TUTUP

[Geektopia] Cuteness Overload

Dalam Geektopia kali ini, saya akan membahas salah satu aspek teraneh subkultur otaku: anthropomoprhisasi moe dan apakah konsep tersebut punya manfaat.

Dalam bukunya “Understanding Comics”, Scott McCloud mengatakan bahwa manusia merupakan mahkluk yang egois. Kita melihat kita manusia dalam semuanya, memproyeksikan identitas dan emosi manusia di mana tidak ada hal demikian. Itulah kenapa kita bisa melihat gambar sesederhana satu lingkaran, dua titik, dan satu garis sebagai wajah manusia. Mekanisme ini mungkin berada karena membuat kita lebih mudah mengerti dunia. Kita menganggap binatang peliharaan mempunyai emosi seperti marah dan iri. Bahkan kita menciptakan cerita di mana para binatang mampu berkomunikasi satu sama lain. Menggunakan konsep ini, iklan dengan maskot lebih mudah masuk ke pikiran kita  dengan menciptakan hubungan proyeksi antara pengguna dengan produk tersebut, seperti manusia ban Michelin Man. Tidak ada tempat lain di dunia yang memanfaatkan ini lebih dari Jepang. Antara kombinasi pengaruh gaya kartun Tezuka dan obsesi terhadap hal-hal yang ‘manis’, menciptakan budaya di mana maskot merajalela. Sebutlah budaya ‘kawaii’. Konsep budaya ini bisa dibilang oleh subkultur otaku Jepang berubah menjadi sesuatu yang ‘ganas’, menjadi konsep yang disebut sebagai moe. Untuk menjelaskan moe merupakan sebuah hal yang sangat rumit, bahkan bagi penggemar moe sekalipun, namun pada umumnya moe mengambil wujud sebagai ketertarikan terhadap model gadis muda manis. Dengan menggabungkannya dengan konsep maskot, para otaku menemukan cara untuk membungkus berbagai hal termasuk konsep abstrak yang membosankan menjadi sesuatu yang menarik... sesuatu dengan wujud gadis muda yang manis.

 Ambillah Wikipe-tan, representasi Wikipedia yang menjadi maskot tidak resmi Wikipedia, atau OS-tan, yang bahkan Microsoft Japan mengeluarkan versi resmi dari OS-tan Windows 7 bernama Madobe Nanami.

twist090 Eko no IsshoAkikan!,Monster Musume no Iro NichijouHaiyore! Nyaruko-sanUchi no Maid wa FuteikeiMakai Shoujo R’lyeh LulumoeGokiburi Gijinka.mecha musumeStrike Witchesmoe. Pixel MaritanMarines slangMarinesNyotaika!! Sekai no Dokusaisha Retsuden. moe.

Afuganis-tan,moesoft power