12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!

Bisa tebak?

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!

DC Comics memiliki banyak karakter superhero dengan kekuatan menakjubkan yang membuat hal tidak mungkin menjadi kenyataan. Beberapa karakter tersebut digambarkan sebagai dewa kosmik atau alien yang berasal dari luar Bumi.

Namun dari banyaknya karakter superhero DC, siapakah yang menempati urutan pertama? Berikut kami tampilkan urutan superhero DC terkuat versi komik yang mungkin belum kamu ketahui.

12. Supergirl

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!Supergirl (DC Comics/ Supergirl)

Ada banyak versi Supergirl selama bertahun-tahun, namun tidak ada yang lebih terkenal dibanding Kara Zor-El yang merupakan sepupu dari Superman.

Ia juga berasal dari Krypton yang sempat mati suri saat tiba di Bumi, namun berhasil kembali hidup berkat menyerap satu ton radiasi matahari. Dengan kekuatannya yang luar biasa, Supergirl bahkan bisa mengalahkan Superman jika sepupunya tersebut tidak hati-hati.

11. Power Girl

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!Power Girl (DC Comics/ Power Girl)

Power Girl merupakan sepupu Superman dari alam semesta alternatif yang juga memiliki semua kekuatan Kryptonian. Pada dasarnya ia sama seperti Supergirl, hanya saja ia lebih tua dan lebih kuat.

Kekuatannya mampu diadu dengan penjahat kuat DC seperti Darkseid, Magog dan Solomon Grundy.

Baca Juga: 6 Fakta Wonder Woman, Superhero Perempuan DC yang Sangat Kuat

10. Wonder Woman

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!DC Comics

Wonder Woman kerap terasa sebagai superhero perempuan terkuat di DC.

Wonder Woman bukan hanya kuat. Dia juga Amazon yang sangat terlatih dalam bertempur.

Wonder Woman pun bisa saja melampaui Kryptonian seperti Supergirl dalam pertarungan. 

Ada momen di komik dimana Wonder Woman bisa menjerat Supergirl dengan lasso miliknya. Wonder Woman lalu bilang kalau dia dan Supergirl seimbang dalam kekuatan dan kecepatan, tapi tidak dalam segi pengalaman. Wonder Woman mengungguli Supergirl soal itu. 

Kombinasi kekuatan super Wonder Woman dan kemampuan tempurnya juga membuat dia salah satu anggota Justice League paling bisa diandalkan, dalam berbagai situasi. 

9. Orion

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!Orion (DC Comics/ Orion)

Karakter satu ini merupakan putra kandung dari Darkseid sehingga mewarisi beberapa kekuatan dahsyat milik ayahnya. Dia digambarkan sebagai New God yang dapat membahayakan Darkseid. Bahkan, dalam komiknya Orion berhasil memenangi pertarungan melawan ayahnya sendiri dengan merobek jantungnya.

8. Billy Batson/ Shazam

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!Shazam (Dc Comics/ Shazam)

Billy Batson mampu berubah menjadi pahlawan magis bernama Shazam hanya dengan mengucapkan kata ajaibnya. Shazam sendiri secara teknis tidak sekuat Superman, namun sihirnya mampu untuk mengalahkan lawan-lawannya. Ia bahkan diceritakan bisa mengalahkan musuh kuat seperti Black Adan, Hercules dan The Spectre.

7. Black Adam

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!Black Adam (DC Comics/ Black Adam)

Mirip dengan Billy Batson, Teth-Adam yang merupakan seorang budak Mesir juga mendapat kekuatan dahsyat dari seorang penyihir. Ia dijuluki Black Adam dan muncul pertama kali sebagai penjahat.

Meski begitu, ada momen dimana Black Adam menjadi hero. Dia bahkan pernah jadi anggota Justice League. 

6. Martian Manhunter

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!Martian Manhunter (DC Comics/ Martian Manhunter)

Karakter satu merupakan salah satu anggota Justice League dan dijuluki sebagai Martian Manhunter. J’onn J’onnz memiliki kekuatan luar biasa yang dibuktikan saat ia mampu melawan seluruh kekuatan satu timnya. Bahkan tidak sedikit yang menilai bahwa ia memiliki kekuatan setara dengan Man of Steel.

5. Captain Atom

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!Captain Atom (DC Comics/ Captain Atom)

Berkat eksperimen pemerintah, Nathaniel Adam diubah menjadi Captain Atom yang memiliki kekuatan dahsyat. Kekuatan dan daya tahan Captain Atom bahkan ditingkatkan dengan dipakaikannya baju besi Quantum. Baju tersebut mampu menyerap energi kuantum tambahan sehingga ia dapat meningkatkan kekuatan fisiknya.

4. Damage

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!Damage (DC Comics/ Damage)

Super-soldier yang dinamai Damage ini disebut memiliki kekuatan hampir seperti Superman. Karakter ini merupakan ciptaan dari pihak militer untuk merubah Ethan Avery menjadi monster raksasa. Namun, perubahannya menjadi monster tersebut terbatas oleh waktu yang hanya satu jam. 

3. Superman

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!revengeofthefans.com

Disebut sebagai superhero terkuat di alam semesta DC, nyatanya Superman hanya menempati urutan ini.

Superman memiliki semua kekuatan luar biasa, namun ia sebenarnya bukan dewa. Walaupun begitu, ia tetap jelas lebih kuat dari pahlawan atau penjahat lain di alam semesta DC.

Sebenarnya, ada beberapa versi Superman. Superman dari era Silver Age mungkin bisa disebut sebagai salah satu yang terkuat, dimana Superman era itu pernah menghancurkan satu tata surya. Untungnya, Super Sneeze ini hanya menghancurkan semesta yang sudah lama mati.

Superman Silver Age juga bisa menggerakkan planet. 

2. Dr. Manhattan

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!Dr. Manhattan. (Dok. DC Comics)

Doctor Manhattan sudah terasa sangat kuat sebagai hero di Watchmen.

Kemudian di event Doomsday Clock kita diperlihatkan jawaban dari pertanyaan fans: "Gimana jadinya kalau Dr. Manhattan melawan hero DC?"

Di dunia Watchmen, yang punya kekuatan super hanya Dr. Manhattan. Gimana kalau dia diadu dengan yang benar-benar punya kemampuan super? 

Ternyata Dr. Manhattan dapat dengan mudah mengalahkan banyak hero DC di Doomsday Clock #9. Power Ring Green Lantern, kekuatan Shazam, sihir dari banyak penyihir hebat DC, kekuatan Supergirl dan Captain Atom, semua tak berguna.  

Yap, beberapa yang dikalahkan Dr. Manhattan di Doomsday Clock adalah nama yang ada di daftar ini. 

Sudah gitu, Dr. Manhattan juga terungkap menyebabkan perubahan besar di dunia DC. Dia ternyata membuat Alan Scott tak bisa meraih lentera hijau yang akan mengubahnya jadi Green Lantern, dan itu berdampak ke tak ada JSA di dunia New 52 DC. 

Dengan aksi-aksi di atas, semasa Doomsday Clock, Dr. Manhattan sebenarnya sempat terasa sebagai villain. Untungnya di akhir dia mengubah sejarah lagi, sehingga Alan Scott hidup dan JSA dapat terbentuk. JSA dan Legion of Super Heroes pun bisa muncul membantu Superman di Doomsday Clock #12

1. The Spectre

12 Superhero DC Terkuat Versi Komik, Nomor 1 Ternyata Bukan Superman!The Spectre (DC Comics/ The Spectre)

Superhero DC terkuat versi komik urutan pertama ditempati oleh The Spectre yang merupakan makhluk kosmik di alam semesta DC. Ia dibekali kemampuan magis dan besar namun membutuhkan inang manusia untuk membuatnya terkendali. 

Kekuatan Spectre bahkan menonjol dalam crossover antara DC dan Marvel.

Di Marvel Vs DC, sementara dari sisi Marvel entitas kosmik yang disorot adalah Living Tribunal (yang awamnya digambarkan sebagai salah satu entitas kosmik terkuat di Marvel), dari sisi DC yang disorot adalah Spectre. Dalam situasi begitu, terasa sekali kekuatan Spectre memang di atas hero awam DC seperti Superman. 

Itulah 12 superhero terkuat DC versi komik yang wajib kamu ketahui. Ada karakter favoritmu?

Baca Juga: 9 Fakta Green Lantern, Pahlawan DC dengan Senjata yang Sangat Kuat

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU