TUTUP

Bila Klan Utama Otsutsuki Menyerang, Haruskah Kaguya Dibebaskan?

Mengingat seperti apa kekuatannya, Kaguya bisa jadi senjata terakhir bila keluarga utama Otsutsuki mencoba menyerang Bumi. Masalahnya, risiko membebaskan Kaguya ini jelas gede banget

Dalam dialognya dengan Toneri, Urashiki Otsutsuki mengungkap kalau di alam lain keluarga utama Otsutsuki masih eksis. Momoshiki, Kinshiki, dan Urashiki hanya perwakilan saja. Salah satu kemungkinan yang menakutkan adalah jika klan utama keluarga Otsutsuki memutuskan untuk menyerang Bumi dengan kekuatan penuh. Untuk menghadapi Kinshiki dan Momoshiki saja diperlukan lima Kage plus Sasuke. Bila ternyata anggota klan utama Otsutsuki ini banyak, dan mereka juga memiliki pasukan seperti Zetsu Putih, perang yang tercipta bisa lebih dahsyat dari Perang Dunia Shinobi Keempat. Jika ini terjadi, haruskah Kaguya dibebaskan oleh Naruto dan Sasuke dengan harapan dia bisa membantu? Alasan paling utama Kaguya dibebaskan adalah dia tampaknya paling memahami seperti apa klan utama Otsutsuki itu. Mau bagaimana juga, dia memang berasal dari klan tersebut. Ia juga seharusnya jauh lebih memahami klan utama Otsutsuki ketimbang Toneri, yang jauh lebih muda dibanding dirinya. Kaguya sendiri bahkan tampak sudah merencanakan apa yang harus ia lakukan jika klan utama Otsutsuki memutuskan menyerangnya. Pasukan Zetsu Putih adalah salah satu senjata yang ia persiapkan untuk perang kalau-kalau sosok seperti Momoshiki mencoba untuk mencuri chakra-nya. Lalu, seperti yang ia perlihatkan di akhir Shippuden, wanita yang satu ini adalah salah satu entitas terkuat di Bumi. Bahkan di antara Otsutsuki pun kekuatannya tidak normal karena dia memakan buah dari Pohon Dewa. Bantuannya akan luar biasa. Dia langsung mengaktifkan Infinite Tsukuyomi? Tak masalah. Biarkan seluruh penduduk Bumi terperangkap dalam jurus itu sementara Kaguya dan sosok seperti Tim 7 senior menghadapi klan Otsutsuki. Mungkin orang biasa justru akan lebih aman. Kaguya tetap adalah sosok yang pada dasarnya gila, berbahaya, dan masih menyimpan dendam besar pada Tim 7. Wanita yang satu ini juga sudah melihat semua trik Tim 7 karena pertempuran mereka. Bila Kaguya dibebaskan, menyegelnya lagi tidak akan semudah sebelumnya. Sudah begitu, dia juga mungkin tidak akan suka melihat Zetsu Putih yang ia persiapkan menyambut ancaman klan utama Otsutsuki justru sudah dihancurkan duluan oleh Sasuke. Jangan lupakan juga kalau Kaguya dibebaskan, maka Zetsu Hitam juga akan terlepas bersamanya. Dan makhluk yang satu itu juga tampaknya masih mendendam karena rencana terakhirnya dihancurkan dan dia dilempar Naruto untuk disegel bersama Kaguya. Pada dasarnya, kemungkinan kerja sama antara Kaguya dan para shinobi pun tidak akan jauh beda dari kerja sama antara Frieza dan Goku di Universal Survival saga. Mungkin pada akhirnya karena situasi, Kaguya akan bekerja sama dengan shinobi, seperti Frieza benar-benar membantu Universe 7 selama Universal Survival saga. Namun setelah itu dia berpotensi akan menyebabkan masalah lain, sama seperti Frieza yang setelah dihidupkan kembali diperlihatkan memimpin pasukan baru.


Lanjutan spekulasi mengenai haruskah Kaguya dibebaskan dapat kamu cek di halaman kedua! Penulis merasa ini adalah solusi yang tidak akan langsung dilakukan oleh Sasuke dan Naruto. Ingat, Sasuke menghabiskan waktu bertahun-tahun tak berjumpa dengan keluarganya hanya supaya dia bisa menangani sisa-sisa pasukan Kaguya dan mencegah ada makhluk sekuat dia muncul kembali. Membebaskan lagi Kaguya seakan membuat semua usaha Sasuke itu sia-sia. Tapi jika klan utama Otsutsuki benar-benar menyerang dengan kekuatan penuh, penulis merasa dalam Naruto dan Sasuke akan memutuskan mengambil tindakan ini saat mereka sudah terdesak. Hasil terbaik sudah tentu adalah Kaguya, dengan bertarung bersama shinobi bukannya melawan mereka, menyadari sisi baik manusia dan menjadi pribadi yang lebih tenang. Mungkin dia bisa menemani Toneri di bulan. Tapi mengingat Kaguya, rasanya kemungkinan terbaik bila Kaguya dibebaskan ya dia dan klan utama Otsutsuki saling membunuh, sehingga dua masalah utama bagi Bumi selesai sama-sama. Itu juga kalau Kaguya bisa dibunuh sih. Yang jelas, ada Navers yang menganggap kalau Kaguya adalah musuh terakhir yang buruk karena muncul mendadak menggantikan Madara, yang jauh lebih menarik. Bila Kaguya dibebaskan, untuk membantu pula bukan sebagai musuh, mungkin tokoh yang satu ini akhirnya akan memperoleh pendalaman karakter yang membuat fan suka dia.
Itulah pandangan penulis soal haruskah Kaguya dibebaskan. Gimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar!