Follow Duniaku untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News
Unreal Engine 5, akhirnya sudah tersedia dan bisa langsung diunduh! Dengan Unreal Engine 5, maka kamu bisa mewujudkan konten 3D real-time generasi baru yang kamu inginkan, dengan kebebasan, ketepatan, lebih fleksibel dibandingkan dengan versi sebelumnya. Beberapa fitur dalam Unreal Engine 5 juga telah teruji dan dibuktikan lewat game Fortnite terbary dan juga demo dari The Matrix Awakens: An Unreal Engine 5 Experience. Unreal Engine 5 juga memiliki fitur-fitur baru yang menakjubkan, baik untuk game maupun workflow non-game. Seperti apakah?
1. Fitur rendering real-time terbaru
Beberapa fitur baru terkait dengan rendering adalah Lumen, Nanite, VSMs dan TSR. Dengan Lumen, maka kamu bisa menciptakan scene yang menarik dengan pencahayaan yang mampu berubah sesuai geometri, seperti sudut matahari sesuai waktu, menyalakan lampu senter, atau ketika membuka pintu luar. Tak perlu lagi membuat berbagai lightmap UV, cukup dengan mengedit light dalam Unreal Editor saja. Lalu dengan Nanite, kamu bisa membuat detail geometris yang begitu masif, mulai dari ZBrush sculpts hingga pemindaian fotogrametri serta menempatkannya jutaan kali, sambil mempertahankan kecepatan gambar tanpa kehilangan ketepatannya.
Lalu ada Virtual Shadow Maps atau disebut dengan VSMs yang mampu mendukung Lumen dan Nanite, di mana VSMs dapat menyediakan soft shadow dengan biaya yang masuk akal dan terkendali. VSM mampu secara cerdas memproses detail seoerti menghilangkan batasan polycount dan drawcall serta menghapus pekerjaan yang memakan waktu seperti baking detail peta normal dan membuat LOD secara manual. Proses renderingnya juga memakan beban yang lebih sedikit dibanding sebelumnya. Dengan Temporal Super Resolution atau TSR, mampu melakukan rendering dengan resolusi yang jauh lebih rendah namun memiliki ketelitian pixel yang sama dengan rendering resolusi lebih tinggi, sehingga menghasilkan performa yang lebih baik.
Baca Juga: 10 Game Horor Jepang, Dari Arwah Sampai Hantu Aneh-Aneh!
2. Toolset open world dan animasi baru
Dengan Unreal Engine 5, maka pembuatan kreasi open world menjadi lebih cepat, berkat sistem World Partition baru yang mampu secara otomatis membagi dunia, sehingga para anggota tim bisa bekerja secara bersamaan di kawasan yang sama dan world yang sama tanpa saling bersinggungan. Dengan Data Layers, kamu juga bisa membuat variasi yang berbeda di world yang sama, seperti versi siang dan malam.
Proses pembuatan animasi dalam Unreal Engine 5 juga mampu dipercepat. Ada tools baru yang artist-friendly, memungkinkan para animator untuk langsung bekerja di Unreal Editor. Kelebihannya adalah mampu secara cepat menciptakan rig dan membagikannya ke beberapa karakter dengan menggunakan Control Rig. Kamu juga bisa mentransfer animasi antar karakter meskipun karakter tersebut memiliki kerangka dan proporsi yang berbeda. Ada juga fitur baru yang mampu menyesuaikan animasi dengan skenario gameplay yang berbeda-beda. Dengan Motion Warping, kamu bisa menyesuaikan root motion karakter secara dinamis untuk menyelaraskan dengan target yang berbeda, misalnya melompati dinding yang tingginya berbeda hanya dalam satu animasi.
3. Pemrosesan UV dan UI yang jauh lebih mudah
Tidak hanya animasi, namun pemodelan mesh, pengeditan dan pemrosesan UV juga mampu dipersingkat prosesnya dalam Unreal Engine 5 ini. Semuanya dapat langsung dilakukan di Unreal Editor. Tools ini sangat berguna saat menggarap dense mesh, seperti yang dihasilkan saat menggunakan tools fotogrametri seperti RealityCapture atau dengan kitbashing Quixel Megascans.
Pengerjaan UI dalam Unreal Engine 5 juga memiliki workflow yang disederhanakan sehingga membuatnya lebih mudah dan lebih cepat. Misalnya dengan Quixel Bridge yang kini telah terintegrasi sepenuhnya, kamu bisa langsung drag and drop dari seluruh library tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.
UE5 juga memperkenalkan cara baru untuk membuat audio. MetaSounds mampu menawarkan kendali penuh atas pembuatan grafik audio DSP dari sound source, sehingga memungkinkan kamu untuk mengelola semua aspek rendering audio demi mendorong pengalaman audio prosedural generasi baru.
Lalu diperkenalkan di Unreal Engine 4.27, Path Tracer adalah mode rendering progresif yang diakselerasi DXR dan akurat secara fisik, tanpa membutuhkan pengaturan tambahan. Bagi kamu yang membuat gambar diam atau konten linier, ini memungkinkanmu untuk membuat gambar offline berkualitas renderer langsung dari Unreal Engine hanya dalam waktu yang singkat.
4. Contoh proyek Unreal Engine 5
Untuk langsung melihat praktek dari kemajuan teknologi UE5, dibuat juga sebuah starter game berjudul Lyra, yang merupakan proyek gameplay yang dibuat sebagai titik awal yang sangat baik untuk membuat game baru dan langsung merasakan materi pembelajaran. Proyek ini akan terus menerus dilakukan upgrade untuk menunjukkan fitur-fitur terbaru dari Unreal Engine 5.
Selain Lyra Starter Game, ada juga contoh lain yaitu City Sample, sebuah proyek yang mengungkapkan bagaimana pemandangan kota dari The Matrix Awakens: An Unreal Engine Experience dibuat. City Sample ini pun juga bisa kamu download secara gratis