10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!

Inilah fakta-fakta dari sang ninja genius!

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!

Jika kamu bertanya, siapa Hokage paling genius, jawabannya hanya satu, yaitu Hokage Ketiga! Selengkapnya akan kami ulas dalam fakta Hiruzen Sarutobi di sini.

Hiruzen Sarutobi menjadi Hokage Ketiga, menggantikan Tobirama Senju yang memberikan wasiatnya langsung di medan perang ke pada Hiruzen untuk menggantikan dirinya. Kira-kira, ada apa saja fakta Hiruzen Sarutobi yang menarik untuk dibahas? Simak daftarnya di bawah ini! 

1. Namanya terinspirasi dari Sasuke Sarutobi, ninja legendaris di Jepang

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!naruto.fandom.com

Arti nama dari Hiruzen Sarutobi itu terinspirasi dari Sasuke Sarutobi, seorang ninja yang hadir di legenda Jepang.

Jika kita menarik arti nama lainnya, Sarutobi berarti "Monyet Melompat", dan berkaitan dengan Enma, hewan Kuchiyose yang dimiliki Hiruzen. Selain itu, Tobirama juga memanggil Hiruze "Saru", yang berarti "Monyet".

Hiruzen sendiri adalah nama gunung asli yang ada di Okayama. Hiruzen lahir pada tanggal 8 Februari, yang membuatnya memiliki zodiak Aquarius.

Ada yang ulang tahunnya sama seperti sang Hokage jenius?

2. Nama ayah Hiruzen memang Sasuke Sarutobi. Sasuke Uchiha pun dinamai dari pria itu

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!crunchyroll.com/boruto-naruto-next-generation

Meskipun terinspirasi dari Sasuke Sarutobi, namun ternyata ayah dari Hiruzen adalah Sasuke Sarutobi itu sendiri.

Menurut Mikoto, ibu dari Sasuke Uchiha, ketika dia dan Kushina bertemu sebelum persalinan Kushina, Mikoto mengatakan bahwa nama Sasuke untuk putranya memang diambil dari Sasuke Sarutobi. Harapannya, suatu saat nanti Sasuke Uchiha akan menjadi ninja yang hebat sama seperti Sasuke Sarutobi.

Baca Juga: Ini Nih Peringkat 7 Mata Terkuat di Naruto dan Boruto!

3. Salah satu ninja paling genius dalam sejarah

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!naruto.fandom.com

Saking jeniusnya, dia bahkan sampai dijuluki sebagai profesor selama masa kerjanya.

Jika membahas Hokage jenius, sebenarnya banyak Hokage lain yang juga cerdas, bahkan hampir semuanya. Meskipun begitu, alasan kenapa Hiruzen dijuluki sebagai profesor karena dia menguasai berbagai macam jenis teknik ninja yang pastinya banyak sekali!

Selain itu, kepintaran akademis dari Hiruzen memang tak perlu ditanya, tentu saja masuk dalam fakta Hiruzen Sarutobi yang paling menarik. 

4. Dijuluki dewa Shinobi, seperti Hashirama Senju

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!naruto.fandom.com

Selain profesor, ada satu lagi fakta Hiruzen Sarutobi tentang julukannya. Selain Hashirama, Hiruzen juga adalah ninja yang dijuluki sebagai Dewa Shinobi.

Julukan ini muncul berkaitan dengan poin ketiga di atas. Karena dia menunjukan sesuatu yang berbeda dengan ninja lain di eranya. Dia sangat pintar, bisa menguasai berbagai macam jutsu, lalu dia menjadi Hokage di usia muda.

Ditambah dasarnya dia memang kuat, membuat dia cocok dijuluki sebagai Dewa Shinobi.

5. Statistiknya hampir sempurna

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!naruto.fandom.com

Ini adalah fakta Hiruzen Sarutobi yang harus disorot. Dalam status kekuatan yang ia miliki dari Databook pertama dan kedua, statistiknya semuanya hampir sempurna! Daftarnya adalah:

Ninjutsu: 5/5
Taijutsu: 5/5
Genjutsu: 5/5
Kepintaran: 5/5
Kekuatan: 3/5
Kelincahan: 3/5
Stamina: 3/5
Segel Tangan: 5/5

Sangat-sangat sempurna kan? Statistik itu pun dibuat saat dia sudah tua ketika sudah lama menjadi Hokage, yang berarti kekurangannya di dalam kekuatan, kelincahan, dan stamina itu karena dia tua, yang berarti lagi, kelemahan Hiruzen hanyalah umurnya yang menua!

6. Termasuk ninja sensor

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!naruto.fandom.com

Menurut Databook pertama, diketahui bahwa kemampuan utama dari Hiruzen, dan tipe ninjanya adalah tipe sensor. Meskipun tidak diketahui apakah lebih hebat dari Tobirama atau tidak sih. Namun, Hiruzen ditunjukan pernah menggunakan kemampuannya ini dengan sangat baik, karena dia bisa memprediksi serangan meskipun dari titik butanya.

7. Menguasai lima elemen dasar

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!naruto.fandom.com

Hiruzen adalah satu dari sedikit orang di dunia Naruto yang mampu menguasai 5 elemen alam dasar. Dari ketujuh Hokage yang sudah ada, total ada 4 yang bisa menguasai 5 elemen dasar, yaitu Hashirama, Tobirama, Hiruzen, dan Naruto. Bedanya, tiga nama pertama selain Naruto berlatih secara murni, bukan kekuatan elemen alam "pemberian" seperti Naruto.

8. Ingin bertarung melawan cucunya

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!crunchyroll.com/Boruto Naruto Next Generations

Lagi-lagi berdasarkan Databook, ternyata ada satu keinginan Hiruzen yang tidak pernah terwujud, apa itu? Hiruzen ingin bertarung dengan cucu kesayangannya ketika dia sudah besar, yaitu Konohamaru. Kini Konohamaru sudah besar, sayangnya Hiruzen sudah tidak ada.

Padahal, mengingat Konohamaru sudah kuat, pertarungan latihan mereka bisa seru. 

9. Muka sih serius, tapi diam-diam genit juga

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!naruto.fandom.com

Siapa yang menyangka fakta Hiruzen Sarutobi berikut ini, ternyata dia memiliki hobi untuk mengobrol dengan gadis-gadis muda! Sebenarnya sih tidak terlalu mengejutkan juga. Dari beberapa orang dewasa yang sering diganggung oleh Naruto, terutama dengan Oiroke no Jutsu miliknya, Hiruzen adalah salah satu yang "terjerat".

10. Sangat mengedepankan Tekad Api

10 Fakta Hiruzen Sarutobi, Hokage Genius dari Konoha!naruto.fandom.com

Pada masanya, orang yang paling memegang teguh Tekad Api atau Hi no Ishi adalah Hiruzen Sarutobi. Dia siap melakukan apapun demi melindungi desa, dan dia berharap semua muridnya atau orang sekitarnya memiliki Tekad Api yang sama besarnya dengan dirinya.

Karena hal ini, dia sangat kecewa ketika Orochimaru ternyata tidak memiliki keyakinan ini, dan justru malah membelot dari desa. Naruto juga menjadi Hokage yang membawa prinsip sama seperti Hiruzen, yaitu "Semua orang di desa adalah keluargaku".

Itulah 10 fakta Hiruzen Sarutobi si Hokage genius! Bagaimana menurutmu? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 10 Fakta Tobirama Senju, Si Hokage Kedua yang Jarang Diketahui!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU