TUTUP

Beginilah Efek Lagu Lawas Terhadap Jalan Cerita Guardians of the Galaxy

Hampir di semua adegan penting di Guardians of the Galaxy akan diiringi lagu-lagu tempo dulu. Salah satu kejeniusan Marvel Studio kembali dalam memadukan sains fiksi luar angkasa yang megah dengan lagu-lagu lawas penuh kenangan. Bagaimana lagu-lagu lawas ini mempengaruhi jalan cerita Guardians of the Galaxy?


[page_break no="" title="Sains Fiksi Luar Angkasa ala Marvel"]
Apa saja film sains fiksi luar angkasa yang pernah citizen tonton? Menurut penulis, pada umumnya para penggemar sains fiksi luar angkasa setidaknya akan menyukai salah satu dari cerita Star Wars, atau Star Trek. Citizen yang lebih senior bahkan mungkin menggemari judul-judul lawas seperti Flash Gordon, Silver Hawks, Babylon 5, dan lain sebagainya. Seluruhnya biasanya memiliki kesamaan dalam bertutur cerita : luar angkasa adalah tempat misterius yang begitu luas, dengan penuh semangat mengajak pemirsanya menjelajah tempat-tempat tak terjamah dengan berbagai teknologi melebihi canggih. Tidak jauh berbeda dengan film Marvel terkini yaitu Guardians of the Galaxy. Setelah 6 tahun lamanya sejak tahun 2008 (Iron Man, The Incredible Hulk) Marvel Studio memproduksi berbagai franchise film superhero Bumi yang berpadu pada sebuah titik temu yaitu The Avengers. Dan kali ini, mereka berani menyajikan judul lain dengan selera yang jauh berbeda dibandingkan dengan film superhero terdahulu. Marvel kini turut merilis film ber-genre sains fiksi luar angkasa dengan franchise Guardians of the Galaxy-nya. Oke, mungkin sebelum tulisan ini berlanjut, citizen ada yang menyanggah, bukankah Thor dalam film dianggap sebagai entitas luar angkasa juga? Ya, dalam satu sisi, Thor menyajikan elemen-elemen film sains fiksi luar angkasa, dimana terdapat penjelajahan dunia baru, bertemu bangsa planet lain, peperangan intergalaktikal, dan lain-lainnya. Tapi kita juga tahu bahwa Thor memiliki dasar cerita mitologi, dan untuk bisa menyatu dengan semesta sinematiknya, Marvel menjadikan dunia Thor (Asgard) sebagai "planet lain". Penulis sendiri menganggap Thor adalah "pengantar" pemirsa film Marvel dari dunia Bumi ke semesta luar angkasa. Semestinya respons dari film Thor turut menjadi landasan Marvel Studio untuk merilis film Guardians of the Galaxy. Tapi di sinilah gilanya Marvel. Mereka kembali membuat film yang tidak seperti biasanya pada Guardians of the Galaxy. Guardians of the Galaxy memang menyajikan khas film-film sains fiksi luar angkasa dengan elemen-elemen yang telah disebutkan di atas. Tapi ada sebuah pembeda besar dalam kesan "semangat dalam menjelajah luar angkasa". Dan poin terpenting dalam kesan semangat ini tentu tidak lain adalah dari musik pengiring dalam filmnya.
[page_break no="" title="Memento sang Tokoh Utama"]

Star WarsGalactic EmpireImperial MarchCantinaCantinaDuel of the FatesGuardians of the GalaxyscoreGuardians of the GalaxyGuardians of the GalaxyAwesome Mix Vol. 1- walkmanGuardians of the Galaxywalkmanwalkmanwalkman

Guardians of the Galaxy

Hooked On A FeelingGuardians of the GalaxygooglingGuardians of the GalaxyHooked On A Feeling Guardians of the GalaxyAwesome Mix Vol. 1.Hooked on a Feeling Go All the WaySpirit in the SkyMoonage DaydreamFooled Around and Fell in Love I’m Not in LoveI Want You Back Come and Get Your LoveCherry BombEscape (The Pina Colada Song)O-O-H ChildAin’t No Mountain High Enough I Want You Back Guardians of the GalaxyGuardians of the Galaxy.

Awesome Mix Vol. 1 Guardians of the Galaxy Awesome Mix Vol. 1 Guardians of the Galaxy SPOILER ALERTGuardians of the Galaxy !