TUTUP

Vimala Defense Warlords, Dari Tugas Akhir Kuliah Menjadi Game Berkelas Dunia!

Simak wawancara kami dengan sang developer, MassHive Media di dalam!

Beberapa hari ini industri game Indonesia dikejutkan dengan kemunculan satu studio game baru, MassHive Media. MassHive Media muncul ke permukaan dengan membawa sebuah game dengan kualitas grafis dan gameplay yang tinggi, Vimala Defense Warlords. MassHive sendiri memanfaatkan ajang showcase dalam Game Developer Gathering (GDG) 2014 lalu (baca: Puluhan Karya Keren dari Developer Indonesia Mejeng dalam Showcase GDG 2014!) untuk memamerkan Vimala yang saat itu masih dirilis untuk iTunes di beberapa negara tertentu saja, seperti Selandia Baru dan Australia. Nah, sekitar pertengahan minggu kemarin MassHive pun akhirnya merilis game ini secara global, termasuk bisa dicicipi gamer di Indonesia. [youtube_embed id="qBHH-NaXmfI"] Sebenarnya jika kamu selalu mengikuti perkembangan industri game Indonesia, nama Vimala sendiri bukanlah nama yang benar-benar baru. Sekitar bulan April lalu, MassHive pernah membawa Vimala untuk berkampanye di Kickstarter dengan target AUD 15.000 (baca: Vimala: Defense Warlords, Satu Lagi RPG dari Indonesia yang Berjuang di Kickstarter!). Sayangnya setelah beberapa hari berkampanye, MassHive pun memutuskan untuk mengakhirinya karena sebuah alasan. Nah, pasca perilisan Vimala di iTunes, Duniaku mendapatkan kesempatan untuk berbincang-bincang dengan Andika Pradana, CEO dari MassHive. Kepada Duniaku, Andika menceritakan banyak hal mengenai MassHive media, serta rencana ke depan dari Vimala ini. Simak hasil wawancara kami berikut ini! Booth Vimala di Showcase GDG 2014 lalu[/caption] Duniaku (D): Kapan sih MassHive Media terbentuk dan bagaimana kisah terbentuknya? Andika (A): MassHive dibentuk tepatnya pada tanggal 1 Oktober 2013 lalu. Jadi sudah genap satu tahun sejak pertama kali dibentuk. Tapi untuk developer game, kami tergolong masih sangat baru. D: Sekarang sudah berapa ya anggota timnya? A: Saat ini anggota tetap kami ada 4 orang dan sisanya freelance/outsourcing. D: Dari mana asal inspirasi dari Vimala? Baik dari segi story, grafis maupun gameplay-nya? A: Vimala awalnya merupakan Tugas Akhir saya, yang saya remake baik dari visual maupun gameplay yang kemudian ditujukan untuk mobile games yang sangat terinspirasi dari game Brigandine. Sebelumnya Vimala sendiri adalah game yang ditujukan untuk PC dan dibuat untuk proyek tugas akhir saya yang saat itu mengambil jurusan Multimedia di Institut Teknologi Bandung.

D: Berapa lama sih pengembangan game ini?A:D: Sebelumnya Vimala kan sempat kampanye di Kickstarter, namun sayang dibatalkan. Apa alasan MassHive membatalkannya? Dan apa yang dipelajari dalam kampanye tersebut?A:exposuremarketcrowdfundingPC based gamers. mobile gameVimalaD: Boleh dipromosikan, nilai jual utama dari Vimala sendiri apa?A: Vimala skirmish turn based tactic tower defenseheroskirmish mode dungeon modeD: Setelah menyelesaikan Vimala ini, apa sih rencana ke depan dari MassHive?A:Vimalaupdate-updateplayer versus playerVimalaD: Boleh dikasih bocoran dikit dong, proyek selanjutnya apa?A:developD: Apa sih tujuan atau impian terbesar dari MassHive?A:

D: Terima kasih banyak buat waktunya. Sukses terus untuk MassHive, Vimala dan juga proyek-proyek selanjutnya.A:Vimala Defense Warlords