TUTUP

Tutorial Bermain Combo, Card Game Seru dari Stormidea Games

Selain Vandaria Arkana, pada Popcon Asia 2013 lalu juga ada card game seru bernama Combo dari Stormidea Games (PT Stormidea Kreasindo). Dirancang oleh Henry Darmawan dan Bunton Sidik, Combo didesain dan dicetak di Indonesia. Penasaran dengan cara memainkannya? Yuk simak panduan permainannya di sini.

 Anda adalah seorang Elementalis, seseorang dengan kemampuan khusus untuk mengendalikan elemen sesuai kehendak. Tapi Anda bukan satu-satunya yang memiliki kekuatan ini. Sekarang adalah saatnya untuk menunjukkan kekuatan dan membuktikan bahwa Andalah Elementalis terkuat yang sejati.

card gameCombo

Combo adalah singkatan dari Consortium for Battle Magic Ordination. Yah, Combo dalam arti “kombinasi” juga dominan dalam card game ini dan akan kita lihat nanti. Sesuai kutipan di atas (disalin dari buku aturan arena Combo), card game ini menjadikan pemainnya seorang Elementalis. Bermodalkan lima Elemen Dasar (Air, Api, Angin, Tanah, dan Aether), pemain harus mengalahkan pemain-pemain lain demi menjadi Elementalis terkuat.

Book of Element

Perangkat permainan Combo bernama Book of Element. Apa saja yang ada di dalam “buku” ini? Memang ada buku di dalamnya, yaitu Arena Rule, tapi ada juga banyak item lain yang bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Satu Book of Element bisa dimainkan oleh 2 sampai 6 orang, baik secara individu maupun tim.  Combo dirancang untuk pemain berusia 12 tahun ke atas.

Poin EnergiPoin EnergiGhost State GhostGhost StateGiliranDeckPoin AksiPoin Aksi

Apabila Poin Aksi habis dan pemain memiliki lebih dari 5 kartu di tangannya, pemain harus membuang kelebihan kartu itu dan kehilangan 1 Poin Energi untuk setiap kartu yang dibuang. Ini disebut Overload Damage.

AksiDeckSpellIncantationIncantationSpell dan IncantationSpellIncantationSpellIncantationIncantationSpellElemen DasarApiAnginDeckAirTanahSpell Spell DiagramElemen GabunganKayuMatahariPetirBulanSpellSpell DiagramCounterSpellCounter Spell Counter Spell. Counter Spell. Ghost StateGhost StateSpellGhost State Ghost StateIncantation.Kondisi KemenanganGhost StateGhostTestimoniKarina Riesling Zhang, Le Château de PhantasmeGhostEsqi Aktiadi, Aruline StudioFebrianto Nur Anwari, Duniaku NetworkVeroze, alumnus Universitas Udayanacard battleRulesgameplayrevivelast man standingKeistimewaan ComboGhost Statebattle@comboarena