TUTUP

#GeekFromThePast Mobile Armored Strike Kommand (M.A.S.K)

M.A.S.K. adalah film seri kartun di TV tahun 1980-an yang diproduksi perusahaan Perancis, DIC Enterprises, dibuat berdasarkan kerja sama dengan perusahaan mainan Amerika, Kenner, pemilik dari merek dagang /media franchise M.A.S.K. yang aslinya merupakan seri action figures.

M.A.S.K. adalah film seri kartun di TV tahun 1980-an yang diproduksi perusahaan Perancis, DIC Enterprises, dibuat berdasarkan kerja sama dengan perusahaan mainan Amerika, Kenner, pemilik dari merek dagang /media franchise M.A.S.K. yang aslinya merupakan seri action figures. Animasinya dibuat oleh beberapa studio Asia, yaitu KK C&D Asia, Studio Juno, Studio World, dan Ashi Production. Memiliki total episode sebanyak 75 yang disiarkan di beberapa jaringan stasiun televisi dari tahun 1985 hingga 1986. Dengan bertemakan kendaraan yang dapat berubah bentuk, M.A.S.K. adalah satu dari banyak kartun yang disiarkan di tahun 80-an, untuk merek dagang produk mainan anak-anak. Film ini bisa dilihat sebagai hasil penyilangan dari 2 kartun populer dari era itu, yaitu "G.I. Joe: A Real American Hero" dan "The Transformers".

  Seri ini menampilkan pasukan khusus independen bernama Mobile Armored Strike Kommand yang disingkat M.A.S.K., dipimpin oleh Matt Trakker melawan organisasi kriminal bernama Vicious Evil Network of Mayhem, disingkat V.E.N.O.M. dibawah pimpinan Miles Mayhem, dimana anggota dari masing-masing kelompok memiliki kendaraan canggih yang dapat berubah bentuk, selain juga memiliki topeng /helm khusus, untuk sebagian besar karakternya. Tidak pernah dibuat penjelasan mengenai organisasi kriminal apakah tepatnya V.E.N.O.M. itu. Yang terlihat adalah mereka nampaknya bukan tipe penjahat yang ingin menguasai dunia, rencana kejahatan mereka biasanya berkisar tentang mencari keuntungan dari kegiatan ilegal atau menjadi tentara bayaran.