TUTUP

Mencoba LENOVO Legion Pro 7 16IRX9H, Laptop Gaming yang Powerful

Bisa main game-game berat dengan mantap!

Duniaku.com mendapat kesempatan mencoba LENOVO Legion Pro 7 16IRX9H.

Gimana kesan saya soal laptop ini?

Simak di bawah ini! 

1. Masih terasa berat dan besar

Foto mencoba Legion Pro 7 16IRX9H, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Duniaku.com/Fahrul Razi Uni Nurullah)

Pembaca setia Duniaku.com mungkin ingat kalau saya sebelumnya pernah membahas Legion Pro 7 16IRX8H?

Versi lebih baru ini secara penampilan dan bobot masih memberi kesan mirip dengan Legion Pro 7 16IRX8H: jenis-jenis laptop yang mewakili kesan awam soal laptop gaming yaitu bobotnya terasa berat.

Ini bukan jenis laptop yang sebaiknya kamu gunakan sambil dipangku ketika commuting atau sejenisnya.

Ini laptop yang sebaiknya kamu letakkan dengan benar di meja, lalu kamu manfaatkan untuk memainkan game dengan bantuan keyboard dan mouse atau controller

Dan untuk memainkan game, Legion Pro 7 16IRX9H terasa dahsyat... 

Baca Juga: Lenovo Hadirkan Laptop ThinkPad dan IdeaPad Intel Core Ultra!

2. Kekuatan laptop ini saat digunakan gaming sudah terasa sejak saya mencoba Resident Evil 4: Chainsaw Demo

Foto mencoba Legion Pro 7 16IRX9H, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Duniaku.com/Fahrul Razi Uni Nurullah)

Legion Pro 7 16IRX9H cukup kuat untuk memainkan Resident Evil 4: Chainsaw Demo, salah satu game yang saya gunakan untuk tes kemampuan visual laptop gaming, dengan visual maksimum.

Jika menggunakan setting pre-set maksimum, memang angkanya merah, mendekati batas yang direkomendasikan. Expected graphic memory untuk Resident Evil 4 yang tertulis di setting adalah 13.72 GB dari 14.92 GB batas untuk laptop ini. 

Tapi ketika dicoba, permainannya sendiri terasa sangat mulus bahkan dalam pertempuran di desa yang rusuh itu.

Dalam situasi saya bertempur di area outdoor ketika situasi kacau di desa dimulai, FPS yang tersaji bisa konsisten di angka 90-100+. Jadi setiap aksi yang dilakukan Leon benar-benar terasa smooth dan tajam. 

Yang lebih menarik? Bahkan ketika dimainkan dengan baterai, laptopnya tak dicolok charger, dan setting power-nya adalah Balanced bukan Best PerformanceResident Evil 4 Remake tetap mulus sekali dimainkan.

Walau tentu saja idealnya kamu tetap colok charger ketika main game selevel ini, karena daya baterai jelas terkuras cepat sekali. 

3. Tentu saja tangguh untuk dimanfaatkan memainkan beragam game

Foto mencoba Legion Pro 7 16IRX9H, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Duniaku.com/Fahrul Razi Uni Nurullah)

Saat saya mencoba Legion Pro 7 16IRX8H dulu, saya mendapati laptop itu sudah cukup untuk memainkan sejumlah game koleksi saya. 

Berhubung Legion Pro 7 16IRX9H ini lebih canggih lagi, laptop ini jelas bisa diandalkan untuk memainkan game dengan kualitas mantap.

The First Descendant sebelumnya masih cukup memberi kesulitan bagi Legion Pro 7 16IRX8H. Untuk pengalaman lancar, saya harus mengatur visual ke High dengan ray-tracing ke Medium.

Tapi kali ini di  Legion Pro 7 16IRX9H, saya sekalian mengatur setting visual dan juga ray-tracing ke Ultra. Hasilnya? Pengalamannya luar biasa mulus, hingga saya bisa bertempur dengan sangat lancar. Sepanjang uji coba saya tak menemui kendala sama sekali.

Dalam kondisi FPS maksimal saya batasi ke 144, dengan pengaturan rata kanan itu The First Descendant mampu menyajikan aksi yang cukup konsisten di kisaran 80-100fps dalam situasi pertempuran.

Mampu menjalankan The First Descendant dan Resident Evil 4: Chainsaw Demo yang mampu memberi kesulitan bagi laptop-laptop generasi terdahulu, sudah tentu Legion Pro 7 16IRX9H mampu memainkan banyak game dengan tanpa masalah. 

Elden Ring? Tak ada persoalan. Saya mencoba memainkannya dengan setting visual maksimum dan Ray Tracing juga diatur ke maksimum. Legion Pro 7 16IRX9H mampu menyajikan aksi di Elden Ring dengan sangat mulus tanpa masalah, baik dalam situasi dikeroyok oleh musuh dalam jumlah besar maupun menghadapi boss dengan efek visual macam-macam.

Zenless Zone Zero? Saya memainkannya dengan kualitas visual High serta frame rate diatur unlimited. Saya sama sekali tidak menemukan masalah dan permainannya pun smooth bahkan dalam situasi menghadapi boss seperti Nineveh, yang punya serangan dengan efek visual heboh. 

Aksi pertarungan di ZZZ bisa tersaji dengan frame rate di kisaran 100-150fps dengan begitu mulus. 

Foto mencoba Legion Pro 7 16IRX9H, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Duniaku.com/Fahrul Razi Uni Nurullah)

Genshin Impact? Saya memainkannya dengan setting High dan FPS diatur ke 60, pengalaman mainnya pun sangat lancar dalam menyajikan visual maksimum game.

Game multiplayer seperti Valorant?

Sebelumnya, Legion Pro 7 16IRX8H saja sudah bisa memainkan Valorant dengan FPS stabil di angka 130 dalam setting visual rata kanan dan semua fitur grafis aktif, dengan kondisi FPS tak dibatasi. 

Jadi tak heran kalau Legion Pro 7 16IRX9H juga bisa menyajikan FPS sangat tinggi dalam Valorant meski dimainkan dalam kondisi setting visual rata kanan.

Dan untuk game multiplayer, kita tahu sendiri FPS itu vital dalam banyak momen. Legion Pro 7 16IRX9H jadi terbukti mampu menyajikan performa yang mantap untuk kamu-kamu yang memang mengincar beraksi secara kompetitif di game macam Valorant

Secara keseluruhan, LENOVO Legion Pro 7 16IRX9H ini adalah salah satu laptop gaming terkuat yang saya review sejauh ini.

Laptopnya beneran bisa menyajikan banyak game dengan maksimal, termasuk game yang dulu membuat Legion Pro 7 16IRX8H kesulitan.

Dan saya rasa laptop ini juga masih akan kuat untuk memainkan game-game yang akan datang... 

4. Gambaran spesifikasi

Foto mencoba Legion Pro 7 16IRX9H, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Duniaku.com/Fahrul Razi Uni Nurullah)

Untuk kamu yang penasaran, ini gambaran spesifikasi dari LENOVO Legion Pro 7 16IRX9H, yang mampu memainkan beragam game dari koleksi saya:

Prosesor

Intel Core i9-14900HX, 24C (8P+16E)/32T, P-core 2.2/5.8GHz. E-core 1.6/4.1GHz, 36MB

Graphics

NVIDIA GeForce RTX 4090 16GB GDDR6, Boost Clock 2040MHz, TGP 175W, 686 AI TOPS

Storage

2x 1TB SSD M.2 2280 Pole 4.0x4 NVMe

Operating System

Windows 11 Home Single Language, English

Bundled Software

Office Home & Student 2021

Service (Include Upgrade)

3Y ADP-IPPREM (ESS) 3Y Legion Ultimate Support-IPPREM (ESS)

5. Kesan akhir saya

Foto mencoba Legion Pro 7 16IRX9H, diambil oleh Fahrul Nurullah. (Duniaku.com/Fahrul Razi Uni Nurullah)

Saat saya review laptop gaming, kriteria saya sebenarnya sangat sederhana.

Seberapa kuat laptop itu untuk memainkan koleksi saya?

Lalu: apa laptop ini masih bakal bisa memainkan game yang rilis di masa depan? 

LENOVO Legion Pro 7 16IRX9H seperti yang saya sampaikan sebelumnya adalah salah satu laptop gaming terkuat yang pernah saya review sejauh ini.

Bahkan game yang bisa memberi kesulitan pada sejumlah laptop gaming dapat dimainkan dengan maksimum tanpa masalah berarti.

Saat digunakan main game multiplayer, LENOVO Legion Pro 7 16IRX9H mampu menyajikan pengalaman dengan FPS tinggi yang sangat lancar.

Dengan kekuatan yang ditonjolkan dan spesifikasinya, saya juga merasa Legion Pro 7 16IRX9H masih akan cukup kuat untuk memainkan game-game baru yang akan hadir beberapa tahun ke depan.

Jadi ya, kalau kamu punya cukup uang dan prioritas kamu adalah laptop yang sangat kuat untuk main game, dan kamu tidak terlalu memikirkan bobot, saya benar-benar merekomendasikan Legion Pro 7 16IRX9H.

Itulah kesan saya mencoba LENOVO Legion Pro 7 16IRX9H. Gimana pendapatmu? Sampaikan di kolom komentar! 

Baca Juga: Review Legion Pro 7 16IRX8H: Besar, Berat, dan Cukup Powerful