TUTUP

Seri KulTwit 'One-Universe Vandaria'

Karena banyak permintaan, dan juga untuk menghindari kesan eksklusif Twitter, maka saya tampilkan KulTwit tentang visi dan misi Vandaria. Selamat membaca!

Teman-teman mungkin tahu kesibukan utama saya belakangan adalah seputar Vandaria. Bukan hanya Vandaria Wars dengan ekspansi Zodiark-nya yang akan dirilis, bukan juga sekedar pertandingan besar Vandaria Wars G.T. yang akan diselenggarakan Oktober dan Desember nanti, melainkan lebih ke arah pengembangan (dan sosialisasi) universe Vandaria. Baru-baru ini dua novel dengan setting Vandaria, yaitu Harta Vaeran dan Ratu Seribu Tahun, juga diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Saat ini sudah ada beberapa novel lain yang sedang dalam proses editing awal, dan dalam waktu dekat sebuah novel grafis berjudul Linimasa juga akan diterbitkan. Di luar buku dan penerbitan, Vandaria juga mulai menjajaki dunia game. Teman-teman dari Enthrean Guardian (pengembang Eternal Grace) saat ini juga tengah mengembangkan sebuah RPG berjudul Vandaria Grace. [/caption] [/caption] [/caption] Vandaria bagaikan bola salju yang makin terus membesar. Saya mengajak tokoh-tokoh hebat di industri kreatif untuk mengkristal dan besar bersama Vandaria. Tidak ada batasan! Mulai dari penulis, novelis, komikus, ilustrator, game dev, bahkan harapannya bisa juga sampai ke pembuat toys, animasi, atau film. Beberapa saat yang lalu, saya sempat mengadakan KulTwit (istilah modern dari serial tweet terhadap suatu topik tertentu) tentang visi dan misi Vandaria. Responnya sangat menyenangkan. Saya mendapat banyak mention dan banyak sekali yang me-retweet-nya. Terima kasih. Untuk menghindari kesan eksklusif, dan atas banyak permintaan mereka yang tidak memiliki akun Twitter, maka saya akan sampaikan ulang beberapa KulTwit saya seputar Vandaria. Untuk teman-teman yang aktif di Twitter dan tertarik untuk mempelajari tentang Vandaria, silahkan follow @vandariasaga. Atau bergabunglah dengan fanpage-nya di facebook.com/vandaria. Saya juga sangat terbuka dengan berbagai bentuk kerjasama. Untuk menghubungi saya, silahkan follow @ami_raditya. Selamat membaca... 28 September 2011 via @ami_raditya Sejarah #Vandaria diawali cerita Holy Knights (tahun 1999) yg dimuat bersambung dlm majalah ULTIMA. Ditulis oleh saya & digambar oleh Felix. Setelah Holy Knights tamat (tahun 2001), saya ingin membuat cerita baru. Bedanya, kali ini saya buat konsep dunia yg lbh kompleks. #Vandaria Konsep dunia ini diberi nama #Vandaria. Timeline-nya tersusun selama lebih dr dua ribu tahun. Hikayatnya bisa dibaca di vandaria.com/hikayat Waktu itu dunia #Vandaria ini bersifat open source. Artinya siapa pun boleh mengembangkan & menggunakan dunia tsb dalam karyanya (dgn ijin). Banyak karya bermunculan menggunakan setting #Vandaria. Ada banyak cerita, komik, game (java & flash), bahkan pernah dibuat game utk Nokia. Salah satu produknya adalah #Vandaria Wars. Trading card game yg sudah berjalan selama 5 tahun, punya komunitas, dan sdh cetak rekor MURI. Novel pertama #Vandaria dirilis tiga bulan lalu: Harta Vaeran, ditulis @PratamaWirya dan diterbitkan @Gramedia. Sebulan kemudian novel kedua #Vandaria menyusul. Berjudul Ratu Seribu Tahun, ditulis oleh @AuthorDani dan masih diterbitkan @Gramedia. Kedua novel #Vandaria itu beda penulis. Keduanya bersifat stand alone. Tidak bersambung. Pembaca bebas membaca yang mana duluan. Meski beda penulis, dan stand alone, novel #Vandaria diburu fanbase-nya. Mengapa demikian? Karena keduanya berada di dunia/universe yg sama. Bersatu dlm satu universe memiliki kekuatan yg luar biasa. Fanbase yg sdh mengikuti #Vandaria sgt loyal dan memburu produk Vandaria. Contoh: Kami sisipkan kartu #Vandaria Wars dlm Harta Vaeran & Ratu Seribu Tahun (sbg bonus). Guess what? Pemain kartunya berburu novel tsb. Ini wujud dari transferable fanbase. Maksudnya adalah fanbase #Vandaria dapat dialihkan ke multiple produk. Tanpa batasan! Fanbase #Vandaria yg transferable ini tdk terbatas pada format (game,novel,komik), penulis/pencipta, penerbit, dsb. Mereka ada dan loyal. Saya melihat begitu banyak pencipta dan karya yang sangat hebat. Kelemahannya adalah mereka terkotak-kotak. Berjuang sendirian. #Vandaria Kotak-kotak ini juga sekaligus mengkotak-kotak dan memecah-belah fanbase. Sayang sekali! Padahal potensi mereka sangat besar. #Vandaria Impian saya: Para pencipta hebat (novelis,komikus,gamedev,dsb) bersatu dlm universe yg sama. Bisa dibayangkan sebesar apa fansnya? #Vandaria Satu universe membuat konsumen merasa comfort. Mereka sudah familiar dengan rule dunianya, dengan ras2nya, dengan fantasinya. #Vandaria Pencipta bebas utk mencipta karya masing2, dgn penerbitnya masing2, namun bayangkan jk semua menggunakan setting/universe yg sama? #Vandaria Begitu byk benefit! Cross-promotion, cameo antar karya (game-novel-komik #Vandaria), campaign massal bisa dilakukan. Semua saling dukung! Ketika penulis A membuat novel #Vandaria, sebagian tokohnya dikomikkan komikus B, dan gamenya dibuat studio C! Semua terintegrasi! Saya mengajak semuanya mengkristal dan besar bersama #Vandaria. Knp Vandaria? Krn landasan fanbasenya sdh sangat solid. 10 tahun! #Vandaria juga didukung media publikasi yg cukup kuat. Ada majalah ZIGMA (Jawa Pos), @Gramedia, @DuniakuNet, dan akan terus bertambah. #Vandaria juga didukung beberapa komunitas besar. @GameQuarters dan @IDBermain dari @AgateStudio (salah satu gamedev terbesar Indonesia). Saya jg tengah menyusun novel grafis #Vandaria bersama bbrp komikus & ilustrator (salah satunya adl @azisanoor, pencipta Satu Atap) Selain itu, saat ini sebuah RPG klasik berjudul #Vandaria Graces juga tengah dikembangkan tim @eternalgracerpg. Gamenya keren banget! Dunia #Vandaria sangat luas, fleksibel, punya fanbase yg solid, jg dukungan media dan komunitas kuat. Saya mengundang Anda utk mengkristal. Kalau teman2 ingin diskusi langsung, saya akan menghadiri event @IDbermain di Sabuga Bandung, tanggal 22-23 Oktober. I'll see you there :) 30 September via @ami_raditya Pernahkah Anda bertanya, apa kesamaan antara Kingdom Hearts dan Dissidia: Final Fantasy yang membuat kedua IP itu begitu fenomenal? Selain karena dibuat oleh Square Enix dan berakar dari ide gila Tetsuya Nomura, keduanya menerapkan apa yang disebut dgn cross-promotion. Kingdom Hearts menggabungkan fanbase Final Fantasy dan Disney. Keduanya punya fanbase super besar. Cross promotion terjadi antara keduanya. Dissidia menggabungkan semua universe Final Fantasy. Artinya menggabungkan semua fanbasenya. Mulai dr yg klasik sampai paling modern!! Karena memanfaatkan fanbase yg sudah begitu kuat, tak mengherankan kalau penjualan Kingdom Hearts dan Dissidia meroket!! Cross-promotion juga sering dilakukan oleh Capcom. Lihat aja Namco X Capcom, Marvel vs Capcom, Capcom vs SNK, dan Street Fighter X Tekken. Resep utk melakukan hal itu adalah: Fanbase yg loyal dan transferable. Nah, bagaimana cara membangun fanbase seperti ini? Mike Morhaime, CEO Blizzard pernah mengatakan bahwa membangun universe yg solid adalah cara tercepat utk membangun fanbase loyal. Resep ini sudah teruji! Blizzard hanya punya 3 franchise: Diablo, Warcraft & Starcraft, tapi bisa menyelenggarakan BlizzCon tiap tahun. Saya membangun universe #Vandaria selama +10 tahun dan sekarang sudah punya fanbase yg solid dan tentunya... transferable!! Fanbase #Vandaria bisa ditransferkan ke berbagai produk: game, novel, komik, tcg, bahkan nantinya film, animasi, mainan, merchandise. Yg unik, #Vandaria dikembangkan oleh banyak pencipta hebat. Mereka membangun cerita, tokoh, benua/kota, semuanya dalam satu dunia/universe! Tiap pencipta dan cerita #Vandaria memiliki fanbase masing-masing. Spt Dissidia tadi, ketika semua fanbase itu digabungkan... maka BOOM!! Cita2 saya adl mempersatukan teman2 penulis, novelis, komikus, ilustrator, gamedev, animator, film, toys, dsb dlm satu universe: #Vandaria. Kita harus bersatu! Tdk perlu berdiri sendiri2 dan berjuang sendirian. Dgn mengkristal & besar bersama #Vandaria, kita akan KUAT. Sgt KUAT! Dalam satu universe #Vandaria yg luas dan solid ini, antar karya bisa saling cross-promotion, tentunya didukung fanbase yg transferable. Berminat ikut mengkristal bersama #Vandaria? Follow @vandariasaga dan join fanpage facebook.com/vandaria. Kita akan diskusikan lagi di sana!   2 Oktober via @ami_raditya Semua pasti kenal Harry Potter dong? Karya besar ini begitu fenomenal. Buku tujuh seri yang sangat melegenda. Fanbasenya RUARR BIASA. Fanbase Harry Potter siap membeli produk apapun-HP tiap bulan. Penerbit pun siap! Tapi J.K.Rowlings hanya sanggup menulis max 1 buku/th. Coba bayangkan kalau universe Harry Potter itu terbuka utk umum? Rowling tulis cerita besarnya dan banyak novelis yg menulis buku pendukung. Penulis A menulis ttg sekolah sihir di Asia, penulis B menulis sekolah sihir di Timur Tengah, dan C menulis di Amerika. Semua satu universe! Cameo tokoh antar karya (cross-promotion) bisa dilakukan! Dan produksi meningkat bisa setahun 6x buku ber-universe Harry Potter terbit! Siapa yg diuntungkan? Penerbit, penulis, juga konsumen! Semua untung! Universe juga makin luas dan kaya dgn banyak karya yg mendukung. Seperti itulah kira-kira konsep #Vandaria. Kita bangun dan perkaya universenya lewat banyak produk. Semuanya saling dukung. Cross-promotion! Kita perkokoh novel #Vandaria, namun jg rangkul bentuk karya lain. Novel grafis, komik, game, animasi, komik, tcg, dsb. Tanpa batasan! Saya mengajak semua elemen yg punya visi sama. Mengkristal bersama #Vandaria. Menjadi satu kekuatan yang sangat solid. How to join? Utk penulis fiksi-fantasi, yuk ikut Kontes Cerpen #Vandaria Saga, bersama @Gramedia. Deadlinenya November. Kirim ke submission@vandaria.com. Utk yg lain (komikus/illust/gamedev/animator/dsb), silahkan follow @vandariasaga dan gabung dgn facebook.com/vandaria. Kita diskusi di sana! 2 Oktober via @ami_raditya #Vandaria Insider Gath OKT2011. Membahas LINIMASA, Sang Penantang Takdir, Chronicles of Elir, dsb. yfrog.com/meu6vakj #Vandaria Gath siang tadi dihadiri byk tokoh penting. Selain para penulis novel, @AuthorDani, @PratamaWirya, dan @Rozmerga, juga ada ... ... para ilustrator/komikus: Ecky Oesjady dr ATAMA, Henry Trisula, dan Dimaz Gigavolt. Juga ada @Hawke_zigma & Nanang Black @gamequarters... ... tak ketinggalan dari pengamat industri komik lokal, ada @jackmace_ryo. Sayang perwakilan @DuniakuNet dan mjlh ZIGMA berhalangan hadir. Agenda gath hari ini mereview ulang #Vandaria selama lima tahun terakhir. Jg membahas bbrp proyek ke depan... ... antara lain adalah novel grafis #Linimasa, novel trilogi Chronicles of Elir (by @Rozmerga), dan Sang Penantang Takdir (by @AuthorDani). Gath tadi juga membahas bbrp event: 22-23 Okt @IDbermain di Sabuga Bandung dan 28-30 Okt #Vandaria GT (hadiah 5 juta) di TP II Surabaya. #Vandaria Insider Gath rencananya akan diselenggarakan tiap bulan. Kami akan update terus lewat @vandariasaga dan facebook.com/vandaria. 3 Oktober via @ami_raditya Konsep 'satu universe banyak penulis' bukan sesuatu yg super baru dan super orisinil. Bukan pula ditemukan oleh #Vandaria maupun saya :D Konsep ini banyak digunakan oleh seri fantasy yg heavy, macam novel2nya Warcraft, Magic the Gathering, atau yg paling ok... Dragonlance! Kalau Warcraft buat novel utk support gamenya dan MtG untuk support tcg-nya, Dragonlance betul2 berawal dr cerita novel. Dragonlance diciptakan oleh Tracy Hickman & Margaret Weis, dan dikembangkan oleh banyak penulis. Novelnya juga sudah cukup banyak. Sudah ada lebih dr 190 novel dgn setting Dragonlance. Yg paling dikenal adalah trilogi Chronicles dan Legends. Byk juga yg stand alone. Walau dikembangkan/ditulis banyak orang, dan tdk ada penulis yg sama dgn gaya penciptanya, namun krn satu universe, fanbasenya jd sgt besar! Tracy Hickman & Margaret Weis menyebut Dragonlance sebagai shared universe. Konsepnya sebelas-duabelas dgn #Vandaria. Selain Dragonlance, contoh shared universe lain adalah The Forgotten Realms, yg menjadi background seri Dungeon and Dragons. Di luar dunia heavy-fantasy itu, kita juga bisa lihat contoh shared universe lain yg sangat popular: Marvel Universe!! Pasti kenal dong dgn tokoh2 superhero Marvel spt Spider Man, X-Men, Fantastic Four, Capt. America, Thor, Hulk, Ironman, dsb... Superhero Marvel diciptakan oleh banyak org, namun mereka konsisten berada di satu universe. Alhasil fanbasenya menjadi sangat KUAT! Tengok saja filmnya. Ironman punya fanbase sendiri, demikian pula dgn Hulk, Thor, dan Capt. America (mereka punya film masing2). Tahun depan Ironman, Hulk, Thor, dan Capt. America akan bergabung dlm film The Avengers. Bayangkan berapa banyak fanbasenya!! Kalo ada yg bilang "but no one create superhero like Stan Lee". Well, it's true. Stan Lee menciptakan superhero2 utama utk universe Marvel. tapi superhero lain yg tdk diciptakan Stan Lee, namun berada di universe Marvel, jg punya fanbase. Menjadi kuat dan memperkuat Marvel! Seperti itu juga konsep #Vandaria. Tiap penulis novel punya style dan punya readership berbeda. Demikian jg dgn komikus atau pun ilustrator. Tapi jika semua mengkristal menjadi satu dlm universe #Vandaria, tentu kita semua akan menjadi kuat sekaligus memperkuat Vandaria.