TUTUP

Feature: 10 Kiat Jitu Hindari Spam

Untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir masuknya spam ke mailbox kita berikut ini penulis memberikan beberapa kiat yang bisa kalian coba dan lakukan sendiri

Untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir masuknya spam ke mailbox kita berikut ini penulis memberikan beberapa kiat yang bisa kalian coba dan lakukan sendiri:

  1. Tidak perlu merespon / menjawab / membalas e-mail yang dikirim dari orang tidak dikenal.
  2. Waspadalah, mengirim email “remove”, “unsubscribe” atau sejenisnya ke pengirim spam (spammer) justru akan memberikan informasi bahwa e-mail kita aktif kepada mereka yang akan berakibat semakin banyak e-mail spam masuk ke dalam inbox kita.
  3. Jangan pernah membuka atau meng-klik link situs yang ditawarkan atau diinformasikan oleh e-mail yang tidak kita kenal pengirimnya.
  4. Buatlah dan gunakanlah e-mail yang berbeda untuk tiap keperluan, bedakan e-mail pribadi, pekerjaan, ataupun sekedar e-mail untuk mendaftar di milis atau akun member tertentu.
  5. Hindari memberikan alamat e-mail pribadi ke sembarang orang termasuk memasangnya di situs tertentu seperti Facebook, twitter, ataupun seperti dalam blog ataupun website lainnya.
  6. Jika terpaksa  harus mencantumkan e-mail di situs tersebut, gantilah tanda ‘@’ dengan [at] agar tidak terbaca oleh program otomatis pencari e-mail milik spammer.
  7. Jika menemukan spam berbahasa Indonesia segera hubungi penanggulangan spam nasional melalui e-mail: abuse@apjii.or.id
  8. Jika diperlukan pasang software anti-spam di komputer kita.
  9. Aktifkan juga fitur anti spam di akun e-mail kita, biasanya sejumlah akun besar memiliki fitur tersebut dan terbukti sangat berguna. Bahkan ISP di Indonesia juga menyediakan fitur pelindung e-mail untuk para pelanggannya.
Selalu udate informasi mengenai spam secara global di situs www.spamhaus.org