Mengenal Berbagai Jenis Meito, Pedang Legendaris One Piece!

Inilah berbagai jenis Meito di dunia One Piece!

Mengenal Berbagai Jenis Meito, Pedang Legendaris One Piece!

Di dunia One Piece pendekar pedang atau samurai sama sekali tidak bisa diremehkan. Di tangan orang yang tepat, sebilah pedang bisa digunakan untuk menghancurkan satu armada kapal. Shanks, salah satu kaisar lautan penguasa New World, juga bertarung hanya mengandalkan pedang dan Haki

Nah, di antara banyak pedang di dunia One Piece, ada beberapa pedang yang berstatus Meito, atau bisa disebut pedang ternama. Meito ini terbagi menjadi empat kategori. Apa saja? 

1. 12 Saijo O Wazamono

Mengenal Berbagai Jenis Meito, Pedang Legendaris One Piece!onepiece-treasurecruise.com

Saijo O Wazamono adalah pedang dengan kualitas tertinggi. Berjumlah 12 pedang, baru tiga pedang saja yang sudah diperkenalkan.

Yoru

Yoru adalah salah satu pedang terkuat di dunia. Dimiliki oleh Dracule Mihawk, pedang ini memiliki panjang sekitar 7 kaki, lebih tinggi dari Mihawk sendiri. Pedang berwarna hitam ini memiliki gagang seperti salib, membuatnya terlihat seperti salib hitam besar. 

Digabungkan dengan keahlian Mihawk, Yoru memiliki daya hancur yang luar biasa. Seperti saat menghancurkan kapal Don Krieg dengan hanya sekali tebas. Selain itu, Yoru juga bisa dengan mudah memotong gunung es dari jarak jauh, seperti yang diperlihatkan di perang Marineford.

Shodai Kitetsu

Shodai Kitetsu disebut sebagai salah satu pedang terkutuk, sama seperti pedang lainnya yang dibuat oleh Kitetsu. Sangat sedikit yang diketahui tentang Shodai Kitetsu. Tapi, sebagai salah satu dari Saijo O Wazamono, tentunya pedang ini sangat kuat dan mungkin setara dengan Yoru milik Mihawk. Dari spekulasi yang beredar, Shodai Kitetsu ini dimiliki oleh salah satu Gorosei.

Murakumogiri

Yang unik adalah, Murakumogiri milik Whitebeard ini bukan pedang. Ini adalah tombak besar! Kekuatannya sih luar biasa. Murakumogiri sempat menyebabkan langit belah saat beradu dengan Gryphon milik Shanks.

Baca Juga: [One Piece] Dari yang Resmi, Ini 13 Pengguna Haoshoku Haki Terkuat!

2. 21 O Wazamono

Mengenal Berbagai Jenis Meito, Pedang Legendaris One Piece!viz.com/One Piece

Kualitas 21 O Wazamono berada satu tingkat di bawah Saijo O Wazamono. Saat ini ada lima pedang yang telah terungkap. Uniknya, dua pedang yang baru terungkap pernah digunakan oleh Kozuki Oden. 

Nidai Kitetsu

Sama seperti Shodai Kitetsu, pedang ini juga dibuat oleh Kitetsu dan disebut-sebut sebagai pedang terkutuk juga. Tergabung dengan 21 O Wazamono, sudah dapat dipastikan pedang ini cukup kuat, dan hanya kalah dari Saijo O Wazamono. 

Wado Ichimonji

Salah satu dari tiga pedang milik Roronoa Zoro, pedang ini sangat penting baginya. Pedang ini dulunya dimiliki oleh Kuina, teman dan saingan masa kecilnya, dan merupakan pedang keluarga Kuina.  

Pada saat kematian Kuina, Zoro meminta pedang ini kepada ayah Kuina. Sebagai salah satu pedang terbaik di dunia, Wado Ichimonji adalah pedang yang hebat jika digunakan oleh pendekar pedang yang kompeten. 

Ketahanan pedang ini juga cukup baik, ketika Zoro melawan Mihawk, dua dari tiga pedang Zoro hancur saat beradu dengan Yoru. Hanya Wado Ichimonji yang tidak hancur.

Sebelum timeskip, Zoro biasanya menggunakan pedang ini bila ia menggunakan jurus satu pedang, tapi setelah timeskip Zoro lebih memilih Shusui. Saat bertarung dengan tiga pedang, Wado Ichimonji digigit Zoro.

Shusui

Ini adalah pedang Zoro yang dia dapatkan setelah mengalahkan samurai legendaris Ryuma. Shusui bisa disebut merupakan harta negara Wano. Setelah kematian Ryuma pedang ini dikubur bersamanya, sampai kuburannya di bongkar oleh Gecko Moria. 

Pedang Shusui berwarna hitam, sama seperti Yoru. Zoro mengatakan kelebihan Shusui ada di daya tahan pedangnya, yang walaupun diinjak dinosaurus. pedang ini tidak akan bengkok sedikitpun. Shusui merupakan pengganti Yubashiri, pedang Zoro yang hancur saat melarikan diri dari Enies Lobby. 

Zoro harus mengembalikan Shusui di alur Wano. 

Enma

Pedang yang diberikan Kozuki Hiyori sebagai pengganti Shusui. Enma adalah pedang repot, yang memaksa mengerahkan Haki penggunanya. Orang biasa bisa kering jika menggunakan Enma.

Bila tak dikendalikan, Enma juga bisa menyebabkan serangan lebih kuat dari seharusnya. Zoro memotong tebing karena pedang ini berlebihan mengeluarkan kekuatan.

Enma sendiri adalah satu-satunya pedang yang mampu menorehkan luka di tubuh Kaido, yang bekasnya tidak hilang sampai sekarang. 

Ame no Habakiri

Ame no Habakiri adalah pedang lain yang pernah dimiliki Kozuki Oden. Oden menggunakan Ame no Habakiri dan Enma sekaligus.

Sementara Enma diwariskan ke Hiyori, Ame no Habakiri dia wariskan ke Momonosuke. Tapi Momonosuke belum berani menggunakan pedang ini. 

3. 50 Ryo Wazamono

Kualitas pedang di golongan Ryo Wazamono setingkat lebih rendah dari O Wazamono. Baru ada tiga pedang dari golongan ini yang diperlihatkan, salah satunya sudah dihancurkan oleh Shu dari angkatan laut di Enies Lobby

Kashu

Pedang ini dulunya milik agen Baroque Works, Mr. 11. Setelah kalah melawan Tashigi, pedang ini menjadi milik Tashigi. Tidak banyak yang diketahui tentang pedang ini, selain tergolong Ryo Wazamono. Soalnya Tashigi masih mengandalkan pedang Shigure miliknya. 

Yubashiri

Pedang milik Zoro yang sudah hancur. Yubashiri dulunya adalah milik Ippon-Matsu, yang diberikan kepada Zoro setelah keberaniannya mengetes pedang terkutuk Sandai Kitetsu. Yubashiri adalah pedang yang sangat ringan, kuat, dan Zoro menyebutnya subuah pedang yang bagus setelah merasakan bagaimana mudahnya menggunakan pedang ini. Bersama Sandai Kitetsu, Yubashiri adalah pilihan Zoro saat menggunakan mode Nitoryu. 

Yamaoroshi

Yamaoroshi adalah pedang yang direbut oleh Tashigi setelah dia mengalahkan Billy the Orca Killer. Tashigi belum diperlihatkan menggunakan pedang ini. Kekuatan pedang Yamaoroshi belum diketahui, tetapi saat masih digunakan oleh Billy, dia mengklaim bisa memotong paus pembunuh dengan sekali tebas dengan pedang ini.

4. Wazamono

Mengenal Berbagai Jenis Meito, Pedang Legendaris One Piece!imdb.com

Jumlah dari Wazamono ini tidak diketahui. Wazamono adalah pedang tajam dan merupakan tingkat paling rendah untuk "pedang bernama." Meski golongan terbawah, kualitas pedang yang terungkap dari golongan ini tetap kuat dan tahan lama juga. 

Shigure

Pedang ini dimiliki oleh Tashigi. Hanya sedikit yang diketahui tentang Shigure. Yang jelas pedang ini merupakan pedang yang kuat, terlihat pada saat Tashigi menahan bola meriam dan membelokannya. Tashigi sendiri tidak tergoda ganti senjata meski di koleksinya dia punya pedang dari golongan 50 Ryo Wazamono

Sandai Kitetsu

Sandai Kitetsu, seperti pedang Kitetsu lainnya, dikatakan sebagai pedang terkutuk. Zoro mengambil pedang ini dari rak pedang murah di Loguetown setelah merasakan kualitasnya.

Pemilik dari toko ini, Ippon-Matsu, tidak berniat untuk membiarkan Zoro membeli pedang ini, mengatakan kalau Sandai Kitetsu memiliki kutukan. Zoro menyukai pedang ini dan memutuskan untuk mengetes keberuntungannya.

Dia melempar Sandai Kitetsu ke atas dan mengulurkan tangannya, merelakan tangannya terpotong. Keberuntungan Zoro menang, dan pedang itu berputar tidak mengenai tangannya. Karena keberuntungannya ini, Ippon-Matsu kemudian memberikan Sandai Kitetsu (dan Yubashiri) kepada Zoro.

Selain semua pedang itu, masih ada pedang lainnya yang merupakan Meito, tapi tingkatnya  masih belum diketahui. Pedang itu adalah Gryphon milik Shanks, Durandal milik Cavendish, dan Kikoku milik Trafalgar Law.

Nah itulah berbagai jenis Meito, yang merupakan pedang legendaris di dunia One Piece. Bagaimana pendapat kalian? 

Baca Juga: One Piece: Ini 7 Hal Menarik dari Pedang Wado Ichimonji Zoro!

Artikel terkait

Latest