TUTUP

12 Fakta Zeke Yeager Attack on Titan, Pewaris Beast Titan

Zeke adalah kakak laki-laki Eren!

Serial Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin menghadirkan salah satu karakter penting dalam jalan ceritanya, yaitu Zeke Yeager. Karakter ini turut menjadi pengantar pada ending serial yang bercerita tentang keberadaan titan atau raksasa di dunia manusia.

Banyak hal yang menarik untuk diketahui terkait Zeke Yeager. Berikut adalah sederet fakta Zeke Yeager Attack on Titan yang harus kamu tahu. Simak, yuk!

1. Data diri Zeke

dok. MAPPA/ Attack on Titan

Zeke Yeager adalah karakter berkebangsaan Marley yang lahir pada 1 Agustus di Liberio. Sebelum timeskip, Zeke diceritakan berusia sekitar 25 tahun. Sementara setelah timeskip, umur Zeke telah menginjak 29 tahun.

Zeke digambarkan sebagai laki-laki dengan tubuh tinggi besar. Bobot tubuhnya mencapai 92 kg dengan tinggi 183 cm. Penampilan wajahnya brewokan disertai dengan kacamata bundar yang dia kenakan, cukup berbeda dengan penampilan Zeke di masa remajanya.

Baca Juga: 7 Fakta Dot Pixis Attack on Titan, Komandan Divisi GarrisonĀ 

2. Kepribadian Zeke

dok. MAPPA/ Attack on Titan

Zeke adalah sosok yang cerdas. Selain itu, Zeke juga dapat berperan sebagai pemimpin yang tegas. Dia dapat memerintah dan tanpa ragu akan melakukan kekerasan jika perintah tersebut dilanggar.

Zeke adalah pribadi yang kejam dan dingin. Meski jauh dari lubuk hatinya masih tersimpan rasa simpati, seperti saat dia mengasihani para penghuni tembok yang menderita.

3. Keturunan bangsawan

dok. Wit Studio/ Attack on Titan

Zeke Yeager adalah anak pertama pasangan Grisha Yeager dan Dina Fritz. Ibunya tersebut merupakan keturunan keluarga bangsawan Fritz. Fritz adalah pewaris kekuatan Founding Titan, sebelum akhirnya Grisha mencuri kekuatan tersebut.

Keluarga Fritz adalah pihak yang bertanggung jawab atas penderitaan Eldian dan seluruh penduduk Paradis. Mereka juga merupakan sosok di balik pembantaian keluarga Ackerman.

4. Mengkhianati orang tuanya sendiri

dok. MAPPA/ Attack on Titan

Sejak kecil, Zeke terus menerus dipaksa untuk belajar dan memahami pemikiran ideologi yang sama dengan kedua orang tuanya, yaitu Grisha dan Dina. Suatu ketika Zeke mendengar pembicaraan mengenai organisasi Restorasionis Eldia, di mana kedua orang tuanya terlibat di sana.

Untuk menyelamatkan dirinya beserta kakek dan neneknya, Zeke mengadukan Grisha dan Dina ke pihak Marley. Grisha, Dina, dan seluruh anggota lainnya ditangkap. Mereka diubah menjadi Titan Mindless dan dikirim ke Pulau Paradis.

5. Mewarisi kekuatan Beast Titan

dok. Wit Studio/ Attack on Titan

Setelah mengkhianati kedua orang tuanya, Zeke Yeager dianggap telah menunjukkan kesetiaan pada Marley. Dia pun dipercaya untuk mewarisi kekuatan Beast Titan yang sebelumnya diemban oleh Tom Ksaver.

Beast Titan ini cukup berbeda dengan jenis titan lainnya, di mana umumnya memiliki bentuk yang sama dengan manusia. Beast Titan sendiri berwujud menyerupai kera raksasa dengan tinggi mencapai 17 meter.

6. Kakak satu ayah dari Eren Yeager

dok. MAPPA/ Attack on Titan

Dari nama belakangnya saja telah tersirat fakta bahwa Zeke Yeager memiliki hubungan keluarga dengan Eren Yeager. Keduanya sama-sama merupakan anak dari Grisha, tetapi berbeda ibu. Eren adalah anak Grisha dari istri keduanya, yakni Carla.

Zeke dan Eren bertemu pertama kali ketikan Pasukan Pengintai melawan Beast Titan yang tak lain adalah Zeke. Menuju akhir cerita, keduanya bekerja sama untuk menjalankan rencana Zeke yang ingin meratakan ras Eldia. Meskipun sebenarnya Eren hanya berpura-pura.

7. Bentuk titannya punya beberapa kekuatan spesial

dok. Wit Studio/ Attack on Titan

Selain wujudnya yang berbeda, Beast Titan juga punya beberapa kemampuan spesial yang membuatnya semakin menonjol dibanding titan lainnya. Beast Titan terkenal dengan kekuatannya yang luar biasa. Dia dapat melempar bongkahan batu besar dengan kecepatan tinggi ke arah yang sangat jauh.

Beast Titan adalah jenis yang dapat berbicara. Dia juga dapat memberi perintah pada Titan Mindless. Karakter yang pertama kali bertemu dengan Beast Titan tentu saja kaget dan merasa takut karena hal ini.

Tak hanya itu, Zeke juga menerima kekuatan baru yang tak didapatkan pewaris Beast Titan sebelumnya, yaitu kekuatan untuk mengubah manusia menjadi titan. Caranya yaitu meminumkan campuran cairan sumsum tulang belakangnya kepada target. Untuk mengaktifkan kekuatan itu, Zeke hanya perlu berteriak saja.

Kemampuan spesial Beast Titan yang hanya dimiliki oleh Zeke dipengaruhi oleh darah bangsawan yang mengalir dalam tubuhnya.

8. Sosok di balik terbentuknya Yeagerist

dok. MAPPA/ Attack on Titan

Hidup Zeke Yeager tak pernah jauh dari tindakan berkhianat. Setelah mengkhianati kedua orang tuanya di masa kecil, Zeke pun mengkhianati Marley yang telah memberikannya hak untuk mewarisi Beast Titan.

Zeke bekerja sama dengan Eren dan beberapa pihak Survey Corps. Lalu, terbentuklah Yeagerist, yaitu fraksi berisi orang-orang yang berpihak pada rencana Zeke dan Eren, yaitu untuk melakukan rumbling. Yeagerist ini dipimpin oleh Floch Forster.

9. Bertanggung jawab atas kematian Erwin Smith

dok. Wit Studio/ Attack on Titan

Penggemar Attack on Titan tahu bahwa Levi Ackerman sangat menaruh dendam pada Beast Titan. Alasannya satu, yaitu karena Beast Titan telah membunuh Erwin Smith, sang komandan korps pengintai.

Zeke bahkan pernah hampir mati di tangan Levi yang membabi buta menyerangnya. Bahkan Levi membuat mata Beast Titan buta. Untungnya, Cart Titan yang merupakan perwujudan Pieck berhasil datang menyelamatkan tubuh manusia Zeke.

10. Membangkitkan kekuatan Founding Titan milik Eren

dok. MAPPA/ Attack on Titan

Kekuatan sejati Founding Titan milik Eren Yeager tak dapat bekerja dengan sendirinya. Eren membutuhkan orang yang merupakan keturunan bangsawan murni untuk melakukan kontak fisik dengannya.

Kehadiran Zeke yang menawarkan kerja sama menjadi kesempatan besar bagi Eren. Berkat Zeke, kekuatan Founding Titan dalam diri Eren berhasil bangkit. Eren pun membebaskan seluruh Wall Titan dan memulai rumbling.

11. Zeke mati oleh tebasan Levi

Levi menebas leher Zeke (dok. Kodansha/ Attack on Titan)

Levi akhirnya bisa hidup tenang karena berhasil membalaskan dendam atas kematian Komandan Erwin. Di chapter 137, penggemar Attack on Titan melihat bagaimana situasi rumbling terjadi dan cukup membingungkan, sebab beberapa titan justru malah membantu manusia.

Saat itu, Zeke tiba-tiba muncul dari salah satu tulang titan Eren dan memanggil Levi. Tanpa basa basi, Levi langsung menghampiri Zeke dan menebas lehernya. 

12. Pengisi suara

dok. MAPPA/ Attack on Titan

Pengisi suara untuk karakter Zeke Yeager adalah Takehito Koyasu. Seiyuu yang satu ini telah berperan untuk banyak karakter terkenal, misalnya Dio Brando (JoJo's Bizarre Adventure), Demon Lord Clayman (Tensei shitara Slime Datta Ken), Aokiji (One Piece), Roswall (Re: Zero), dan masih banyak lagi

Itulah beberapa fakta Zeke Yeager Attack on Titan yang menarik untuk diketahui. Saat ini, penonton anime telah bersiap untuk menyaksikan bagian terakhir dari final season anime yang satu ini. Apa pendapatmu tentang Zeke Yeager?

 

Penulis: Viky Nursyafira

Baca Juga: Sinopsis Attack on Titan, Anime Adaptasi Manga Karya Hajime Isayama