TUTUP

Data Terbaru Menunjukkan Jika PlayStation 4 Hanya Alokasikan 4.5 GB RAM Untuk Game

Sebelumnya kami melaporkan jika Sony memberikan jatah yang cukup besar untuk developer game memanfaatkan alokasi RAM PlayStation 4. Namun menurut data terbaru, Sony tampaknya hanya membatasi developer untuk menggunakan RAM untuk game sebatas 4.5 GB saja.

Sebelumnya kami melaporkan jika Sony memberikan jatah yang cukup besar untuk developer game memanfaatkan alokasi RAM PlayStation 4. Pengaturan yang lebih bebas itu seharusnya membuat developer lebih leluasa menggunakan semua resource untuk game yang meminta kebutuhan RAM tinggi. Namun kabar terakhir berkata sebaliknya. Walaupun keseluruhan sebenarnya interface PS4 tidak menggunakan dua virtual machine berbeda seperti halnya X1, namun Sony tampaknya juga sama seperti Microsoft hanya membatasi developer untuk menggunakan RAM untuk game sebatas 4.5 GB saja. PlayStation 4 akan meminta 3.5GB dari keseluruhan memory 8GB GDDR5 yang dimilikinya untuk operating system, dan menyisakan 4.5GB saja untuk game (sebelumnya dilaporkan 7 GB bisa dimanfaatkan untuk game). Namun karena sifatnya fleksibel, developer masih bisa meminta tambahan 1 GB "flexible memory" yang seharusnya digunakan sistem agar kinerja gamenya lebih baik. Namun dokumen SDK internal Sony menuliskan, bahwa maksimal 4.5 GB menjadi RAM yang tersedia untuk developer game. Jika developer membutuhkan lebih, mereka bisa meminta pada Sony 1 GB "flexible memory" tadi dan menggunakannya untuk meningkatkan elemen dalam game -- dengan catatan jika OS bisa membaginya. Hal itu diperkuat melalui demo Killzone: Shadow Fall, yang menurut developernya, Guerilla Games, untuk kebutuhan grafisnya saja mereka menggunakan sekitar 3 GB saja. Detail kebutuhan memory selama menjalankan game tersebut bisa kalian lihat daftar di bagian bawah. Hanya saja opsi meminta 1 GB memory sistem tersebut bukan hal sepele, dan sepertinya hanya developer first-party dengan game eksklusif dan menjadi unggulan PS4 saja yang diijinkan menggunakannya. Kabar alokasi memory PS4 ini cukup mengejutkan, karena beberapa bocoran dokumen sebelumnya menyebutkan jika Sony hanya menyebutkan 512 MB saja yang akan mereka alokasikan untuk sistem, atau yang terbaru, bertambah menjadi 1 GB, seperti yang kami sebutkan dalam artikel PlayStation 4 vs Xbox One. Selain jatah memory yang kini diketahui lebih terbatas, berdasarkan data demo Killzone yang dirilis Guerilla, juga diketahui jika hanya enam dari delapan core AMD CPU yang dimiliki PS4 bisa dimanfaatkan oleh developer. Demikian kini ada banyak kesamaan antara PS4 dan X1 dalam hal perangkat keras. Keduanya mengalokasikan dua core CPU Jaguar untuk operating system, dan juga jatah RAM yang cukup besar untuk sistem tersebut (perbandingan lainnya, Nintendo juga meminta separuh jatah 2 GB RAM Wii U untuk sistem). Apalagi jika melihat PC saja bisa berjalan dengan lancar dengan memory hanya 1 GB saja. Untuk X1 yang memang sudah disebutkan memiliki dua sistem berbeda yang harus dijalankan mungkin wajar membutuhkan RAM tinggi untuk menjaga kestabilan sistem dan kecepatan berpindah antar interface melalui Snap Mode, namun antar muka Sony sendiri lebih banyak digunakan untuk mendukung game saja (seperti melalui fungsi sosialnya), walaupun melalui beberapa demo juga ditunjukkan kecepatan berpindah dari tampilan game ke dashboard atau aplikasi lain.

Killzone Shadow Fall Frame-Rate Tests

Killzone: Shadow FallCPU Load
  • 60 AI characters
  • 940 entities, 300 active
  • 8200 physics objects (1500 key-framed, 6700 static)
  • 500 particle systems
  • 120 sound voices
  • 110 ray casts
  • 1000 jobs per frame
System Memory (1536MB Total)
  • Sound: 553MB
  • Havok Scratch: 350MB
  • Game Heap: 318MB
  • Various Assets/Entities: 143MB
  • Animation: 75MB
  • Executable/Stack: 74MB
  • LUA Script: 6MB
  • Particle Buffer: 6MB
  • AI Data: 6MB
  • Physics Meshes: 5MB
Shared Memory (CPU/GPU - 128MB)
  • Display list (2x): 64MB
  • GPU Scratch: 32MB
  • Streaming Pool: 18MB
  • CPU Scratch: 12MB
  • Queries/Labels: 2MB
Video Memory (3072MB)
  • Non-Streaming Textures: 1321MB
  • Render Targets: 800MB
  • Streaming Pool (1.6GB of streaming data): 572MB
  • Meshes: 315MB
  • CUE Heap (49x): 32MB
  • ES-GS Buffer: 16MB
  • GS-VS Buffer: 16MB
Sumber: Eurogamer