TUTUP

Coda Indonesia Programkan Penelitian Ilmiah dan Pemulihan Cedera!

Bagian dari program #MainSehatBarengCoda

Program #MainSehatBarengCoda oleh Coda Indonesia usung penelitian ilmiah dan pemulihan cedera atlet esports, lho! Seperti apa programnya? Temukan di sini!

1. Program pemulihan cedera!

Denise Hartono, Country Manager Coda Indonesia mengatakan, “Dalam menjalankan
program edukasi ini, Coda Indonesia bekerja sama dengan sejumlah ahli kesehatan untuk
melakukan penelitian ilmiah dalam bidang esports guna mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang aspek cedera pada atlet esports di Indonesia."

"Selain penelitian ini, Coda Indonesia juga menyelenggarakan program pemulihan cedera pada atlet esport yang bekerja sama dengan Sport Medicine, Injury dan Recovery Center (SMIRC) di RS Pondok Indah Bintaro Jaya," ujar Denise.

2. Wujud komitmen Coda Indonesia!

Program #MainSehatBarengCoda merupakan wujud komitmen Coda Indonesia dalam
memajukan industri game dan esports di Indonesia khususnya untuk meningkatkan kesadaran para atlet dan masyarakat mengenai pentingnya aspek well-being dalam bermain game.

Penelitian ilmiah #MainSehatBarengCoda dilakukan oleh dr. Andi Kurniawan, SpKO (ahli
kesehatan olahraga) sebagai ketua peneliti yang didukung oleh dr. Erica Kholinne, SpOT(K) (ahli bedah ortopedi), dr. Kianti Raisa Darusman, SpM(K), MMed.Sci (ahli mata), dan dr. Zulfia Syarif, SpKJ (ahli kesehatan jiwa). Penelitian ilmiah ini dilaksanakan untuk merumuskan lanskap cedera yang dialami oleh para atlet esports, mengidentifikasi pola bermain serta berbagai risiko kesehatan yang timbul akibat pola tersebut, dan menemukan pemikiran baru untuk dapat dijadikan dasar dalam pembuatan program edukasi yang efektif.

Baca Juga: Rayakan Anniversary Ke-8, Codashop Adakan Campaign Main Sehat!

3. Kabar Diky Tuturu!

Program pemulihan yang sedang berjalan ini berupa perawatan intensif pasca cedera bagi
mantan atlet esports Diky ‘Tuturu’ serta pemain profesional Delvin ‘Lanaya’. Diky mengutarakan bahwa “Sejauh ini proses pemulihan berjalan dengan baik. Kini saya sudah bisa bermain game lebih lama, dimana sebelum mengikuti program ini saya hanya bisa bermain sebentar karena rasa nyeri yang timbul."

"Seiring dengan terus berkembangnya esport Indonesia dan bertambahnya jumlah atlet, tentunya saya sangat mengapresiasi program edukasi #MainSehatBarengCoda yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran para atlet esport dan masyarakat bahwa dalam bermain game, kita juga harus memperhatikan aspek kesehatan sehingga dapat menghasilkan performa yang maksimal dan berkelanjutan," ungkap Diky.

Apa pendapatmu tentang program  #MainSehatBarengCoda oleh Coda Indonesia? Sampaikan melalui kolom komentar!

Baca Juga: Review Film Tetris, Tegangnya Rebutan Hak Cipta Game Terbesar di Dunia