10 Fakta Dream The Sandman, Sang Raja Mimpi yang Bersikap Dingin

Salah satu anggota entitas abadi kehidupan The Endless

10 Fakta Dream The Sandman, Sang Raja Mimpi yang Bersikap Dingin

Dream merupakan karakter utama dalam seri buku komik The Sandman yang dirilis oleh DC Comics pada tahun 1989 dan ditulis oleh Neil Gaiman. Buku ini pernah menjadi novel grafis yang ada di "The New York Times Best Seller".

Berkat kepopulerannya, buku The Sandman kemudian diangkat menjadi series di platform streaming Netflix. Setiap episodenya mengandung kisah menarik dari sosok Dream, The King of Dream from The Endless.

Ingin mengetahui fakta Dream The Sandman? Berikut beberapa fakta menariknya.

1. The King of Dream atau Raja Mimpi

Dream merupakan salah satu makhluk The Endless yang memiliki tugas untuk mengendalikan mimpi baik, mimpi buruk, dan insomnia segala makhluk hidup.

Ia memiliki beberapa kekuatan yang cukup memukau, yakni keabadian, kesadaran kosmis, perjalanan antardimensi, dan juga dream conjuring yang mampu memanggil mimpi dan ide ke dalam pikiran orang lain yang sedang bermimpi.

Selain itu, ia juga bisa berubah bentuk menjadi makhluk lainnya, telekinesis, dan kekuatan manusia super lainnya.

2. Pernah dipenjara oleh penyihir ilmu hitam

Dream pernah dipenjara oleh penyihir ilmu hitam bernama Roderick Burgess. Ia ditangkap karena kesalahan yang dilakukan oleh sekelompok okultis ilmu hitam tersebut. Pada awalnya mereka ingin memanggil Death, tetapi malah Dream yang terpanggil dari ritual tersebut.

Setelah lebih dari satu abad, Dream behasil lolos, dan mencoba untuk mendapatkan kembali segala kekuatan yang pernah ia miliki sebelumnya sebagai The King of Dream.

3. Salah satu anggota The Endless

10 Fakta Dream The Sandman, Sang Raja Mimpi yang Bersikap DinginThe Sandman (dok. DC Comics)

The Endless merupakan personifikasi antromorfik yang termasuk ke dalam tujuh entitas metafisik penting dalam kehidupan, yakni Destiny, Death, Desire, Dream, Despair, Delirium, dan Destruction.

Dalam serial, kita akan melihat sosok Death, Despair, dan Desire di season pertama. Untuk saudara Dream yang lainnya, kamu akan melihatnya pada season berikutnya.

Baca Juga: Sinopsis The Sandman, Serial Netflix Terbaru Adaptasi Komik DC

4. Memiliki banyak nama

Dream muncul sebagai entitas penting di kehidupan saat makhluk hidup pertama lahir di alam semesta dan mampu bermimpi. Selama kehidupan tersebut, ia memiliki banyak nama, yakni Morpheus, Kai'ckul, Sandman, dan Oneiros.

Sosok Dream memiliki tugas untuk mengawasi, memengaruhi mimpi, hingga alam semesta berakhir.

5. Selalu memakai tiga peralatan untuk kekuatannya

Saat menjadi The King of Dream, ia perlu menggunakan ketiga peralatannya agar bisa menggunakan kekuatannya secara maksimal. Peralatan yang ia gunakan, yakni kantung berisi pasir, kalung ruby, dan juga sebuah topeng.

Ketika perlengkapannya hilang, Dream tidak bisa menggunakan kekuatannya secara maksimal. Orang-orang yang memakai perlengkapan tersebut malah menyalahgunakan alat tersebut, hingga akhirnya Dream berhasil merebutnya kembali.

6. Pernah berduel dengan Lucifer Morningstar

Dream pernah berduel dengan Lucifer Morningstar, sang penguasa neraka. Duel tersebut dilakukan pada saat Dream ingin mengambil topengnya yang ada pada salah satu iblis tersebut.

Pertarungan tersebut dimenangkan oleh Dream. Ia mendapatkan topengnya kembali, tetapi Morningstar malah memberikan sedikit ancaman kepada Dream.

Baca Juga: Rekomendasi 7 Film Horor Terbaik di Netflix, Menegangkan!

7. Sering ditemani burung gagak

Sosok Dream sering kali ditemani oleh burung gagak ke mana pun ia akan pergi. Awalnya, ia ditemani oleh burung gagak bernama Jessamy, tetapi burung tersebut mati ditembak oleh anak dari Roderick Burgess.

Kemudian, Vivienne sang pustakawan di The Dreaming, mengirim burung gagak lainnya bernama Matthew yang dapat berbicara demi menjadi pendamping sekaligus teman untuk sosok Dream saat kembali ke bumi.

8. Mempunyai kastil The Dreaming

Setiap The Endless memiliki kerajaan atau alamnya masing-masing. Dream memiliki kastil bernama The Dreaming yang memiliki dua buah gerbang.

Kastil ini dijaga oleh tiga penjaga gerbang, Hippogriff, Griffin, dan Wyvern. Istana Dream sangat megah dan bagus, tetapi istana ini perlahan hancur saat Dream dikurung selama lebih dari satu abad oleh Roderick Burgess di rumahnya.

9. Dapat berubah penampilan sesuai entitas yang melihatnya

Penampilan Dream dapat berubah sesuai entitas atau makhluk yang melihatnya. Dalam kondisi normal, ia memiliki tubuh yang kurus, warna kulit yang putih, dan rambut yang acak-acakan.

Namun, Dream dapat berubah menjadi kucing hitam raksasa, menjadi bentuk alien tengkorak, menjadi Kai'ckul, bahkan ia juga dapat menjadi roh rubah ketika berbicara dengan orang lain. Ia sengaja berubah agar penampilannya tidak mencolok.

10. Sosok yang dingin dan kaku

Sebagai The King of Dream, ia masih memiliki kekurangan. Dream merupakan orang yang sangat dingin dan kaku. Ia terkadang cukup sulit untuk menanggapi candaan atau sarkasme dari karakter lainnya.

Ia juga memiliki obsesi yang tinggi kepada dirinya sendiri dan sulit untuk memaafkan orang lain. Dengan keenam saudaranya dari The Endless, Dream tidak selalu memiliki hubungan yang baik.

Nah, itu dia beberapa fakta Dream The Sandman, Sang Raja Mimpi anggota The Endless yang pernah dipenjara di dunia selama lebih dari satu abad. Apakah kamu sudah menontonnya?

Baca Juga: Sinopsis The Sea Beast, Animasi Petualangan Terbaru Tayang di Netflix

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU