10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!

Tak bisa dipercaya ini ninja satu!

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!

Kabuto sempat menjadi karakter sentral di anime dan manga Naruto. Bagaimana tidak, dia adalah salah satu orang yang memicu Perang Dunia Ninja Keempat. Membahas fakta Kabuto pasti akan sangat menarik. Ada hal menarik apa saja yang bisa kita bahas di sini? Simak deh 10 fakta Kabuto dari Duniaku Network berikut ini! 10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!

1. Keluarga aslinya tak diketahui

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Kita memang tahu bahwa Kabuto dibesarkan di sebuah panti asuhan, dan Nono Yakushi adalah ibu angkatnya, sehingga dia membawa nama Yakushi dari situ. Masalahnya, keluarga asli dan asal usul utamanya tak pernah diketahui. Dia hanya diketahui ditemukan oleh Nono Yakushi dengan kondisi lupa ingatan dekat sebuah desa yang baru saja dibantai dan dihancurkan.

2. Kacamatanya adalah milik Nono Yakushi

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Membahas fakta Kabuto, pasti tak luput dari kacamata yang ia kenakan, bukan? Yaitu kacamata bulat yang membantu penglihatannya. Bahkan, dia hampir tidak pernah melepaskan kacamata ini (pernah beberapa kali saat dia menjadi jahat), namun berbeda, karena saat dia menjadi Sage Mode saja, yang seharusnya indera di tubuh meningkat, dia masih mengenakan kacamata bulat itu.

Jelas saja, karena kacamata itu memiliki nilai sejarah. Sebelumnya, kacamata itu dimiliki oleh Nono Yakushi, orang yang penting bagi Kabuto, sekaligus ibu angkatnya di panti asuhan.

Baca Juga: Sang Sannin! Ini Dia 10 Fakta Orochimaru yang Harus Kamu Ketahui!

3. Nama Kabuto pun diberikan oleh Nono

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Saat ditemukan, dia tidak ingat apapun, tentu saja termasuk namanya sendiri. Akhirnya, teman-temannya memberikan sebuah helm ksatria khas Jepang, yang disebut sebagai Kabuto di Jepang.

Saat itu dia masih belum memiliki nama, dan Nono Yakushi yang memberikan nama "Kabuto" pada si anak lupa ingatan ini.

4. Pernah gabung dengan kelompok Root untuk membantu panti asuhan

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Saat Orochimaru masih di Konoha, dia bekerja sama dengan Danzo untuk membangun Anbu Root. Fakta mengejutkannya adalah, ternyata Nono Yakushi juga anggota Root, dan bersama anak-anak panti asuhan, dia suka membantu Root dalam hal logistik maupun medis.

Di sini, Orochimaru dan Danzo tertarik dengan beberapa anak termasuk Kabuto, dan dia meminta Nono untuk menyerahkan anak-anak tersebut untuk menjadi ninja Konoha di bawah Danzo.

Secara mengejutkan, Kabuto mau bergabung dengan Orochimaru, dan akhirnya dia bergabung dengan Root. Alasan Kabuto bergabung karena Danzo mengancam bahwa Konoha tidak akan memberikan bantuan dana pada panti asuhan ini jika Nono tidak mau. Kabuto tidak ingin membuat ibu angkat dan teman-temannya sedih dan kesulitan, akhirnya dia mengalah.

5. Loyalitasnya tidak bisa diandalkan

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Sebagai mata-mata yang handal, fakta Kabuto membuktikan bahwa dia sudah pernah menjadi ninja dari seluruh desa besar yang ada di dunia Naruto, yaitu Konoha, Iwa, Suna, Kiri, dan Kumogakure. Dia benar-benar sangat handal karena kelima desa besar ini jelas bukan desa cemen yang mudah dibobol, namun Kabuto membuktikan kebolehannya sebagai mata-mata. Karena hal ini, sifat "tidak setia" dari Kabuto mulai terbentuk. Dia juga pernah menjadi mata-mata dari Sasori, yang mana dia juga mata-mata dari Orochimaru.

6. Dengan tragis membunuh Nono Yakushi

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Kabuto sangat sayang dengan Nono Yakushi, namun fakta yang ini cukup mengejutkan, karena dia ternyata membunuh Nono Yakushi!

Danzo sekali lagi merusak masa kecil seorang anak-anak, dan kali ini adalah Kabuto. Setelah menjadi mata-mata Anbu Root, akhirnya Kabuto mendapatkan misi untuk menjadi ninja Iwagakure.

Di sini dia terkejut karena ada ninja Iwa yang menyerangnya, dan dia mengira bahwa kegiatannya terungkap, namun ternyata bukan! Kabuto membunuh wanita yang menyerangnya itu, dan ternyata itu Nono Yakushi.

Danzo memberikan misi kepada Nono untuk membunuh salah satu ninja Iwa sebagai misi terakhirnya di Root, bersamaan dengan Kabuto yang menjalani misi berbeda di Iwa, keduanya tak tahu satu sama lain. Ternyata Danzo mencuci otak Nono sehingga dia tidak ingat lagi dengan Kabuto di detik-detik terakhirnya.

7. Hampir di seluruh hidupnya, Kabuto adalah seorang pengikut

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!crunchyroll.com/naruto-shippuden

Sebelum terjebak dalam genjutsu tiada akhir, atau Izanami dari Itachi, Kabuto masih krisis identitas, dan diakui oleh Orochimaru dan Kabuto itu sendiri.

Maksudnya di sini, dia sama sekali tidak paham dengan dirinya sendiri, sehingga cenderung mengikuti orang lain.

Ditemukan oleh Nono, dia sudah amnesia dan tidak memiliki identitas hingga diciptakan identitas baru. Puncaknya saat dia membunuh Nono. Shock karena membunuh ibunya sendiri, ditambah ibunya mati dalam kondisi tidak mengingat Kabuto (akibat dicuci otak) membuat Kabuto bingung dengan dirinya sendiri.

Orochimaru menambah buruk keadaan setelah kematian Nono, dengan mengatakan bahwa Kabuto memang memiliki identitas yang tak jelas, dan harus menjadi mata-mata penghianat seumur hidupnya.

Akhirnya Kabuto justru meniru Orochimaru, sampai dia menjadi Sage Mode, dan dengan bangganya dia berkata bahwa tidak hanya meniru Orochimaru, dia kini sudah melebihinya, lalu menghianati Orochimaru, seperti apa yang pria ular itu ajarkan.

8. Sage Mode miliknya tak sempurna, tapi juga bisa berlanjut terus

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!crunchyroll.com/Naruto Shippuden

Meskipun tak sempurna, namun perubahan Sage Mode dari Kabuto bisa terus berlanjut tak henti-henti! Kenapa itu? Kabuto memasukan tiga penelitian Orochimaru yang paling kuat ke dalam tubuhnya sendiri, sehingga tubuhnya kuat tak main-main. Ada kekuatan Suigetsu, Karin, dan Jugo di sana.

Dia bisa menjadi cair seperti Suigetsu, memiliki kemampuan dasar Uzumaki untuk menyembuhkan lukanya sendiri dari Karin, serta memiliki kekuatan Jugo untuk menyerap energi alam. Karena hal itu, dia bisa terus menjadi Sage Mode saat memanfaatkan kemampuan Jugo di dalam tubuhnya.

Meskipun tidak sempurna, namun jika bisa Sage Mode terus-terusan, pasti akan bermanfaat.

Jika kamu penasaran Sage Mode ular dari Gua Ryuchi yang sempunra seperti apa, jawabannya adalah Sage Mode Mitsuki. 

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!comicbook.com

9. Bisa mencapai Sage Mode dengan chakra Orochimaru, padahal Orochimaru tidak bisa belajar Sage Mode

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!anime.stackexchange.com

Ironinya, Orochimaru tidak bisa menjadi Sage Mode karena tubuhnya yang lemah (tubuh barunya, bukan tubuh aslinya), sementara itu Kabuto bisa menjadi Sage Mode karena chakra Orochimaru.

Ketika Sasuke mengalahkan Orochimaru, Kabuto menggunakan tubuh Orochimaru sehingga chakra  mereka bercampur, menjadi lebih besar. Karena hal ini, Kabuto akhirnya bisa berlatih Sage Mode dan dipilih oleh Petapa Ular Putih.

10. Dibiarkan mengurus panti asuhan, bukannya dihukum berat

10 Fakta Kabuto di Naruto, Si Mata-Mata yang Tak Pernah Setia!crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Meskipun memicu Perang Dunia Ninja Keempat, namun Kabuto (sama seperti Orochimaru) tak dihukum atas dosa-dosanya, atau mungkin tidak diketahui.

Satu hal yang pasti, dia bebas dan saat ini mengurus panti asuhan Konoha tempatnya dibesarkan oleh Nono Yakushi, agar semua kenangannya tidak menghilang, dan hidupnya bisa lebih bermanfaat.

Selain itu, karena dia sudah disadarkan lagi dalam Izanami yang membuatnya kembali mengurus panti asuhan ini.

Ada juga dugaan kalau sebenarnya Orochimaru, Kabuto, dan Sasuke, tiga pendosa yang diampuni di Konoha, dibiarkan hidup untuk jaga-jaga kalau terjadi serangan besar ke dunia ninja lagi. 

Itulah 10 fakta Kabuto yang menarik untuk dibahas bukan? Kamu menemuan fakta lain? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar dan bagikan ke teman-temanmu.

Untuk penggemar Naruto, simak juga Geek Podcast episode 13 di mana redaksi duniaku.com membahas kekuatan Otsutsuki milik Boruto Uzumaki!

Baca Juga: Sekutu Gua Ryuchi? 6 Pengguna Ular Terkuat di Naruto hingga Boruto 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU