Perbandingan Kekuatan Naruto-Kurama dengan Boruto-Momoshiki

Kuatan siapa sih?

Perbandingan Kekuatan Naruto-Kurama dengan Boruto-Momoshiki

Boruto memiliki fase yang sama seperti Naruto kecil saat ini.

Di dalam tubuhnya ada kekuatan yang besar, namun berpotensi bahaya bagi dia dan orang-orang dekatnya. 

Kekuatan tersebut datang dari Momoshiki untuk Boruto sedangkan Kurama untuk Naruto, tapi seperti apa sih perbedaan kekuatan mereka?

1. Kalau tidak terkendali, yang satu kalem yang satu liar

Perbandingan Kekuatan Naruto-Kurama dengan Boruto-Momoshikiberbagai sumber

Naruto dan Boruto sama-sama pernah ada di fase tidak bisa mengendalikan tubuhnya sendiri sedangkan tubuhnya dikendalikan oleh "dia" yang ada di dalamnya.

Ketika Naruto dikendalikan Kurama dulu, Naruto masuk ke fase jubah chakra versi kedua dari ekor empat hingga seterusnya yang membuat Naruto jadi liar dan menyerang dengan membabi buta siapapun dia, termasuk kawan sendiri.

Ini terjadi karena Kurama saat itu memang sedang mengamuk dan murka. 

Bedanya Boruto saat dikendalikan tubuhnya oleh Momoshiki dia masih tenang dan tidak menjadi liar (sesuai kepribadian Momoshiki).

Meski begitu, Momoshiki ini tetap penjahat. Saat menghadapi Boro, dia mengeksekusi anggota Kara itu dengan darah dingin.

Terus ada pula momen dimana dia sekalian menusuk Rinnegan Sasuke setelah pertarungan lawan Isshiki. Lalu menghadapi Sasuke dan Kawaki pula. 

Jadi kalau misalnya suatu hari nanti Momoshiki ingin menghabisi teman-teman Boruto, situasinya bisa bahaya. 

2. Momoshiki kekuatan fisik, kecepatan, dan pengalaman tempur, sedangkan Kurama teknik dan kecepatan

Perbandingan Kekuatan Naruto-Kurama dengan Boruto-Momoshikiberbagai sumber

Di kasus Naruto, ketika Kurama sudah sampai ekor enam dalam versi kedua, dia menggunakan teknik bertarung yang baik bahkan Naruto yang tidak terkendali itu berpikir untuk mencoba menghancurkan inti Chibaku Tensei yang ternyata memang kelemahan jutsu ini.

Sementara itu Momoshiki memberi peningkatan kekuatan fisik dan kecepatan, namun ada satu lagi yang diberikan dia: pengalaman tempur Otsutsuki.

Menurut Code, kelebihan utama pengguna Karma adalah orang yang menguasai segel ini tubuh dan pikirannya bisa dilapisi pengalaman tempur ribuan tahun Otsutsuki. Jadi siapapun bisa instan menjadi pejuang yang sangat tangguh. 

Keduanya sama-sama meningkat dalam sisi kecepatan dan chakra dari tubuh Naruto dan Boruto aslinya.

Baca Juga: Boruto Kerasukan Momoshiki, Apakah Naruto Kerasukan Asura?

3. Momoshiki menyerap chakra, Kurama punya chakra yang besar

Perbandingan Kekuatan Naruto-Kurama dengan Boruto-Momoshikiberbagai sumber

Lahir dari Kaguya, Pohon Chakra, dan Ekor Sepuluh jelas Kurama punya pasokan chakra yang teramat besar bahkan dengan istirahat sebentar dia bisa mengembalikan chakra yang sudah habis dalam jumlah besar.

Di sisi lain, Otsutsuki dikonfirmasi tidak memiliki chakra yang besar karena itu mereka membutuhkan Pohon Chakra dan juga chakra milik orang lain.

Sejauh ini, Boruto juga tidak ada tanda-tanda mendapat peningkatan chakra meski memiliki Momoshiki di dalam dirinya. Chakra Boruto yang biasa saja ini sudah dikomentari Kakashi di alur Kara Actuation padahal saat itu Boruto sudah jadi wadah dari Momoshiki. 

Untungnya Otsutsuki terutama Momoshiki punya kemampuan menyerap chakra yang sangat hebat. Momoshiki yang menguasai Boruto bahkan menggunakan kekuatan ini untuk menyerap chakra dari tubuh Naruto yang sedang tak sadarkan diri. 

Uniknya? Momoshiki itu bisa membajak tubuh Boruto kalau si Boruto sudah mengerahkan terlalu banyak chakra. Jadi kalau Momoshiki ingin mengendalikan Boruto lebih lama, dia bisa jadi malah akan menghindari menyerap chakra

4. Boruto berubah dalam bentuk fisik sedangkan Naruto dalam bentuk chakra

Perbandingan Kekuatan Naruto-Kurama dengan Boruto-Momoshikiberbagai sumber

Ketika Kurama mengambil alih atau bahkan memberikan kekuatannya untuk Naruto, tubuh asli Naruto tidak terpengaruh secara drastis.

Di sini hanya Naruto yang menggunakan jubah chakra (seperti yang disebut Jiraiya) dan tubuh aslinya tertutup jubah chakra ini, bahkan dari semua versi perubahan Jinchuriki Naruto juga menggunakan cara kerja yang sama.

Di sisi lain, Boruto mengalami perubahan fisik ketika Momoshiki mengambil alih. Kepala Boruto mengeluarkan tanduk dan kemungkinan bentuk sempurnanya akan membuat Boruto terlihat seperti Otsutsuki atau bahkan seperti Momoshiki persis.

Perubahan fisik ini tidak terjadi kalau Boruto mengerahkan kekuatan Momoshiki tanpa kehilangan kendali

Nah kamu lebih suka yang mana? Silahkan tulis di kolom komentar, ya.

Cek juga Geek Podcast episode 13, yang membahas soal kekuatan-kekuatan Otsutsuki milik Boruto!

Baca Juga: Mungkinkah Boruto Kerasukan Momoshiki Secara Sempurna di Masa Depan?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU