TUTUP

11 Pertarungan Kenshin Terbaik di Samurai X! Siapa Bisa Lawan Dia?

Dalam perjalanannya, Kenshin banyak menghadapi lawan tangguh!

Samurai X atau Rurouni Kenshin merupakan karya Nobuhiro Watsuki.

Kisah pertobatan Kenshin sang mantan pembunuh menjadi Kenshin sang samurai cinta damai masih sangat layak untuk diikuti, bahkan hingga saat ini. 

Kenshin sendiri menghadapi beragam pertarungan dari masa-masa menjadi pembunuh hingga masa-masa dia tidak ingin lagi membantai. Berikut 11 pertarungan Samurai X terbaik! 

11. Kenshin Himura lawan Okita Souji

Pertarungan menghadapi Okita terjadi saat Kenshin masih menyandang status sebagai pembunuh.

Okita merupakan salah satu ketua divisi di Shinsengumi bersama dengan Saito Hajima. Jika kalian ingin melihat pertarungan keduanya, cukup menonton OVA Trust & Betrayal.

Okita memiliki sifat sama seperti Soujiro Seta yang cenderung santai dan sulit diprediksi dalam menghadapi lawan.

Yang jadi masalah adalah Okita, seperti dirinya di sejarah asli, mengidap TBC. Dalam pertempuran itu Okita pun mulai batuk darah. Hajime Saito pun menggantikannya. 

Baca Juga: 8 Fakta Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan, Anime Lawas

10. Kenshin Himura lawan Gentatsu Takatsuki (dari Rurouni Kenshin: Requiem for the Ishin Patriots)

Pada masa menjadi seorang pembunuh, Kenshin begitu ditakuti dan ia pernah sekali berhadapan dengan seorang pembunuh juga bernama Gentatsu Takatsuki. Sama seperti Kenshin, Takatsuki cukup kuat dan bisa diandalkan.

Tapi sayangnya, pertarungan yang awalnya berjalan imbang itu berhasil dimenangi oleh Kenshin.

Pertarungan ini diakhiri dengan adu pedang diantara keduanya. Kenshin mendapat luka di keningnya begitu juga dengan Gentatsu. Tapi tak berhenti sampai di situ, Gentatsu mendapatkan luka besar di dadanya yang membuatnya tewas.

9. Kenshin Himura lawan Udo Jin-e

Udo Jin-e merupakan pembunuh juga di akhir era Tokugawa. Tapi ia kemudian muncul kembali usai restorasi Meiji dan pada akhirnya berhadapan dengan Kenshin. Udo Jin-e cukup kuat karena Ki-nya bisa menyegel pergerakan lawan yang punya semangat pendekar lemah.

Sama seperti kebanyakan musuh Kenshin, Udo Jin-e juga ingin bertarung dengan Kenshin di mode seorang pembunuh. Jin-e dapat kesempatan itu dan nyaris tertebas pedang Kenshin. Beruntung Kaoru menahan agar Kenshin tidak membunuh lagi.

8. Shogo Amakusa lawan Kenshin Himura (anime only)

Shogo Amakusa merupakan seorang ahli pedang yang mengaku dirinya sebagai dewa. Ia sangat kuat, bahkan Chou yang dulunya adalah anggota Juppongatana yang menakutkan bisa dikalahkan dengan cepat.

Selain itu Shogo juga pintar dalam hal astronomi.

Yang membuatnya kuat adalah ia memiliki aliran pedang Hiten Mitsurugi Ryu, sama seperti Kenshin. Tak hanya itu, Shogo memiliki kekuatan yang membuat seseorang menjadi buta.

Menggunakan gaya bertarung yang sama, pintar, dan kuat membuat pertarungan menghadapi Shogo menjadi salah satu pertarungan terbaik Kenshin.

Oh ya, tahukah kamu kalau pertarungan seru ini hanya tersaji di anime lama Kenshin? Soalnya Shogo  memang karakter filler yang tidak ada di kanon resmi manga. 

7. Kenshin Himura lawan Tatsumi (versi live-action movie dan juga manga)

Tatsumi versi The Beginning. Dok. Warner Bros

Pertarungan Kenshin lawan Tatsumi ini cukup menarik di manga, dan versi film Rurouni Kenshin: The Beginning mengadaptasinya dengan lumayan. 

Jadi intinya, Tatsumi itu petarung yang tangguh. Tapi saat pertarungan ini terjadi, Kenshin Himura masih Kenshin sang pembantai. Dalam kondisi normal, Tatsumi mungkin bisa dibantai dengan mudah oleh Kenshin.

Tapi sebelum mencapai Tatsumi, Kenshin melalui banyak perangkap yang membuat indera-inderanya, termasuk pendengaran dan pengelihatannya, kacau ketika akhirnya dia melawan Tatsumi.

6. Hiko Seijuro XIII melawan Kenshin Himura

Hiko Seijuro XIII merupakan guru dari Kenshin Himura. Ia yang mengajarkan teknik berpedang Hitten Mitsurugi kepada Kenshin hingga akhirnya hubungan antara guru serta murid ini putus dalam beberapa tahun.

Ketika hendak menghadapi Shishio, Kenshin datang kembali ke gubuk milik Seijuro untuk meminta ajari teknik pamungkas. Seijuro menolak tapi kemudian ia tergerak hatinya setelah Kenshin memberikan sebuah pukulan dengan mempertaruhkan nyawanya. Dalam pelatihannya, terasa sekali bagaimana hubungan guru dan murid ini.

Meski sedikit sarkas pada Kenshin, nyatanya Seijuro betul-betul sayang. Akhirnya Kenshin sukses mengalahkan Seijuro dengan jurus pamungkas Hiten Mitsurugi Ryu.

Level kekuatan Hiko Seijuro sendiri terasa masih melampaui Kenshin, tapi di momen itu, Kenshin setidaknya berhasil mengungguli gurunya. 

5. Enishi Yukishiro lawan Kenshin Himura (versi movie)

Dok. Warner Bros

Pertarungan Enishi Yukishiro lawan Kenshin Himura di Rurouni Kenshin: The End tersaji seru!

Enishi versi live-action ini tetap terasa sebagai tantangan yang luar biasa. Namun Kenshin mampu menghadapinya ketika mereka akhirnya berduel. 

4. Hajime Saito lawan Kenshin Himura

Saito Hajime memiliki rivalitas dengan Kenshin sejak Kenshin masih menjadi seorang pembunuh.

Saat Jepang sudah relatif aman, Saito yang sudah menjadi polisi datang menghampiri Kenshin. Ya, awalnya Saito ditugaskan untuk mengetes kemampuan Kenshin. Tapi justru ia malah kelewatan hingga keduanya saling baku hantam dengan brutal. 

Di sini Kenshin benar-benar mengerikan karena ia sampai bangkit hasratnya untuk membunuh Saito. Beruntung Menteri Dalam Negeri, Okubo menghentikan keduanya tepat waktu. 

Kebrutalan pertarungan ini membuat Saito lawan Kenshin terasa jadi salah satu pertarungan terbaik di anime maupun manga Rurouni Kenshin alias Samurai X

3. Kenshin Himura lawan Sojiro Seta

Pertarungan terbaik Kenshin selanjutnya adalah ketika menghadapi orang kepercayaan Makoto Shishio, Sojiro Seta. Ia memiliki kecepatan luar biasa dalam bergerak menyerang musuh. 

Awal bertemu dengannya, pedang Sakabato Kenshin patah hingga ia harus mencari pedang Sakabato yang lain.

Di pertemuan kedua, Kenshin lebih siap dari segi mental dan teknik. Di pertemuan kedua ini Kenshin sudah punya teknik terkuat dari aliran Hiten Mitsurugi. 

Pertarungan kedua Kenshin lawan Sojiro pun berjalan sengit, lalu diakhiri dengan kemenangan Kenshin. 

2. Kenshin Himura lawan Aoshi Shinomori (terutama pertarungan mereka Kyoto)

Pertarungan terbaik Kenshin selanjutnya adalah ketika ia menghadapi Shinomori Aoshi. Sebenarnya di awal cerita Kenshin sudah pernah berhadapan dengan Aoshi.

Tapi di Kyoto Arc, keduanya bertemu kembali dalam keadaan yang berbeda. Aoshi sejak kematian rekan-rekannya menjadi terobsesi untuk mengalahkan Kenshin hingga ia mempelajari teknik bernama Kodachi Kembar.

Dengan teknik ini ia nekat menghadapi Kenshin bahkan hendak membunuhnya.

Akhirnya Aoshi berhasil dikalahkan oleh Kenshin dengan teknik pamungkas Hiten Mitsurugi Ryu dan membuatnya tersadar akan obsesinya.

1. Kenshin Himura lawan Shishio Makoto

Ingatan yang paling melekat ketika membicarakan Samurai X adalah pertarungannya dengan Shishio Makoto.

Sama seperti Kenshin, Shishio merupakan pembunuh yang pro imperialis. Tapi kemudian ketika jasanya tak lagi digunakan, Shishio dibunuh dan dibakar karena takut nantinya membocorkan rahasia.

Malang bagi para pengkhianat Shishio, ia tak mati dan lantas malah hidup menjadi sosok yang lebih kuat.

Shishio adalah pengguna pedang bernama Mugenjin dengan teknik andalan bernama Homura Dama. Ketika menghadapi Shishio, Kenshin sampai harus mendatangi Seijuro Hiko XIII untuk belajar jurus pamungkas Hiten Mitsurugi.

Gilanya adalah, meski Shishio sempat menghadapi juga serangan dari Sanosuke dan Saito, Shishio sempat berhasil mengatasi mereka. Kenshin yang sempat ambruk kemudian bangkit dan bisa mengejutkan Shishio, namun Shishio tewas lebih karena suhu tubuhnya meningkat drastis yang membuatnya terbakar.

Sejauh ini, Shishio adalah lawan Kenshin yang paling gila dan tak heran bila pertarungan menghadapinya enjadi pertarungan terbaik Kenshin.

Nah itu 11 pertarungan Kenshin terbaik di Samurai X.

Gimana menurutmu? Sampaikan di kolom komentar! 

Diterbitkan pertama 10 November 2018, diterbitkan kembali 09 Oktober 2024.

Baca Juga: 4 Karakter yang Disorot di PV Baru Rurouni Kenshin 2023