5 Film Vampir Hong Kong yang Pernah Bikin Takut Anak Tahun 90-an

Ada yang meski lucu tetap kerasa horornya

5 Film Vampir Hong Kong yang Pernah Bikin Takut Anak Tahun 90-an

Selain dibanjiri anime-anime Jepang yang tayang pada minggu pagi, anak-anak yang tumbuh besar di era 90-an pastinya juga merasakan keseruan berbagai film vampir Hong Kong. 

Biasanya monster yang dikedepankan dalam film horor ini adalah vampir model Jiangshi, atau vampir melompat. Bukan vampir model barat.  

Nah hitung-hitung bernostalgia, berikut ini deretan film vampir mandarin yang sering menghiasi layar kaca di era 90-an

1. Mr. Vampire

Mungkin tak ada film vampir Hong Kong yang bisa menyaingi kesuksesan Mr. Vampire. Bagaimana tidak, film yang dibintangi oleh Lam Ching Ying ini memiliki empat seri yang hampir semunya disukai.

Dirilis pada tahun 1985, Mr. Vampire menceritakan tentang pemakaman tetua desa yang menjadi kacau karena ulah para jenazah yang bangkit dari kuburnya. Untuk menyiasati hal tersebut, seorang ahli vampir bernama Master Ko diperintahkan untuk memindahkan jenazah sekaligus mengusir para vampir yang mengganggu.

Bersama dua muridnya yang ceroboh dan konyol, Master Ko malah mendapat banyak kesulitan saat menjalankan tugasnya. Apakah ia berhasil meredam keganasan vampir mengerikan ini?

Baca Juga: Film Adaptasi Novel #BerhentidiKamu Siap Tayang di Disney+

2. Mad Mad Ghost

5 Film Vampir Hong Kong yang Pernah Bikin Takut Anak Tahun 90-anHuge Yield Films Manufacturing Co.

Sama seperti Mr Vampire, Mad Mad Ghost juga adalah film vampir Hong Kong yang dipenuhi oleh komedi-komedi dari era lampau. Dibintangi juga oleh Lam Ching Ying, film ini berkisah tentang guru spiritual yang berusaha mengajarkan murid-muridnya untuk bisa menaklukan vampir.

Tapi tentu saja karena ini adalah film horor komedi, maka penonton bakal banyak disajikan adegan-adegan kocak dari para murid dalam menghadapi sosok vampir.

3. The Happy Ghost

Jika membahas film vampir Hong Kong, jangan lupakan juga film Happy Ghost. Film yang dirilis tahun 1984 ini memiliki lima seri dan sering diputar di layar kaca ketika musim liburan.

Happy Ghost menceritakan tiga remaja wanita yang sedang berteduh di sebuah kuil angker. Suatu ketika salah seorang dari mereka mengambil tali misterius yang dahulu digunakan oleh seorang pemuda bernama Raymond untuk bunuh diri. Dari situ, Raymond bangkit dari kematiannya.

Lucunya, bukan malah menghantui, arwah Raymond yang memiliki sifat cabul ini malah menjadi teman setia dari ketiga remaja wanita tersebut.

4. The Ultimate Vampire

The Ultimate Vampire yang dirilis tahun 1991 merupakan kelanjutan kisah dari Mr. Vampire. Bercerita tentang seorang ahli vampir beserta murid-muridnya yang berusaha menyelamatkan sebuah desa dari serangan vampir.

Tentu saja sang ahli vampir masih diperankan oleh sosok legendaris Lam Ching Ying.

5. The Musical Vampire

Entah kenapa, hampir semua film vampir mandarin terbaik dibintangi oleh Lam Ching Ying. Tak terkecuali dengan film Musical Vampire. Dirilis setahun setelah The Ultimate Vampire, The Musical Vampire masih bercerita tentang sekelompok vampir yang bangkit.

Bedanya, di sini para vampir hanya akan bergerak jika diperdengarkan alunan musik. Untuk menghadapi para vampir tersebut, maka munculah seorang pendeta sakti dengan segala jurusnya.

Itu lima contoh film vampir Hong Kong yang pernah bikin takut anak-anak 90-an. Gimana pendapat kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Sambut Imlek dengan 7 Film Stephen Chow di Netflix ini!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU