5 Fakta Rumah Susun Pengabdi Setan, Sangat Horor!

Berani mendatanginya?

5 Fakta Rumah Susun Pengabdi Setan, Sangat Horor!

Pencarian lokasi syuting untuk film Pengabdi Setan 2: Communion memiliki kisah cukup menarik. Joko Anwar menjelaskan dalam sebuah podcast berjudul HAHAHA TV bersama Ernest Prakasa, bahwa penemuan rumah susun untuk syuting ini cukup menyulitkan.

Joko Anwar mencari rumah susun yang dapat dipakai 1,5 bulan, hingga pada akhirnya ia menemukan rumah susun di wilayah Jakarta Timur yang tidak pernah ditempati sama sekali! Penasaran dengan fakta rumah susun Pengabdi Setan? Simak selengkapnya.

1. Tidak pernah ditempati selama 15 tahun

Rumah susun yang digunakan sebagai lokasi syuting Pengabdi Setan 2: Communion merupakan Rusunami (Rumah Susun Sederhana Milik) yang dibangun pada tahun 2007 dan terbengkalai sejak 2008. Rusun ini berlokas di perbatasan Bekasi dan Jakarta Timur.

Joko Anwar menjelaskan, penemuan lokasi syuting tersebut ia dapatkan dari salah satu followersnya di Twitter, bernama Gabriella. Sejak dibangun, rusun tersebut sama sekali tidak pernah dihuni.

2. Konstruksi bangunannya banyak yang belum selesai

5 Fakta Rumah Susun Pengabdi Setan, Sangat Horor!Pengabdi Setan (Rapi Films/Pengabdi Setan)

Dalam proses syuting Pengabdi Setan 2, terdapat beberapa bagian rusun yang memiliki konstruksi kurang sempurna. Joko Anwar dan tim memperbaiki sejumlah bagian rusun agar layak dipakai syuting.

Perbaikan ini berupa konstruksi dinding dan juga pembuatan lift. Pada awalnya, rusun ini masih belum memiliki lift.

3. Tidak memiliki penerangan lampu sama sekali!

5 Fakta Rumah Susun Pengabdi Setan, Sangat Horor!Pengabdi Setan (Rapi Films/Pengabdi Setan)

Rusun yang dipakai sebagai setting tempat Pengabdi Setan 2 ini belum memiliki penerangan sama sekali. Suasana mencekam tentunya membuat para pemain dan kru cukup bergidik merinding.

Suasana ini dipertahankan oleh Joko Anwar, sehingga para aktor benar-benar memerankan adegan secara natural tanpa berpura-pura untuk akting ketakutan.

Pembawaan lilin dan senter benar-benar menggunakan cahaya minim agar adegan dalam film semakin mencekam.

 

Baca Juga: 5 Fakta Ibu Pengabdi Setan, Sangat Menyeramkan!

4. Berhasil membuat para pemain ketakutan saat syuting

5 Fakta Rumah Susun Pengabdi Setan, Sangat Horor!Sosok Ibu dan pocong di belakangnya ( Dok. Rapi Films / Pengabdi Setan 2 )

Gelapnya latar tempat tersebut dengan pencahayaan yang minim tentunya berhasil membuat para pemain ketakutan. Salah satu pemain, yakni Ratu Felisha, merasakan suasana mencekam saat harus syuting berlari di salah satu bagian tangga rusun.

Ia menjelaskan bahwa di adegan tersebut, Feli harus ditemani orang lain saat take adegan karena benar-benar gelap dan sepi. 

5. Satu lantai direndam dengan 25 tangki air saat syuting Pengabdi Setan 2

5 Fakta Rumah Susun Pengabdi Setan, Sangat Horor!Pengabdi Setan (Rapi Films/Pengabdi Setan)

Fakta unik berikutnya dijelaskan oleh Joko Anwar, Sang Sutradara. Ia menjelaskan bahwa satu lantai apartemen tersebut benar-benar direndam oleh 25 tangki air tanpa CGI, lho!

Seluruh adegan termasuk latar tempat ini dibuat natural dengan hasil yang memukau. Apakah kamu sudah menonton filmnya?

Nah, itu dia beberapa fakta rumah susun Pengabdi Setan yang tidak pernah ditempati selama 15 tahun. Sangat menyeramkan, ya!

Baca Juga: 6 Fakta Ayu Laksmi, Sang Ibu Pengabdi Setan

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU