga merupakan ayah Mai, mantan pacar Zuko. Tak hanya itu, Azula pun ternyata juga menjadi anggota bagian dari organisasi ini dan masih sama gilanya dalam menginginkan takhta kerajaan Negara Api.

Semua hal di atas bisa kamu baca di rangkaian novel grafis Avatar: The Last Airbender yang terbit setelah serial animasinya keluar. Selamat membaca!

Diterbitkan pertama kali di IDN Times Community dengan judul "5 Hal yang Terjadi Setelah Aang Mengalahkan Raja Api Ozai" ditulis oleh Anastasia Jaladriana

Baca Juga: Film Terbaru Pokemon akan Diundur karena Corona

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU