TUTUP

Teori: Kaido Akan Mengakui Luffy Sebagai Joy Boy di One Piece?

Ada gelagat kalau Kaido selama ini juga menunggu Joy Boy

Joy Boy adalah sosok legendaris di One Piece yang sudah lama bikin penasaran. Kita tahu kalau sosok seperti Roger dan Oden mengetahui sosok itu. 

Nah ada tanda-tanda Kaido juga mengetahui Joy Boy, dan bahkan mungkin menantikan kemunculan Joy Boy juga. 

Mungkinkah Kaido akan mengakui Luffy sebagai Joy Boy? Ini situasinya! 

1. Kaido mengetahui Joy Boy

Wujud naga Kaido. Dok. Toei Animation

Kaido mengetahui Joy Boy. Ini sudah terlihat dari beberapa bab sebelumnya.

Di bab 1014, Kaido mengomentari kalau Luffy yang jatuh ke laut tidak mungkin Joy Boy. 

Lalu ada juga dialog masa lalu King dan Kaido di bab 1036. Kaido tertawa mendengar King menganggap dia adalah Joy Boy. Kaido juga bertanya apa dunia yang ingin ia ciptakan adalah dunia yang King inginkan.

Tidak diketahui pasti bagaimana dan sejak kapan si Kaido mengetahui Joy Boy. Namun dia tampaknya memang tahu Joy Boy, dan ada indikasi kalau dia tahu dirinya bukanlah Joy Boy.

Komentar Kaido pada Luffy yang jatuh ke laut di bab 1014, terutama, seperti mengindikasikan Kaido juga tidak menganggap dirinya sebagai Joy Boy. 

Ada teori fans menarik kalau Kaido jadi depresi setelah mengetahui dia bukan Joy Boy, jadi dia menunggu Joy Boy baru di Wano. Setelah pengungkapan-pengungkapan di bab 1014 dan 1036, saya curiga kalau teori itu bisa jadi benar. 

Baca Juga: Teori: Sekuat Apa CP0 di One Piece? Apakah Melampaui Tobi Roppo?

2. Respek Kaido pada Luffy semakin meningkat?

Kaido dan Luffy di bab 1011. (Dok. Shueisha)

Ada fans yang menyadari kalau mata Kaido biasanya antara memperlihatkan sorot jahat, tidak menunjukkan semangat, atau tertutup bayangan. Bagian tertutup bayangan ini terlihat di bab 1011, saat Kaido sepertinya mulai tertarik dengan kekuatan Luffy namun masih ada efek bayangan di matanya. 

Ini situasinya beda dari Kaido muda di kilas balik King di bab 1035, dimana sorot mata Kaido terlihat lebih jernih dan bersemangat.

Reaksi Kaido di bab 1014, dimana ia terlihat sedih si Luffy kalah, seperti menandakan kalau Luffy sempat membuat Kaido terhibur, tapi berujung mengecewakannya. 

Lalu di bab 1036, setelah Kaido dan Luffy baku hantam, kamu bisa lihat Kaido dan Luffy tampak bersemangat. Mata Kaido di bab 1036, terutama, gak lagi punya efek bayangan seperti di bab 1011. Matanya jadi terlihat jernih.

Ini seperti menunjukkan kalau semangat Kaido kembali. Bisa jadi, dia akan menganggap Luffy sebagai musuh yang sudah dia tunggu-tunggu. 

3. Apakah Kaido sudah mencurigai Luffy bisa jadi Joy Boy?

mangaplus.shueisha.co.jp/One Piece

Saya rasa, memang ada tanda-tanda Kaido mencurigai Luffy adalah Joy Boy.

Ada satu adegan di bab 1011 yang menarik minat saya. Kaido menyorot kalau Luffy seperti menikmati pertarungan, dan semakin tinggi risikonya semakin dia tersenyum.

Melihat kemudian Kaido menyeringai, bisa jadi itu adalah ciri-ciri yang sudah ia cari dari orang-orang yang ia lawan. 

Ini membuat kekecewaan Kaido di bab 1014 semakin masuk akal. Kaido sudah sempat mengira Luffy mungkin Joy Boy, tapi kemudian Luffy kalah. Ini cocok dengan ucapan Kaido juga di bab itu, kalau Luffy bukan Joy Boy. 

Tapi sekarang Luffy kembali, dan Kaido kembali tersenyum di bab 1036. Bisa jadi, Kaido akan semakin merasa Luffy memang Joy Boy. 

Terutama kalau Luffy bisa semakin melukai Kaido.

4. Gimana jadinya kalau Kaido memang yakin Luffy adalah Joy Boy?

funimation.com/One Piece

Kita misalkan kalau Kaido memang menunggu Joy Boy.

Kalau dilihat dari bab 1035, tampaknya mimpi Kaido adalah mengubah dunia. Kaido di masa lalu sempat sangat yakin hanya dia yang bisa mengubahnya.

Bila Kaido menyadari dirinya bukan Joy Boy, maka ia mungkin akan menyadari bukan dia yang bisa mengubah dunia.

Jadi kalau Luffy adalah Joy Boy, Kaido mungkin akan menyerahkan mimpi dia dan King untuk mengubah dunia ke Luffy.

Apa setelah itu Kaido akan menjadi bagian aliansi besar Luffy? Rasanya sih tidak. 

Saya merasa ada beberapa kemungkinan nasib Kaido kemudian:

Pertama, dia akan melawan Luffy hingga titik darah terakhir. Dia baru akan menyerahkan mimpinya ini setelah Luffy menang. Baru setelah itu dia yakin Luffy adalah Joy Boy.

Kedua, Kaido mungkin akan menggunakan sisa energinya, dan bahkan mengorbankan nyawanya, untuk membantu sosok yang ia anggap Joy Boy baru dari ancaman yang siap mengincarnya.

Kita tahu kalau Pemerintah Dunia sudah bersiap-siap menyerbu Wano kalau Kaido kalah. Saya kok jadi melihat ada kemungkinan Kaido akan menggunakan energi terakhirnya untuk mengatasi kaki tangan Pemerintah Dunia tersebut, sehingga kemudian Wano untuk sementara akan aman.

Dia bisa melakukannya, misalnya, dengan membawa sisa-sisa Onigashima ke kapal Pemerintah Dunia, biar sisa-sisa Onigashima itu lalu rontok di atas armada tersebut. 

Kaido diperkenalkan hobi mencoba mengakhiri hidupnya sendiri. Akan unik kalau Kaido kemudian akhirnya mati bukan karena dia iseng, tapi karena dia mengorbankan nyawa untuk orang yang ia akui sebagai Joy Boy. 

Nah, itu teori saya soal Kaido akan mengakui Kaido sebagai Joy Boy di One Piece.

Gimana menurut kamu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Teori: 12 Misteri One Piece yang Mungkin Bakal Terjawab di Tahun 2022