TUTUP

Teori: Apa yang Terjadi Jika Opah Upin & Ipin Meninggal?

Kalau Opah tiada, bagaimana nasib ketiga cucunya?

Upin & Ipin adalah serial animasi asal Malaysia yang dipersembahkan oleh Les' Copaque Production. Kartun 3D ini menyoroti kehidupan dua bocah kembar bernama Upin dan Ipin yang dikisahkan telah menjadi yatim piatu sejak masih bayi. Oleh karena itu, keduanya tumbuh besar di bawah asuhan Opah dan kakak mereka, yakni Kak Ros.

Harus diakui, Opah merupakan salah satu peran penting dalam serial Upin & Ipin. Karakter bernama Siti tersebut dikenal sebagai sosok yang penyayang dan lemah lembut. Sifat hangatnya itu tak hanya ditujukkan kepada Upin, Ipin, dan Kak Ros, tetapi juga ke seluruh warga Kampung Durian Runtuh, terutama anak-anak.

Tak salah lagi, bagi ketiga cucunya, Opah adalah sosok penyelamat yang telah membawa cahaya ke dalam hidup mereka. Tanpa adanya Opah, Upin, Ipin, dan Kak Ros pasti kebingungan dan tak tahu bagaimana harus bertindak. Apalagi, kita tak pernah tahu apakah mereka masih punya anggota keluarga yang tersisa atau tidak.

Lalu, apa yang bisa saja terjadi jika Opah dalam serial Upin & Ipin meninggal? Ini kemungkinannya!

1. Upin, Ipin, dan Kak Ros benar-benar kehilangan figur orang tua

dok. LCP/ Upin & Ipin

Kedua orang tua Upin, Ipin, dan Kak Ros dikisahkan telah meninggal sejak ketiganya masih belia. Bahkan, Upin dan Ipin saat itu masih terlalu kecil untuk bisa mengingat berbagai kenangan yang pernah mereka lakukan bersama mendiang emak dan abahnya.

Di sisi lain, Kak Ros sebagai anak sulung harus bisa mengambil peran ibu bagi kedua adik kembarnya. Meski Kak Ros tampaknya mampu memenuhi tanggung jawab tersebut, dia tetap butuh sosok orang tua yang diharapkan dapat membimbingnya agar bisa menjadi kakak yang baik bagi Upin dan Ipin.

Opah adalah jawaban atas semua rasa rindu yang Upin, Ipin, dan Kak Ros rasakan untuk emak dan abah mereka yang telah lama pergi. Berkat Opah, setidaknya mereka masih mempunyai kesempatan untuk menunjukkan baktinya kepada orang tua.

Bayangkan jika Opah tiada, Upin, Ipin, dan Kak Ros mungkin akan kehilangan semangat untuk menyambut hari spesial seperti bulan Ramadan, Idul Fitri, atau momen perayaan Hari Ibu yang biasanya akan mereka ganti menjadi perayaan Hari Opah.

Karena Opah selama ini telah mengisi peran orang tua bagi ketiga cucunya, Upin, Ipin, dan Kak Ros bisa saja kehilangan arah. Mereka tak lagi punya tempat untuk berkeluh kesah, bercerita tentang kejadian menyenangkan yang dialami pada hari tertentu, atau bahkan meminta saran akan suatu hal.

2. Tak ada lagi yang membela Upin dan Ipin

dok. LCP/ Upin & Ipin

Di usianya yang masih 5 tahun, si kembar Upin dan Ipin yang masih dalam masa pertumbuhan bisa dikatakan sedang dalam fase yang lagi "nakal-nakalnya". Itu merupakan usia di mana mereka sedang belajar untuk mengenal dan mengeksplorasi alam sekitar.

Seperti anak-anak pada umumnya, Upin dan Ipin sering lupa waktu saat bermain, meninggalkan kamar dalam keadaan berantakan, malas belajar, tak mengerjakan PR dari sekolah, hingga bermain kotor-kotoran atau yang bisa membahayakan diri sendiri. Jadi, tak heran jika tingkah laku mereka seringkali membuat Kak Ros naik pitam.

Akan tetapi, mereka biasanya akan aman jika Opah sudah turun tangan untuk membela mereka dengan menenangkan Kak Ros. Segarang-garangnya sang kakak, kalau Opah sudah ikut campur, ya Kak Ros tak bisa berbuat lebih jauh.

Nah, kalau suatu saat Opah pergi untuk selama-lamanya, Upin dan Ipin sudah tak punya lagi sosok penyelamat. Artinya, mereka mau tak mau harus menjadi adik yang penurut supaya bisa selamat dari amukan Kak Ros.

Lalu, bagaimana kalau Upin dan Ipin tetap sulit diatur bahkan sampai membuat kakaknya hilang kendali? Kak Ros mungkin bakal jadi kriminal atas kasus penganiayaan.

Baca Juga: 6 Episode Tersedih di Upin & Ipin, Bikin Penonton Tersentuh!

3. Kak Ros kelimpungan mengatur urusan rumah seorang diri

dok. LCP/ Upin & Ipin

Situasi lainnya yang akan terjadi apabila Opah meninggal ialah Kak Ros yang pasti akan kesulitan untuk mengatur urusan rumah seorang diri tanpa bantuan dari Opah.

Seperti yang kita tahu, Kak Ros selama ini telah mengorbankan masa mudanya untuk berbakti kepada Opah dengan cara membantu neneknya tersebut mengurus rumah. Kak Ros hampir mengerjakan seluruh pekerjaan rumah tangga, mulai dari membersihkan rumah, mencuci pakaian, hingga memasak.

Namun, Kak Ros tak pernah merasa terbebani, sebab masih ada Opah yang akan membantunya untuk melakukan beberapa pekerjaan yang masih sanggup Opah lakukan, misalnya memasak.

Kemudian, jika Opah tiada, Kak Ros benar-benar akan pontang-panting sebab semua tanggung jawab tersebut akan dilimpahkan kepadanya. Dia mungkin juga terpaksa merelakan lebih banyak bagian penting dari masa mudanya, termasuk dalam mengejar cita-cita.

Pasalnya, Kak Ros masih mempunyai kewajiban lain untuk membesarkan kedua adik kembarnya. Kak Ros yang tadinya bekerja sampingan untuk mencari pemasukan tambahan dengan hasil yang tak seberapa mungkin harus lebih serius dalam bekerja, terlepas dari rumor bahwa mereka punya harta peninggalan orang tuanya.

Lagipula, meski rumor itu benar, hanya tinggal menunggu waktu bahwa warisan tersebut satu per satu akan habis di kemudian hari.

4. Parahnya, Upin, Ipin, dan Kak Ros mungkin saja akan kehilangan arah

dok. Les' Copaque Production/ Upin & Ipin

Nah, kemungkinan terburuknya adalah Upin, Ipin, dan Kak Ros akan kehilangan arah bahkan sampai berbuat hal-hal menyimpang.

Di kemudian hari, Kak Ros mungkin akan pasrah menghadapi kelakuan Upin dan Ipin yang semakin menjadi, lalu membiarkan kedua adiknya tersebut berbuat sesuka hati. Alhasil, Upin dan Ipin akan tumbuh tanpa menerima didikan yang semestinya. Ketiganya bahkan bisa saja diasingkan jika tak pandai-pandai menempatkan diri.

Namun, melihat hubungan kekeluargaan yang terjalin antarpenduduk Kampung Durian Runtuh, sih, hal ini tak mungkin terjadi, ya. Upin, Ipin, dan Kak Ros pasti akan dirangkul oleh tetangga-tetangganya. Apalagi, selama ini mereka tak pernah melakukan hal yang merugikan banyak orang.

Jadi, itulah beberapa kemungkinan yang bakal terjadi jika Opah Upin & Ipin meninggal. Kalau pendapatmu bagaimana, nih? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Untuk informasi yang lebih lengkap soal anime-manga, film, game, dan gadget, yuk gabung komunitas Warga Duniaku lewat link berikut:

Discord: https://bit.ly/WargaDuniaku
Tele: https://t.me/WargaDuniaku

Baca Juga: Hubungan Tok Dalang dengan Opah di Upin & Ipin Apa Sih? Ini Situasinya