TUTUP

Apa itu Internet of Things (IoT)? Pengertian, Manfaat, dan Contoh

Ketahui cara kerjanya juga di sini

Perkembangan teknologi kian berkembang dengan pesat. Kecanggihannya dapat membuat hidup lebih praktis.

Salah satunya perkembangan teknologi yang sedang populer di era revolusi industri 4.0 ini adalah Internet of Things (IoT). Penggunaannya dapat memengaruhi kegiatan sehari-hari menjadi fleksibel.

Lalu, apa itu Internet of Things (IoT), cara kerja, manfaat, dan contohnya? Simak dalam penjelasan berikut.

1. Apa itu Internet of Things (IoT)?

Pexels/Pixabay

Internet of Things atau IoT merupakan sebuah teknologi yang dapat menghubungkan perangkat apa pun yang dapat hidup dan mati ke dalam jaringan internet. Dengan IoT, internet bisa terhubung ke berbagai peralatan elektronik yang memungkinkan perangkat tersebut dioperasikan dengan bantuan koneksi internet.

Internet akan mengatur konektivitas dari Things yang berarti 'objek' atau 'perangkat'. IoT akan menghubungkan benda atau objek fisik ke dalam satu perangkat saja.

2. Unsur pembentuk Internet of Things (IoT)

dok. Pixabay/Geralt

Internet of Things (IoT) akan bekerja saat perangkat elektronik terhubung melalui internet. IoT kemudian akan mengumpulkan informasi dan membuat sebuah tindakan.

Perangkat yang terhubung dengan IoT hatus memiliki sensor agar bisa dideteksi dan dikumpulkan datanya. Data kemudian diolah oleh Artificial Intelligent (AI) yang ada pada program. Hasil data tersebut akan menghasilkan sebuah perangkat yang bisa aktif sesuai perintah.

Baca Juga: Apa itu HTTPS? Pengertian, Cara Kerja, dan Perbedaan dengan HTTP

3. Manfaat Internet of Things (IoT)

Pexels/Pixabay

Ada beberapa manfaat IoT bagi kehidupan kita sehari-hari, seperti kemudahan untuk mengoperasikan banyak perangkat hanya dalam satu perangkat saja. Banyak hal bisa dilakukan secara praktis dengan waktu yang singkat.

Misalnya, kamu bisa menggunakan Google Assistant atau Apple's Homepod untuk menyalakan lampu, mengunci pintu, atau mengangkat telepon. IoT memberikan segala kemudahan di era gempuran teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

4. Contoh Internet of Things (IoT)

Pixabay/Geralt

Penggunaan Internet of Things semakin berkembang dengan pesat di berbagai perangkat yang ada, mulai dari smartphone, smart watch, laptop, Google Assistant, Apple Homepod, Alexa dan masih banyak yang lainnya.

Google Assistant dapat membantumu melakukan kegiatan multitasking, seperti menyalakan lampu sambil membaca berita, melihat kondisi lalu lintas, menyetel alarm, hingga memutar musik. Bisa dibilang, IoT bisa menjadi pendukung pembuatan smart room kamu, lho!

Selain itu, ada juga alat bernama thermostat yang dapat menyesuaikan suhu ruangan saat kamu ada di rumah. Ada alat bernama smart lock yang dapat mengunci pintu secara otomatis saat kamu tidak ada di rumah.

Tak perlu khawatir akan kehilangan kendaraan, kini ada IoT yang dapat melacak informasi tentang mobil, jarak tempuh, dan lokasi. Ada pula teknologi smart lamp, yang dapat mengatur warna dan kedipan lampu.

Nah, itu dia arti dari apa itu Internet of Things, pengertian, manfaat, cara kerja, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Kini, melakukan hal dapat dilakukan dengan mudah!

Baca Juga: Apa itu SSL dalam Website? Begini Cara Kerja dan Fungsinya