Sah! Toko Komik Indonesia Connectoon Diresmikan Hari Ini!

Akan ekspansi membuka kursus komik dan co-working space

Sah! Toko Komik Indonesia Connectoon Diresmikan Hari Ini!

Tanggal 23 Oktober 2019 ini jadi tanggal penting bagi dunia komik Indonesia. Pasalnya, kini hadir sebuah toko yang menjual buku komik dan merchandise komik Indonesia. Connectoon yang hadir di M Bloc Space Blok M Jakarta ini digadang-gadang sebagai one stop place buat kamu yang sangat antusias dengan komik Indonesia.

Tapi, Connectoon ini nggak cuma sekedar jadi toko yang jualan komik saja loh. Didukung oleh tiga perusahaan komik besar di Indonesia, Connectoon juga ingin memberdayakan para pelaku komik dan pop culture di Indonesia. Seperti apa caranya?

1. Kurangnya ruang publik komik Indonesia

Secara singkat, Connectoon merupakan ruang publik berbentuk toko yang mampu menghubungkan pelaku industri pop culture, spesifiknya komik, dengan para penggemarnya. Connectoon bertujuan untuk mengembangkan komunitas pop culture lewat kolaborasi komik dan IP.

Berdirinya Connectoon ternyata berawal dari concern para pelaku industri komik Indonesia yang merasa bahwa saat ini belum ada tempat atau ruang fisik yang mampu memfasilitasi kebutuhan pegiat pop culture, khususnya bagi para pegiat komik. Entah itu dari sisi penjualan komik, maupun development para pelakunya.

"Kami menyediakan tempat bagi para produsen komik lokal untuk menjual karyanya dengan biaya konsinyasi yang lebih bersahabat," ungkap CEO Kosmik Sunny Gho.

2. Didukung pelaku industri komik lokal

Connectoon sendiri diprakarsai oleh tiga perusahaan komik terkemuka di Indonesia: Pionicon, Kosmik, serta CIAYO Comics.

Pionicon merupakan perusahaan manajemen IP lokal yang didirikan oleh komikus Si Juki, Faza Meonk. Saat ini, Pionicon memiliki berbagai IP yang telah sukses dipasarkan sebagai komik, animasi, dan merchandise. IP-IP tersebut diantaranya adalah Si Juki, Tuti and Friends, Manka, Si Bedil, dan lain-lain.

Sementara itu, Kosmik merupakan penerbit komik yang juga memiliki berbagai IP sukses. Kosmik berawal lewat penerbitan majalah komik, dan kini fokus untuk menggiatkan edukasi komik kepada masyarakat umum. Beberapa judul komik populer dari Kosmik adalah Flick Royale, Heart x Break, Rixa, Manungsa, dan lain-lain.

Kemudian, ada CIAYO Comics yang merupakan platform komik buatan Indonesia. CIAYO Comics merupakan salah satu produk CIAYO Corp. yang merupakan anak perusahaan Dragon Computer & Communications, salah satu perusahaan komputer tertua di Indonesia. CIAYO Comics menerbitkan berbagai komik populer dalam format webtoon seperti Soul of Neko, Hana & Mr. Arrogant, Kampung Kelor, Hati Baja, dan lain-lain.

Baca Juga: Keren! Industri Komik Indonesia Saat Ini Berada di Puncak Influencer!

3. Bukan sekedar tempat jualan komik

Nantinya, Connectoon tidak hanya menjadi tempat jualan komik saja. Connectoon juga menyiapkan berbagai program untuk menggalakkan perkembangan pop culture lokal, khususnya komik dan IP.

Pertama ada Connectoon Academy, pusat pendidikan komik yang dijalankan oleh para pelaku industri, dengan harapan pesertanya bisa disalurkan ke berbagai platform komik di Indonesia. Kemudian ada Connectoon Talks, sebuah program diskusi setiap akhir pekan yang menghadirkan para praktisi komik dan pop culture yang membahas topik tertentu. Terakhir ada Connectoon Craetors Space, sebuah co-working space dimana para kreator bisa bertemu untuk mengembangkan ide dan berkolaborasi menciptakan karya-karya menarik.

"Pada akhirnya Connectoon bukan sekedar tempat jualan saja, tapi juga tempat berkumpul antar kreator dan penikmat; antar kreator dan kreator; juga antara calon kreator dengan tutor-nya," jelas CEO Pionicon dan kreator Si Juki Faza Meonk.

4. Berlokasi di sentra pop culture Jakarta

Connectoon berlokasi di M Bloc Space, kawasan pertokoan dan ruang publik yang menitik bertakan pada perkembangan pop culture Indonesia. Beberapa tenant yang mengisi M Bloc Space diantaranya adalah toko musik Demajors, Rumah Lestari bentukan Glenn Fredly yang jadi restoran dan tempat kumpul musisi jazz, klinik Beyoutiful milik Dr. Tompi, toko apparel motor Unionwell bentukan David Naif, dan masih banyak lagi.

CEO CIAYO Comics Victorio Primadi berharap Connectoon bisa meng-kickstart venue-venue lain untuk mengakomodir para pelaku industri kreatif. "Tempat ini bisa menjadi inspirasi untuk teman-teman sesama (pelaku) industri kreatif, bahwa kedepannya harus lebih banyak  tempat seperti ini," harapnya.

"Yang kami harapkan, Connectoon bisa jadi hub bagi penikmat, kreator, dan industri budaya pop Indonesia; juga menjadi landmark budaya pop di kota Jakarta," sambung Faza.

So, kalau kamu lagi jalan-jalan di Blok M, jangan lupa mampir ke Connectoon di M Bloc Space kalau kamu pengen cari tahu komik Indonesia apa yang lagi ngetren saat ini!

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Gabung Dengan Rakyat Bumilangit!

Artikel terkait

Latest