TUTUP

Spesial Ulang Tahun Doraemon: Alat-alat Canggih Ini Adalah Pertanda Doraemon akan Menjadi Nyata!

Doraemon lahir 3 September 2112. Artinya, di tahun 2014 ini semestinya masih 98 tahun lagi ya?

*PS : Dikarenakan survey yang cukup singkat, kemungkinan terjemahan alat-alat Doraemon dan latar belakang kisah tidak 100% akurat... hehehe  :-P

Global Positioning System gadget



smart phonegadgetteleconference


[page_break no="" title="Kamera Liburan"]


Kamera Liburan adalah kamera yang bisa menggabungkan gambar dari dua sumber, gambar pertama hanya mengambil objek sedangkan gambar kedua hanya mengambil gambar latar belakang, contohnya adalah gambar foto lokasi liburan di majalah. Alat ini lalu menggabungkan dua gambar itu seolah-olah objek sedang berada di lokasi dari gambar kedua. Nobita memakai alat ini untuk berpura-pura seolah-olah ia telah liburan ke berbagai mancanegara.

Di masa kini, teknologi menggabungkan gambar objek dengan latar belakang telah terwujud berkat teknologi layar hijau digital. Teknologi ini biasa dipakai saat siaran berita, hingga spesial efek film.


[page_break no="" title="TV Stereo Raksasa"]


TV ini memiliki ukuran sebesar dinding kamar Nobita. TV ini juga memiliki gambar 3D, dimana jika dilihat dari sudut yang lain akan tampak berbeda seperti melihat benda aslinya.

Teknologi TV 3D saat ini sedang berkembang. Tidak hanya pada televisi saja, hardware game seperti Nintendo 3DS juga menampilkan fitur gambar 3D.


[page_break no="" title="Robot Penyapu Otomatis"]


Suatu ketika, Nobita ingin merasakan hidup dengan teknologi otomatis ala masa depan. Doraemon pun mengubah rumahnya dengan serba otomatis dan berteknologi canggih. Namun Nobita dan orang tuanya merasa bahwa hidup serba otomatis tidak cocok untuk mereka. Salah satu robot canggih yang hadir adalah sebuah robot pembersih rumah yang lengkap dengan sapu, penyemprot, dan pel.

Teknologi robot penyapu otomatis ini telah terwujud pada iRobot Roomba. Robot dengan teknologi vakum ini dilengkai dengan sensor untuk mendeteksi besar dan bentuk ruangan sehingga seluruh sudut kamar akan tersapu bersih.


[page_break no="" title="Meriam Angin"]


Meriam Angin adalah alat dari Doraemon yang dapat menembakkan hantaman angin yang kuat dengan mengucapkan kata "Dorr!!". Biasanya Meriam Angin adalah senjata utama Doraemon dan teman-temannya saat berpetualang karena dapat menyerang lawan tanpa membunuhnya.

Pada sebuah acara talkshow Ellen Degeneres, Steve Spangler memeragakan sebuah Meriam Angin sederhana, yaitu dengan tempat sampah berlubang dan tutup plastik transparan. Dengan menepuk permukaan plastik transparan, akan ada tekanan angin yang cukup kuat untuk menjatuhkan gelas dari atas kepala penonton.

[youtube id="-VL0M0jmu7k"]


[page_break no="" title="Tangan Doraemon"]


Ya, tubuh Doraemon sendiri dipenuhi dengan teknologi canggih. Salah satu bagian tubuh yang berteknologi canggih adalah bagian tangan Doraemon. Tangan Doraemon menjadi unik karena dengan bentuknya yang bulat tanpa jari, ia tetap bisa menggenggam benda apapun. Secara penjelasan ilmiah, tangan Doraemon ini memiliki teknologi vakum untuk menghisap benda yang ingin ia "genggam".

Ternyata teknologi ini telah mungkin terwujud. Dengan teknik Universal Robot Gripper, tangan bulat seperti Doraemon pun bisa menggenggam bahkan melempar benda apapun. Hal ini mungkin terjadi karena tangan bulat ini memiliki isi berupa pasir partikel dalam kantong balon / karet. Dalam posisi normal, tangan ini akan berbentuk bulat. Namun jika diberikan alat penghisap, pasir ini akan terhisap dalam vakum dan akan mengikuti benda yang "digenggam", sehingga benda itu bisa menempel di tangan ini.

[youtube id="3OjhoVuAQkQ"]

Tangan Robot Universal ini dipercaya akan menggantikan tangan robot konvensional yang memiliki keterbatasan dalam menggenggam benda. Tentunya ini akan membantu kemajuan teknologi industri berteknologi robot. Atau setidaknya, sebagian tubuh Doraemon kini telah menjadi nyata!